backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

6 Alasan Kucing Suka Makan Plastik dan Tips Mencegahnya

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 20/06/2024

6 Alasan Kucing Suka Makan Plastik dan Tips Mencegahnya

Pernahkah anabul Anda bermain atau mengunyah plastik? Meski terlihat lucu, perilaku kucing makan plastik dapat berdampak buruk terhadap kesehatannya. Yuk, ketahui berbagai alasan dan cara mencegah perilaku kucing ini dalam ulasan berikut!

Kenapa kucing suka makan plastik?

Kucing memiliki rasa penasaran dan ingin tahu yang besar. Sayangnya, perilaku kucing ini tidak jarang membuat mereka rentan mengalami masalah kesehatan.

Ketika bermain dengan Anda, kucing bisa dengan tidak sengaja mengunyah dan makan plastik yang seharusnya tidak boleh mereka konsumsi.

Benda asing apa pun yang masuk ke dalam tubuh tentu bisa menyebabkan masalah kesehatan pada kucing peliharaan Anda.

Lalu, kenapa kucing suka makan plastik? Berikut ini adalah beberapa alasan umum di baliknya.

1. Penasaran dan ingin tahu

perilaku kucing mencakar-cakar mainan

Kucing, khususnya yang masih kanak-kanak, senang menjelajahi dunia di sekitarnya dengan mulut. Hal inilah yang membuat mereka terkadang terlihat menggigit dan mengunyah plastik.

Kantong plastik juga bisa mengeluarkan suara “kresek-kresek” yang mirip suara mangsa dan memancing naluri berburu kucing untuk segera menerkamnya.

Tidak hanya itu, sebagian kucing bisa juga penasaran dengan aroma makanan yang tertinggal di kantong plastik sehingga tidak sengaja memakannya.

2. Stres dan kecemasan

Perilaku kucing yang suka menggigit atau mengunyah plastik mungkin menjadi cara mereka untuk menenangkan diri saat merasa stres atau cemas berlebihan.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti perubahan rutinitas, adanya orang atau hewan peliharaan baru, hingga kurangnya tempat persembunyian di rumah.

3. Kekurangan gizi

Apabila kucing peliharaan Anda tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup dari makanannya, mereka mungkin saja mencoba mengunyah benda-benda lain, termasuk plastik.

Kekurangan zat gizi esensial, termasuk protein, vitamin, dan mineral, dapat mendorong kucing untuk mencari sumber alternatif yang seharusnya tidak mereka makan.

4. Gangguan makan

kucing siam

Menurut International Cat Care, beberapa ras kucing, seperti Siamese atau Burmese, punya kecenderungan lebih tinggi untuk mengalami gangguan makan yang disebut pica.

Pica alias pica disorder adalah gangguan makan yang membuat kucing makan benda-benda yang tidak dapat dimakan, termasuk plastik, kertas, dan kayu.

Kondisi ini biasanya lebih terjadi pada anak kucing. Namun pada sebagian kucing, kondisi ini mungkin berlanjut hingga dewasa dan lebih sulit untuk dihentikan.

5. Gangguan obsesif kompulsif

Gangguan obsesif kompulsif atau obsessive-compulsive disorder (OCD) juga bisa terjadi pada kucing.

OCD pada kucing dapat menyebabkan anabul melakukan berbagai perilaku aneh dan berulang, seperti menggigit dan mengunyah plastik secara kompulsif.

Studi pada Canadian Veterinary Journal (2013) juga menyebutkan gejala lain OCD pada kucing, seperti merawat diri berlebihan (overgrooming) dan terlalu peka (hyperesthesia).

6. Penyakit kucing tertentu

Kucing peliharaan Anda bisa saja suka menggigit dan mengunyah plastik karena mengalami kondisi atau masalah kesehatan tertentu.

Kelenjar tiroid terlalu aktif (hipertiroidisme), diabetes, anemia, dan masalah gigi adalah beberapa contoh penyakit pada kucing yang dapat menyebabkan kucing makan plastik.

Bahaya kucing makan plastik

Plastik tidak bisa dicerna oleh sistem pencernaan kucing. Tergantung dari jenis dan ukurannya, menelan plastik bisa menyebabkan kucing tersedak, terkena sumbatan atau obstruksi usus, mengalami luka dalam, hingga keracunan. 

Tanda dan gejala kucing makan plastik

Mengetahui ciri-ciri kucing makan plastik, baik itu disengaja ataupun tidak, sangat penting untuk mencegah komplikasi kesehatan lebih lanjut.

Beberapa tanda dan gejala pada kucing yang perlu Anda waspadai antara lain:

  • kelesuan, 
  • diare,
  • kehilangan selera makan,
  • keluar air liur secara berlebihan,
  • muntah yang bisa disertai bercak darah,
  • sakit perut,
  • berat badan turun drastis, dan
  • perubahan perilaku, misalnya terlalu peka dan mudah marah saat disentuh.

Artikel terkait

Cara mencegah perilaku kucing makan plastik

Kenapa kucing tiba-tiba manja

Solusi paling jelas untuk mencegah kebiasaan buruk kucing ini yakni dengan menyembunyikan barang-barang berbahan plastik di tempat yang tidak terjangkau kucing.

Pastikan juga Anda membuat bungkus plastik sisa makanan ke dalam tempat sampah yang tertutup rapat sehingga anabul tidak bisa membuka dan mengais-ngais sampah di dalamnya.

Memberikan perhatian lebih pada anabul juga dianggap bisa mencegah kucing makan plastik. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  • Jadwalkan waktu untuk bermain. Luangkan setidaknya 15–20 menit sehari untuk sesi bermain dengan kucing secara aktif. Hal ini dapat mengurangi rasa bosan pada kucing dan memperkuat ikatan Anda dengan peliharaan.
  • Gunakan variasi mainan. Kucing mungkin bosan bermain dengan mainan yang sama. Maka dari itu, coba variasi mainan yang bisa digonta-ganti setiap beberapa hari atau minggu, misalnya bola, tali bulu, atau laser pointer.
  • Sediakan papan cakar. Kucing suka mencakar di papan cakar (scratching post) untuk menghilangkan stres. Hal ini diharapkan bisa membantu mengurangi kebiasaan kucing makan benda asing.
  • Salurkan insting berburu. Anda dapat menyembunyikan sebagian kecil makanan kucing di sekitar rumah. Dengan langkah ini, kucing dapat menyalurkan naluri berburu dengan cara yang sehat dan aman.

Perilaku kucing untuk menggigit, mengunyah, atau bahkan menelan plastik mungkin tidak bisa Anda hindari sepenuhnya.

Jika kucing Anda menunjukkan gejala yang tampaknya berkaitan dengan kebiasaannya makan plastik, lebih baik segera hubungi dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Tindakan cepat penting untuk mencegah komplikasi serius. Dokter hewan dapat mendiagnosis dan memberikan perawatan yang tepat supaya kucing peliharaan Anda tetap sehat.

Kesimpulan

  • Kucing bisa mengunyah plastik karena penasaran, stres atau cemas, kekurangan gizi, gangguan makan, gangguan obsesif kompulsif, hingga penyakit tertentu.
  • Plastik yang kucing makan dapat menyebabkan tersedak, sumbatan usus, luka dalam, atau keracunan, tergantung dari jenis dan ukurannya.
  • Simpan plastik di tempat aman, sediakan mainan, dan beri perhatian lebih pada kucing untuk mencegah perilaku berisiko ini.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 20/06/2024

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan