backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Kucing Birman, Ras Kucing Unik yang Pernah Hampir Punah

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

Kucing Birman, Ras Kucing Unik yang Pernah Hampir Punah

Warna mata biru menyala dengan bulu wajah yang gelap membuat kucing Birman banyak mencuri perhatian. Bulunya yang panjang juga membuat anabul ini terlihat semakin menggemaskan.

Namun, sebelum memutuskan untuk memelihara Birman, pastikan Anda sudah mengetahui berbagai informasi berikut.

Apa itu kucing Birman?

Kucing Birman ditemukan pertama kali di Taiwan. Setelah itu, Birman dibawa ke Prancis pada tahun 1919. Di sinilah awal mula ras kucing ini berkembang di negara-negara barat.

Ras kucing Birman hampir punah dalam Perang Dunia II. Perang tersebut membuat Birman cat hanya tersisa sepasang.

Demi mempertahankan peranakan Birman, kucing ini banyak dikawin-silangkan, terutama dengan kucing Siam.

Namun, selang beberapa tahun, peranakan murni kucing Birman kembali dikembangbiakan. Jadi, Anda tetap bisa menemukannya sampai sekarang.

Ciri-ciri dan karakteristik kucing birman

Kucing birman putih

Jika dilihat sekilas, kucing Birman memang mirip kucing Siam dan kucing Burma. Namun, satu hal yang membedakan Birman dengan kedua ras tersebut adalah badannya yang diselimuti bulu tebal dan panjang.

Berikut adalah berbagai ciri khas serta karakteristik lainnya yang dimiliki kucing ini.

1. Warna bulu

Kucing Birman sering kali memiliki kombinasi bulu berwarna putih dan cokelat kehitaman. Bulu badan kucing ini biasanya didominasi oleh warna putih.

Warna yang lebih gelap akan terlihat pada bagian wajah, telinga, ekor, serta kakinya. Uniknya, jari-jari kucing ini diselimuti oleh bulu berwarna putih.

Keunikan bulu kaki ini merupakan perbedaan mencolok antara kucing Birman dan kucing Himalaya. Pasalnya, seluruh bagian telapak kaki kucing Himalaya diselimuti oleh bulu berwarna gelap.

2. Mata biru

Mengutip situs International Cat Care, salah satu ciri khas dari Birman cat adalah matanya yang berwarna biru terang.

Tampilan matanya yang cantik ini menjadi salah satu alasan mengapa Birman kerap dipilih sebagai peliharaan.

Warna mata kucing ini memang terlihat lebih mencolok karena warna bulu di sekitarnya cenderung lebih gelap dibandingkan bagian badannya.

3. Bulu panjang dan tebal

Birman sebenarnya termasuk dalam kategori kucing berbulu panjang. Akan tetapi, bulu pada bagian kaki Birman cat terlihat jauh lebih tipis.

Selain pada ekor, bagian tubuh mereka yang diselimuti bulu paling lebat adalah leher.

Untungnya, bulu mereka dikenal tidak mudah rontok dan kusut walaupun panjang. Meski begitu, pastikan Anda tetap menyisir dan membersihkannya secara teratur.

4. Kucing yang ramah

Kucing Birman dikenal mudah dekat dengan pemiliknya, bahkan anak-anak. Jadi, Anda bisa mempertimbangkan untuk memelihara kucing ini jika memiliki anak kecil di rumah.

Walaupun suka bermain di dalam rumah bersama pemiliknya, anabul ini terbilang tidak terlalu berisik. Cocok bagi Anda yang lebih menyukai kucing pendiam.

Akan tetapi, jika kucing Anda lebih sering mengeong dari biasanya, Anda bisa membawanya ke dokter hewan untuk memastikan penyebabnya.

5. Cerdas

Salah satu hal yang membuat Birman dikenal sebagai kucing pintar adalah bagaimana mereka selalu berusaha mengetahui apa yang dilakukan pemiliknya.

Jadi, jangan heran jika Anda melihat mereka mengekor ke mana pun Anda pergi.

Kendati lebih suka bermain di dalam rumah, mereka tidak akan menolak ketika Anda ajak pergi ke taman atau berjalan-jalan di sekitar rumah. Oleh karena itu, ajaklah mereka bermain di luar sesekali.

Cara merawat kucing Birman

Dibandingkan jenis kucing berbulu panjang lainnya, seperti Persia, perawatan Birman cat bisa dibilang lebih mudah.

Supaya kucing Anda tetap sehat, berikut adalah beberapa perawatan yang bisa Anda berikan.

1. Sediakan aktivitas fisik

Meski dipelihara di dalam rumah, kucing tetap membutuhkan aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tubuhnya. 

Untuk itu, Anda bisa coba memberinya mainan bola kecil atau permainan tali. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan memberinya papan cakar atau cat scratch.

2. Perawatan bulu

Gambar kucing birman

Pernahkah Anda melihat kucing yang menjilati tubuhnya sendiri? Kucing yang melakukan ini sebenarnya sedang berusaha membersihkan bulu-bulunya.

Meski termasuk hewan yang bisa merawat dirinya sendiri, anabul tetap membutuhkan perawatan dari pemiliknya. Maka dari itu, pastikan Anda menyisir bulu mereka minimal satu minggu sekali. 

3. Jaga kebersihan lingkungan

Sama seperti manusia, kesehatan kucing akan ikut terjaga ketika mereka tinggal di tempat yang bersih dan nyaman.

Maka, selain memberi mereka pakan terbaik, pastikan Anda juga menjaga kebersihan tempat makannya.

Ajarkan juga kucing Anda untuk membuang kotorannya di litter box. Dengan begitu, berbagai risiko penyebaran penyakit dari kotoran kucing bisa diminimalkan.

4. Bawa ke dokter secara rutin

Kucing dewasa harus pergi ke dokter setidaknya satu tahun sekali. Sementara itu, kucing yang sudah agak tua sebaiknya dibawa ke dokter setiap enam bulan sekali.

Pastikan Anda tidak menunggu kucing sampai sakit untuk membawanya ke dokter. Selain jadwal rutin tahunan, bawa anabul ke dokter jika mereka harus mendapatkan vaksin.

Itulah berbagai hal seputar kucing Birman. Dengan berbagai karakteristik yang dimilikinya, apakah Birman merupakan hewan peliharaan yang selama ini Anda cari?

Kesimpulan

  • Birman adalah kucing yang pertama kali ditemukan di Taiwan. Ciri khas kucing ini adalah matanya yang biru dengan bulu di jari-jari kakinya yang berwarna putih.
  • Birman dikenal sebagai peliharaan yang ramah, cerdas, dan memiliki bulu yang lebat, tetapi mudah dirawat.
  • Tips merawat Birman adalah memberinya aktivitas fisik, menjaga kebersihan lingkungan hidupnya, dan membawanya ke dokter secara rutin.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan