backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Kenapa Kucing Takut Air? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

Kenapa Kucing Takut Air? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Sudah menjadi rahasia umum, seperti dalam film, meme, hingga kehidupan nyata, kucing terlihat takut terhadap air. Sebagai orang yang memelihara kucing, pernahkah Anda bertanya kenapa kucing takut air? Ketahui penyebab dan cara mengatasinya di bawah ini.

Kenapa kucing takut air? 

Cara memandikan kucing

Pada dasarnya, sebagian kucing mungkin memiliki banyak ketakutan, seperti pada botol air, kucing takut timun, hingga air.

Melansir dari Feline Veterinary Emergency Assistance Program, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kucing takut air. 

1. Sejarah genetik kucing 

Salah satu kemungkinan penyebab kenapa kucing sangat takut air adalah karena riwayat genetiknya.

Kucing memiliki warisan genetik dari leluhur mereka yang hidup di lingkungan alam liar, di mana air sering kali dianggap sebagai ancaman. 

Tidak hanya itu, jenis kucing liar biasanya menghindari air untuk melindungi diri mereka sendiri dari predator dan untuk mempertahankan bulu mereka yang kering agar tubuh mereka tetap hangat. 

2. Bulu kucing yang berminyak dan unik 

Bulu kucing yang berminyak memiliki banyak manfaat, seperti melindungi dari cuaca ekstrem dan menjaga kulit tetap sehat.

Namun, keberadaan minyak alami pada bulu juga bisa menjadi salah satu penyebab kucing merasa tidak nyaman atau takut terhadap air.

Kucing sangat mengandalkan bulu mereka untuk menjaga tubuh tetap hangat dan kering. Air bisa merusak lapisan minyak alami pada bulu, yang dapat menyebabkan kucing merasa tidak nyaman, terutama dalam cuaca dingin.

Bulu yang basah karena air juga bisa menambah berat pada tubuh kucing. Ini tentu membuat mereka merasa kaku dan kurang lincah, sehingga bisa memengaruhi kemampuan kucing untuk bergerak dengan bebas. 

3. Kucing takut akan hal asing

Seperti kebanyakan makhluk hidup, kucing takut pada hal-hal asing. Bila kucing cemas terhadap air, itu bisa terjadi karena mereka belum mengenal air sejak kecil. 

Biasanya mereka hanya melihat air di mangkuk kecil untuk mereka minum. Jadi, saat mereka tiba-tiba melihat air banyak, seperti di bak mandi, kucing jadi ketakutan karena merasa terancam. 

4. Dibiasakan takut terhadap air 

Rasa takut terhadap kucing bisa juga muncul secara alami, tetapi ada kalanya juga dibiasakan oleh pemiliknya.

Misalnya, pemilik kucing mungkin menggunakan semprotan air untuk memberikan “hukuman” atau mendisiplinkan kucingnya bila melakukan hal yang tidak disukai pemilik.

Semakin sering mereka dihukum, maka kucing akan berpikir bahwa air adalah sesuatu hal yang berbahaya dan membuatnya menjadi takut.

5. Kucing tidak mengonsumsi banyak air 

Secara umum, kucing tidak membutuhkan jumlah air yang banyak.

Pasalnya, kucing adalah hewan yang berasal dari gurun yang membuat mereka memiliki kemampuan untuk mempertahankan kelembapan tubuh.

Tidak hanya itu, kebanyakan kucing memperoleh sebagian besar kelembapan dari makanan mereka, terutama dari makanan basah atau makanan kucing yang mengandung banyak air. 

6. Kucing ingin menghindari bulu terkontaminasi 

Tahukah Anda bahwa kucing memiliki hidung yang sensitif? Faktanya, kucing memiliki hidung yang lebih sensitif dibandingkan dengan hidung manusia.

Saat kucing mencium bau air, mereka mungkin akan mengira terdapat bahan kimia yang ada di dalam air atau hanya tidak menyukai aroma sabun yang masuk ke dalam bak mandi. 

7. Suara dan gerakan air

Suara dan gerakan air dapat menjadi faktor yang menyebabkan kucing ketakutan atau cemas terhadap air. 

Ini karena kucing adalah predator yang sangat waspada dan sensitif terhadap lingkungan mereka.

Suara gemericik air atau gerakan air yang tiba-tiba mungkin memicu respons insting alami mereka untuk menghindari potensi bahaya.

Apakah semua kucing takut air?

Tidak, tidak semua kucing takut air. Meski kebanyakan jenis kucing memiliki perilaku yang takut dengan air, tetapi ras kucing, seperti Sphynx, Siam, British Shorthair, dan Burma dikenal sebagai ras yang menyukai air. 

Bagaimana cara mengatasi kucing takut air?

Kenapa Kucing Tidak Mau Minum

Untuk membantu mengatasi kucing takut air, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pemilik kucing.

1. Ajari kucing secara perlahan 

Untuk membantu mengatasi ketakutan kucing terhadap air, mulailah dengan memperkenalkan kucing Anda secara perlahan-lahan dengan air.

Anda bisa menggunakan teknik permainan untuk menjadikan air sebagai pengalaman yang menyenangkan.

Misalnya menggunakan semprotan air sebagai mainan atau memberikan hadiah, seperti snack kucing, setelah kucing bersentuhan dengan air tanpa merasa terancam.

2. Hindari membasahi kucing sekaligus 

Bila Anda kebingungan bagaimana cara memandikan kucing yang takut air, maka sebaiknya hindari untuk membasahi tubuhnya secara langsung. 

Cobalah untuk membasahinya secara perlahan, misalnya dimulai dari kaki, ekor, lalu terakhir badannya. 

3. Memberikan pengalaman positif 

Untuk membantu kucing agar tidak takut lagi terhadap air, selalu pastikan bahwa setiap interaksi dengan air memberikan pengalaman positif bagi kucing Anda. 

Gunakan banyak pujian, permen, atau camilan kesukaan mereka setelah kucing berhasil melewati situasi yang melibatkan air.

4. Menggunakan alat khusus

Selain mengenalkan air secara perlahan, pemilik kucing juga bisa menggunakan spons atau kain lembut untuk membersihkan kucing daripada memandikannya langsung dengan air. 

Ini juga bisa menjadi langkah awal yang baik untuk membuat kucing terbiasa dengan sensasi basah air. 

Apalagi, saat ini pun sudah tersedia tisu basah khusus kucing yang dapat digunakan untuk membersihkan kucing sebagai alternatif dari memandikan kucing. 

5. Konsultasikan kepada dokter

Jika kucing Anda memiliki ketakutan yang parah atau mengalami kesulitan yang signifikan dalam menangani ketakutan mereka akan air, pertimbangkan untuk berkonsultasi kepada dokter hewan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan