backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

4

Tanya Dokter
Simpan

10 Merek Vitamin Kucing untuk Nafsu Makan dan Bulu Lebat

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 07/09/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

    10 Merek Vitamin Kucing untuk Nafsu Makan dan Bulu Lebat

    Ada beragam manfaat memelihara kucing yang sayang bila Anda lewatkan. Nah, salah satu cara untuk menjaga kesehatan anak-anak bulu kesayangan Anda adalah dengan memberikan mereka vitamin kucing yang bagus seperti berikut ini.

    Cara kami memilih suplemen vitamin untuk kucing

    suplemen kucing

    Meski Anda memberikan merek makanan yang berkualitas, kucing peliharaan Anda mungkin tetap berisiko kekurangan asupan gizi yang dibutuhkannya.

    Untuk memenuhi kebutuhan gizi harian tersebut, kami telah memilih beberapa produk suplemen kucing terbaik yang membantu menutrisi tubuh hewan peliharaan Anda.

    Dikutip dari Countryside Veterinary Clinic, berikut kandungan penting yang harus ada pada suplemen kucing.

    • Vitamin dan mineral (multivitamin): kombinasi vitamin dan mineral yang dibutuhkan kucing membantu mendukung proses metabolisme dan tumbuh-kembangnya.
    • Asam lemak esensial: asupan asam lemak omega-3, seperti DHA dan EPA, mampu mencegah peradangan sendi dan memperlambat proses penuaan.
    • Enzim pencernaan: pemberian suplemen ini dibutuhkan pada kucing yang memiliki saluran pencernaan yang sensitif. Suplemen ini juga mampu mencegah gangguan pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
    • Suplemen sendi: suplemen glucosamine dibutuhkan oleh kucing yang berusia lebih tua untuk mencegah dan mengobati gangguan sendi.

    Konsultasikan dengan dokter hewan sebelum memberikan suplemen vitamin pada kucing Anda. Terlalu banyak asupan gizi tertentu dapat menyebabkan keracunan (toksisitas).

    10 rekomendasi produk vitamin kucing yang bagus

    Setelah mengetahui manfaat dan resiko dari penggunaan suplemen vitamin kucing seperti di atas, berikut kami kumpulkan berbagai produk yang bisa Anda pertimbangkan.

    1. Virbac Nutri-Plus Gel

    Virbac sudah dikenal sebagai salah satu merek suplemen vitamin dan mineral kucing terbaik.

    Produk Nutri-Plus Gel untuk kucing punya beragam manfaat, seperti menambah nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mempercepat pemulihan pascasakit atau operasi.

    Sesuai namanya, produk multivitamin kucing ini tersedia dalam bentuk gel yang bisa diberikan langsung melalui mulut hewan peliharaan atau dicampur dengan makanan sehari-hari.

    Dosis gel yang dianjurkan adalah 5 ml (1 sendok teh) per 5 kg berat badan kucing Anda.

    2. Dermatrix Essentials

    Dermatrix Essentials adalah produk suplemen kucing yang mengandung asam lemak omega-3 untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan bulu peliharaan Anda.

    Suplemen ini juga membantu mengatasi masalah bulu, misalnya rontok, mudah patah, dan kusam.

    Selain berfungsi sebagai penumbuh bulu, vitamin ini juga membantu pemulihan setelah perawatan bekas jamur dan kutu.

    Anda dapat memberikan tablet Dermatrix Essentials secara langsung atau dicampur ke dalam makanan kucing. Dosis yang direkomendasikan yakni 1/2 tablet per hari.

    3. Bolin’s Secret Recipe Fish Collagen

    Bolin’s Secret Recipe Fish Collagen memiliki kandungan kolagen alami yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tulang, kulit, dan bulu kucing peliharaan.

    Multivitamin dan kolagen untuk kucing ini berbentuk bubuk tanpa rasa serta tidak berbau amis. Bubuk ini bisa dicampurkan baik ke dalam makanan maupun minuman kucing Anda.

    Dosis yang direkomendasikan adalah 1/4 sendok teh, sekali sehari. Anda bisa berikan suplemen ini dua kali sehari untuk kucing yang sedang dalam masa penyembuhan dari sakit atau operasi.

    4. Fluffy Magic Collagen

    Rekomendasi vitamin kucing yang bagus lainnya ialah Fluffy Magic Collagen. Produk ini punya kandungan kolagen ikan murni, asam amino, dan vitamin C.

    Fluffy Magic Collagen aman dikonsumsi tiap hari. Tak hanya sebagai vitamin penggemuk kucing, produk ini juga baik untuk kesehatan tulang, sendi, otot, kulit, dan bulu kucing.

    Tersedia dalam bentuk bubuk tanpa rasa dan bau amis, cukup campurkan 1/2 sendok teh suplemen ini ke dalam makanan atau minuman kucing peliharaan Anda setiap hari.

    5. GimCat Kitten Paste

    GimCat Kitten Paste dirancang untuk memenuhi kebutuhan gizi anak kucing usia 6 minggu atau lebih. Tersedia dalam bentuk pasta, vitamin ini mudah diberikan dan disukai anak kucing.

    Formula Balance Growth pada produk ini bisa mendukung proses tumbuh kembang kucing yang sehat.

    Selain itu, GimCat Kitten Paste bebas dari laktosa, pemanis, pengawet, pewarna, serta perasa buatan yang berisiko bila dikonsumsi oleh anak kucing.

    Untuk anak kucing berusia 6 minggu, dosis yang direkomendasikan adalah 1 cm pasta (sekitar 0,5 g) setiap hari yang diberikan langsung atau bersama makanan.

    6. GimCat Multi-Vitamin Paste

    Setelah kucing berusia remaja hingga dewasa, Anda bisa memberikan vitamin kucing GimCat Multi-Vitamin Paste untuk meningkatkan nafsu makan dan kekebalan tubuhnya.

    Multivitamin kucing ini mengandung 12 vitamin penting, minyak biji rami berkualitas tinggi, dan beta-glukan yang membantu melindungi kucing dari pengaruh buruk lingkungan.

    Dosis yang dianjurkan untuk GimCat Multi-Vitamin Paste adalah 6 cm pasta (sekitar 3 g) yang diberikan langsung atau bersama makanan.

    7. Brilliant Salmon Oil

    Brilliant Salmon Oil ini terbuat dari 100% minyak salmon alami yang tidak dimurnikan dan tidak mengandung bahan tambahan apa pun.

    Produk suplemen ini kaya akan asam lemak omega-3, seperti DHA, EPA, dan DPA yang dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit, bulu, sendi, dan sistem kekebalan tubuh kucing.

    Berkat kemurniannya tersebut, Brilliant Salmon Oil memiliki rasa dan aroma yang segar sehingga mampu meningkatkan nafsu makan hewan peliharaan.

    Cukup campurkan 2 ml (1/2 sendok teh) suplemen minyak ikan ini ke dalam makanan kucing.

    8. Gulapaws Cod Liver Oil

    Gulapaws Cod Liver Oil adalah suplemen minyak ikan cod dengan kandungan omega-3 yang bagus untuk kesehatan kucing Anda.

    Asupan asam lemak omega-3 ini membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem imun, memperbaiki kondisi kulit dan bulu, serta mencegah pengapuran sendi (osteoarthritis).

    Suplemen minyak ikan ini tersedia dalam bentuk kapsul lunak dan tidak berbau amis. Anda bisa memberikan langsung ke dalam mulut kucing atau mencampurkan dalam makanannya.

    9. Gulapaws Organic Eggshell Calcium

    Gulapaws Organic Eggshell Calcium dibutuhkan oleh kucing berusia tua, sedang hamil, atau menyusui yang memerlukan asupan kalsium lebih banyak dari biasanya.

    Suplemen bubuk kalsium organik ini terbuat dari 100% cangkang telur. Pemberian kalsium alami membantu mendukung kesehatan tulang dan fungsi sendi pada kucing peliharaan.

    Anda bisa mencampurkan 2 g (1/2 sendok teh) bubuk Gulapaws Organic Eggshell Calcium ke dalam makanan kering atau basah untuk mendapatkan manfaatnya.

    10. Fortan Cervico

    Fortan Cervico merupakan salah satu vitamin kucing yang bagus dengan kandungan biotin dan vitamin B kompleks di dalamnya.

    Kombinasi biotin dan vitamin B kompleks ini membantu mengatasi gatal-gatal hingga mencegah kerusakan pada kulit dan bulu kucing kesayangan Anda.

    Sebagai vitamin penumbuh bulu kucing, kandungan pada Fortan Cervico juga bisa merangsang pertumbuhan undercoat sehingga bulu kucing tampak lebih tebal dan lebat.

    Suplemen ini tersedia dalam bentuk bubuk yang perlu dicampurkan ke makanan kucing. Anda cukup berikan dengan dosis 1/2 sendok teh per hari.

    Itulah beberapa rekomendasi produk vitamin penggemuk kucing terbaik yang juga dapat menjaga daya tahan tubuh hingga merawat bulu kucing agar tampak lebat dan sehat.

    Perhatikan dosis dan aturan pakai suplemen kucing pada kemasan produk. Konsultasikan dengan dokter hewan untuk mengetahui vitamin dan mineral apa saja yang diperlukan oleh kucing Anda.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 07/09/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan