backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

8 Jenis Kucing dengan Hidung Pesek, Bukan Cuma Persia

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 29/02/2024

8 Jenis Kucing dengan Hidung Pesek, Bukan Cuma Persia

Ada berbagai jenis kucing peliharaan dengan ciri dan karakteristik masing-masing. Beberapa jenis kucing yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan, yaitu yang memiliki ciri hidung pesek. Apa saja ya jenis kucing yang punya ciri-ciri satu ini? Ketahui beberapa jenis kucing dengan hidung pesek di bawah ini.

Jenis dan ciri-ciri kucing hidung pesek

Kucing dengan hidung pesek biasanya merupakan kucing dengan ciri-ciri fisik khusus yang terkait dengan ras tertentu.

Beberapa ras kucing yang dikenal memiliki hidung pesek antara lain sebagai berikut.

1. Persia (Persian)

kucing persia

Dilansir dari Cats Away, salah satu ras kucing yang paling terkenal dengan hidung peseknya adalah kucing Persia.

Salah satu jenis kucing Persia dengan hidung pesek adalah kucing Peaknose.

Kucing Persia memiliki hidung yang pendek dan pesek dengan tampak samping yang hampir datar. Hidungnya cenderung tidak menonjol seperti pada beberapa ras kucing lainnya.

Selain pesek, ciri paling mencolok selanjutnya dari kucing Persia adalah wajahnya yang bulat. Wajah yang lebar dan bulat ini membuat penampilannya tampak manis dan imut.

Persia juga termasuk kucing berbulu panjang, tebal, dan lebat. Bulunya bisa menjadi sangat lebat, terutama di sekitar leher dan ekor.

Oleh karena itu, bulu kucing Persia memerlukan perawatan rutin untuk mencegahnya kusut dan menggumpal.

Kucing Persia dapat memiliki berbagai warna bulu dan pola, termasuk solid (seperti putih, hitam, merah), bicolor, tricolor, tabby, dan banyak lagi.

2. Exotic Shorthair

Kucing Exotic Shorthair memiliki penampilan yang mirip dengan kucing Persia.

Seperti Persia, Exotic Shorthair memiliki ciri wajah yang bulat dan manis. Hidung mereka cenderung pendek dan pesek, memberikan penampilan yang imut.

Hal yang membedakan Exotic Shorthair dan Persia adalah bulunya. Bulu Exotic Shorthair pendek, tapi sering kali lembut dan tebal serta memberikan penampilan yang halus dan bulat.

Meskipun termasuk jenis kucing berbulu pendek, Exotic Shorthair memiliki tubuh yang padat dan kekar. Kucing ini biasanya memiliki kaki yang pendek dan tubuh yang bulat, mirip dengan Persia.

Seperti Persia, Exotic Shorthair dapat memiliki berbagai warna bulu dan pola dengan kombinasi warna yang berbeda.

3. Scottish Fold

Kucing Scottish Fold dikenal karena telinganya yang melipat ke depan. Namun, beberapa kucing jenis ini juga memiliki hidung yang cenderung pesek.

Scottish Fold memiliki wajah yang bulat yang menambah kesan keimutannya.

Seperti banyak kucing dengan wajah bulat, Scottish Fold memiliki mata yang besar dan bulat. Mata mereka bisa berwarna hijau, emas, atau biru, tergantung pada warna bulu mereka.

Ada dua varian bulu Scottish Fold, yaitu bulu pendek dan bulu panjang.

Kucing Scottish Fold dapat memiliki bulu yang pendek dan halus atau bulu yang panjang dan lebat, tergantung pada faktor genetik.

4. British shorthair

british shorthair

Walaupun mayoritas British Shorthair memiliki hidung yang biasa, ada juga beberapa kucing jenis ini dengan hidung yang agak pesek.

Seperti namanya, kucing British Shorthair memiliki bulu yang pendek dan tebal. Bulunya lembut dan halus, memberikan penampilan yang rapi dan terawat.

Sementara itu, kerangka tubuhnya kuat dan berisi, sehingga memberikan kesan penampilan yang kokoh dan tegap.

Ciri paling khas lainnya adalah kepala mereka yang besar dan bulat. Wajah mereka juga bulat dengan pipi yang berisi, memberikan ekspresi yang manis dan imut.

Jenis kucing British Shorthair memiliki berbagai warna bulu dan pola, termasuk solid, tabby, bicolor, dan tricolor. Warna yang paling umum adalah biru (abu-abu).

5. Selkirk rex

Meskipun tidak semua Selkirk Rex memiliki hidung pesek, beberapa kucing dari ras ini memiliki hidung yang cenderung pendek.

Kucing Selkirk Rex memiliki kepala yang bulat dengan pipi yang berisi, memberikan penampilan yang manis dan imut.

Ciri paling mencolok dari Selkirk Rex adalah bulu mereka yang keriting. Bulunya terlihat bergelombang atau keriting seperti bulu domba.

Keritingnya bulu ini terjadi karena mutasi genetik yang memengaruhi struktur bulu.

Kucing jenis ini dapat ditemukan dalam berbagai warna bulu dan pola, termasuk solid, tabby, bicolor, dan tricolor. Warna yang paling umum adalah biru (abu-abu).

6. Burmilla

Burmilla adalah ras kucing dengan bulu yang indah dan hidung yang cenderung pesek. Kucing jenis ini memiliki wajah yang manis dengan mata yang besar.

Mata mereka sering berwarna hijau keemasan atau kuning keemasan, tetapi bisa juga berwarna hijau, biru, atau emas.

Bulu kucing Burmilia cenderung pendek hingga sedang, tetapi tetap cukup tebal. Bulu mereka juga umumnya halus, lembut, dan berkilau.

Ciri khas Burmilla adalah bulu mereka yang sering memiliki warna silver atau putih dengan ujung berwarna hitam atau cokelat.

Pola ini dikenal sebagai “shaded” atau “tipped“. Namun, ada juga Burmilla dengan warna bulu solid, seperti biru (abu-abu), cokelat, dan merah.

7. Munchkin

Munchkin cat

Kucing Munchkin dikenal karena termasuk jenis kucing kaki pendek yang tidak proporsional dengan tubuhnya yang kecil.

Kondisi ini disebabkan oleh mutasi genetik yang menghasilkan tulang tungkai yang lebih pendek dari biasanya.

Meskipun kaki mereka pendek, tubuh kucing Munchkin justru proporsional dengan ukuran tubuh yang normal.

Kucing jenis ini memiliki tubuh yang berotot dan seimbang dengan perut yang bulat dan kaki yang kuat. Kepalanya pun proporsional serta memiliki wajah yang lebar dan pipi yang berisi.

Mata kucing ini umumnya besar, bulat, dan cenderung cembung, dengan warna mata yang bervariasi, tergantung pada warna bulunya.

Namun, beberapa kucing Munchkin memiliki hidung yang cenderung pendek dan sedikit pesek.

8. Himalaya

Kucing Himalaya adalah persilangan antara kucing Persia dengan kucing Siam. Kucing jenis ini memiliki bulu yang panjang, tebal, dan lebat seperti kucing Persia.

Maka dari itu, bulu kucing ini sering kali memerlukan perawatan rutin untuk mencegah kusut dan gumpalan.

Dengan wajah yang bulat dan lebar, kucing Himalaya mirip dengan kucing Persia. Hidung kucing ini juga cenderung pesek dan datar.

Mata kucing ini biasanya besar, bulat, dan cenderung cembung, dengan warna mata sering kali biru atau biru keunguan yang mirip dengan kucing Siam.

Ini hanya beberapa contoh dari ras kucing dengan hidung pesek. Setiap ras memiliki karakteristik fisiknya sendiri, termasuk bentuk dan panjang hidung.

Jika Anda tertarik, Anda bisa pilih salah satu kucing di atas sebagai hewan peliharaan Anda. Anda bisa memilih yang Anda suka atau mungkin yang cenderung mudah perawatannya.

Kucing hidung pesek rentan alami gangguan pernapasan

Jenis kucing yang memiliki hidung pesek diketahui lebih rentan mengalami gangguan pernapasan. Bahkan, dilansir dari I Cat Care, hidung pesek pada kucing termasuk suatu kondisi medis yang disebut dengan istilah brachycephalic. Kondisi ini dapat menyebabkan kucing kesulitan bernapas, sama seperti saat manusia memencet hidungnya, sehingga lebih sulit bernapas.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 29/02/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan