home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Semua yang Perlu Anda Tahu Tentang Lesung Bokong

Semua yang Perlu Anda Tahu Tentang Lesung Bokong

 

 

Pernahkah Anda memperhatikan iklan celana jeans wanita yang memfokuskan detail pada area punggung, dan pada bagian punggung bawah si model terdapat sepasang lekukan kecil tepat di atas bokongnya? Lekukan yang sama juga dapat ditemukan pada pria.

Lekukan ini disebut dengan lesung bokong atau lesung pantat, dan bukan merupakan cacat fisik atau indikasi kekurangan gizi.

Bagaimana lesung bokong terbentuk?

Lesung bokong adalah salah satu karakteristik fisik turunan. Kedua lesung ini diturunkan kepada Anda sebagai bagian dari DNA Anda sendiri, atau kode mutasi genetik — tidak menimbulkan risiko kesehatan khusus. Bila Anda memilikinya, tidak mengejutkan bahwa salah satu orangtua Anda, saudara, atau kerabat dekat lainnya juga akan memiliki sepasang lesung yang mirip dengan milik Anda sendiri.

Lesung bokong disebut demikian berkat lokasinya yang tepat di punggung bawah dekat bokong, di mana tulang belakang bertemu dengan tulang pinggul. Ada dua celah di setiap sisi tulang belakang yang memungkinkan untuk otot melekuk di wilayah itu. Dua persendian pinggul dan tulang belakang menyebabkan pembentukan lesung di punggung Anda.

Sepasang lesung ini memiliki beragam nama alias, seperti Dimples of Venus, Venusian dimples, lesung venus, sacral dimples, atau Pilonidal dimples. Lesung itu sendiri diciptakan oleh struktur tulang seseorang, yang juga berkaitan dengan definisi otot spesifiknya dan rasio lemak tubuh. Jika tidak ada banyak otot yang mendasarinya, lekukan dapat terjadi sehingga menghasilkan sepasang lesung. Hal yang sama juga mendasari proses pembentukan lesung di berbagai area tubuh lainnya, seperti di pipi, dagu, atau di bawah mata saat tersenyum (bukan kerut wajah!).

Lesung bokong dikaitkan dengan pengalaman orgasme yang lebih baik

Lesung pantat diduga dapat memudahkan wanita mencapai orgasme dengan lebih cepat dan lebih baik, karena sepasang lesung ini dapat memperlancar sirkulasi darah yang baik dan terletak di sekitar daerah panggul. Oleh karena itu, klimaks pun akan menjadi lebih mudah.

Akan tetapi, sejauh ini laporan keterkaitan antara lesung pantat dan peningkatan performa seseorang di tempat tidur masih merupakan bukti anekdotal dari berbagai kasus. Belum ada penelitian ilmiah yang dapat mendukung teori ini.

Bisakah kita membuat lesung bokong sendiri?

Sayangnya, jika Anda tidak memilikinya dalam gen Anda, tipis peluangnya untuk mendapatkan lesung pantat karena kedua lesung ini merupakan kode genetik yang termutasi.

Selain itu, lokasi penempatan lesung juga memainkan peran mengapa sebagian besar orang memiliki lesung pantat, sementara yang lainnya tidak. Lesung pantat berada di persimpangan tempat pertemuan dua tulang panggul bertemu, dan tidak ada otot di wilayah tersebut. Jadi, tak peduli seberapa keras Anda berolahraga dan melangsingkan tubuh, jika tidak ada riwayat lesung pantat dalam pohon keluarga Anda, lesung pantat tidak akan tampak di tubuh Anda.

Sebaliknya, jika Anda memiliki riwayat lesung pantat dalam keluarga namun Anda tidak memilikinya mungkin ini disebabkan oleh kelebihan lemak tubuh. Anda bisa menyiasatinya dengan olahraga rutin yang diikuti oleh upaya menurunkan berat badan.

Pada banyak kasus, penuaan dan turunnya berat badan dapat membuat kedalaman lesung tampak lebih menonjol. Dalam kasus tertentu, diet dan olahraga dapat membuat “beauty mark” ini tampak memudar. Membangun otot di bawah kulit akan memperkuat sistem pendukung di bawah lapisan teratas epidermis, memberikan hasil kulit yang halus merata; akan tetapi, jika struktur tulang Anda menghasilkan lesung yang khas dan cukup menonjol, perubahan gaya hidup tidak akan membuat lesung pantat menghilang selamanya.

Satu fakta menarik: beberapa orang bisa mendapatkan sepasang lesung unik ini justru dengan menaikkan berat badan. Dugaan para ahli, kelompok individu ini mungkin tergolong memiliki kekurangan berat badan. Dilansir dari etopical, studi dari American Exercise Council menunjukkan bahwa tubuh membutuhkan rata-rata 22% lemak untuk pria, dan 32% lemak pada wanita. Angka ini adalah standar lemak tubuh rendah yang tepat yang Anda harus Anda capai jika ingin lesung pantat Anda tampak lebih terdefinisi. Catatan: Memiliki lemak tubuh rendah bukan berarti mengidap anoreksia atau kurang gizi.

BACA JUGA:

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Back Dimples Meaning, Causes & How to Deepen Them http://www.etopical.com/back-dimples-causes-genetic-meaning-how-get-girls/accessed September 1, 2016

If you’ve got back dimples you might want to read this… http://www.cosmopolitan.co.uk/body/news/a43851/back-dimples-venus-dimples-orgasm/accessed September 1, 2016

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ajeng Quamila Diperbarui 08/01/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
x