Semua yang Perlu Anda Tahu Tentang Lesung Bokong

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Pernahkah Anda memperhatikan iklan celana jeans wanita yang memfokuskan detail pada area punggung, dan pada bagian punggung bawah si model terdapat sepasang lekukan kecil tepat di atas bokongnya? Lekukan yang sama juga dapat ditemukan pada pria.

Lekukan ini disebut dengan lesung bokong atau lesung pantat, dan bukan merupakan cacat fisik atau indikasi kekurangan gizi.

Bagaimana lesung bokong terbentuk?

Lesung bokong adalah salah satu karakteristik fisik turunan. Kedua lesung ini diturunkan kepada Anda sebagai bagian dari DNA Anda sendiri, atau kode mutasi genetik — tidak menimbulkan risiko kesehatan khusus. Bila Anda memilikinya, tidak mengejutkan bahwa salah satu orangtua Anda, saudara, atau kerabat dekat lainnya juga akan memiliki sepasang lesung yang mirip dengan milik Anda sendiri.

Lesung bokong disebut demikian berkat lokasinya yang tepat di punggung bawah dekat bokong, di mana tulang belakang bertemu dengan tulang pinggul. Ada dua celah di setiap sisi tulang belakang yang memungkinkan untuk otot melekuk di wilayah itu. Dua persendian pinggul dan tulang belakang menyebabkan pembentukan lesung di punggung Anda.

Sepasang lesung ini memiliki beragam nama alias, seperti Dimples of Venus, Venusian dimples, lesung venus, sacral dimples, atau Pilonidal dimples. Lesung itu sendiri diciptakan oleh struktur tulang seseorang, yang juga berkaitan dengan definisi otot spesifiknya dan rasio lemak tubuh. Jika tidak ada banyak otot yang mendasarinya, lekukan dapat terjadi sehingga menghasilkan sepasang lesung. Hal yang sama juga mendasari proses pembentukan lesung di berbagai area tubuh lainnya, seperti di pipi, dagu, atau di bawah mata saat tersenyum (bukan kerut wajah!).

Lesung bokong dikaitkan dengan pengalaman orgasme yang lebih baik

Lesung pantat diduga dapat memudahkan wanita mencapai orgasme dengan lebih cepat dan lebih baik, karena sepasang lesung ini dapat memperlancar sirkulasi darah yang baik dan terletak di sekitar daerah panggul. Oleh karena itu, klimaks pun akan menjadi lebih mudah.

Akan tetapi, sejauh ini laporan keterkaitan antara lesung pantat dan peningkatan performa seseorang di tempat tidur masih merupakan bukti anekdotal dari berbagai kasus. Belum ada penelitian ilmiah yang dapat mendukung teori ini.

Bisakah kita membuat lesung bokong sendiri?

Sayangnya, jika Anda tidak memilikinya dalam gen Anda, tipis peluangnya untuk mendapatkan lesung pantat karena kedua lesung ini merupakan kode genetik yang termutasi.

Selain itu, lokasi penempatan lesung juga memainkan peran mengapa sebagian besar orang memiliki lesung pantat, sementara yang lainnya tidak. Lesung pantat berada di persimpangan tempat pertemuan dua tulang panggul bertemu, dan tidak ada otot di wilayah tersebut. Jadi, tak peduli seberapa keras Anda berolahraga dan melangsingkan tubuh, jika tidak ada riwayat lesung pantat dalam pohon keluarga Anda, lesung pantat tidak akan tampak di tubuh Anda.

Sebaliknya, jika Anda memiliki riwayat lesung pantat dalam keluarga namun Anda tidak memilikinya mungkin ini disebabkan oleh kelebihan lemak tubuh. Anda bisa menyiasatinya dengan olahraga rutin yang diikuti oleh upaya menurunkan berat badan.

Pada banyak kasus, penuaan dan turunnya berat badan dapat membuat kedalaman lesung tampak lebih menonjol. Dalam kasus tertentu, diet dan olahraga dapat membuat “beauty mark” ini tampak memudar. Membangun otot di bawah kulit akan memperkuat sistem pendukung di bawah lapisan teratas epidermis, memberikan hasil kulit yang halus merata; akan tetapi, jika struktur tulang Anda menghasilkan lesung  yang khas dan cukup menonjol, perubahan gaya hidup tidak akan membuat lesung pantat menghilang selamanya.

Satu fakta menarik: beberapa orang bisa mendapatkan sepasang lesung unik ini justru dengan menaikkan berat badan. Dugaan para ahli, kelompok individu ini mungkin tergolong memiliki kekurangan berat badan. Dilansir dari etopical, studi dari American Exercise Council menunjukkan bahwa tubuh membutuhkan rata-rata 22% lemak untuk pria, dan 32% lemak pada wanita. Angka ini adalah standar lemak tubuh rendah yang tepat yang Anda harus Anda capai jika ingin lesung pantat Anda tampak lebih terdefinisi. Catatan: Memiliki lemak tubuh rendah bukan berarti mengidap anoreksia atau kurang gizi.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Fungsi Testis, Anatomi, dan Risiko Penyakit yang Menyertainya

Fungsi testis sangat penting sebagai salah satu bagian organ reproduksi pria. Kenali anatomi testis normal dan risiko penyakit yang menyertai berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Kesehatan Pria, Kesehatan Penis 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

7 Olahraga untuk Membantu Menambah Tinggi Badan

Usia remaja belum terlambat untuk menambah tinggi badan lewat berbagai cara, terutama asupan nutrisi dan olahraga berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Olahraga Lainnya, Kebugaran 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Ini Alasan Orang yang Sering Menangis, Justru Mentalnya Sekuat Baja

Ketika lain kali Anda diledek cengeng karena sering menangis, katakan dengan lantang bahwa menangis adalah tanda orang yang sehat dan bermental baja

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Leher Hitam? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Jika memiliki kulit leher hitam, ketahui dulu apa penyebabnya. Setelah itu, cari tahu cara menghilangkan hitam di leher. SImak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Kulit 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

skincare anti-aging usia 50 tahun

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
minum kopi sebelum olahraga

3 Manfaat yang Bisa Didapat dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
tips waxing di rumah

Tips Melakukan Waxing di Rumah Dengan Bahan-bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
berat dan tinggi badan ideal anak 6-9 tahun

Berat dan Tinggi Badan Ideal Anak Usia 6-9 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit