Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Manfaat Crystal Water untuk Kesehatan, Benar atau Hoaks?

Manfaat Crystal Water untuk Kesehatan, Benar atau Hoaks?

Untuk meningkatkan manfaat minum air putih, sebagian orang juga minum air yang direndam bersama batu kristal atau lebih populer dengan sebutan crystal infused water.

Lantas, adakah manfaat minum crystal water untuk kesehatan tubuh Anda? Yuk, cari tahu faktanya pada penjelasan berikut ini.

Apa itu crystal infused water?

crystal water untuk kesehatan
Sumber: Healthline

Crystal infused water atau lebih sering disebut crystal water saja adalah air minum yang telah direndam dengan batu kristal yang diklaim memberikan manfaat bagi kesehatan.

Batu kristal atau crystal healing ini dipercaya telah digunakan selama berabad-abad di berbagai peradaban untuk alasan kesehatan dan pengobatan.

Jenis kristal tertentu sering dikatakan memberikan manfaat berbeda. Sebagian contoh batu kristal dan manfaatnya seperti di bawah ini.

  • Clear quartz: meningkatkan kekebalan tubuh, memori, dan fokus.
  • Rose quartz: meningkatkan hubungan interpersonal (rasa cinta dan kepercayaan diri).
  • Amethyst: menyeimbangkan perubahan suasana hati dan mengurangi stres.
  • Obsidian: menjernihkan pikiran dan membantu pencarian jati diri.

Manfaat crystal water untuk kesehatan dipercaya karena batu kristal diyakini mampu mentransfer energinya langsung ke dalam air.

Hal ini dipercaya akan memengaruhi struktur, kadar oksigen, dan tingkat keasaman (pH) air.

Benarkah manfaat crystal water untuk kesehatan?

Secara umum, tidak ada manfaat yang terukur dari konsumsi crystal water untuk kesehatan.

Jerry Bailey, praktisi pengobatan dari Lakeside Holistic Health, seperti dilansir oleh Healthline, menjelaskan tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan manfaat crystal infused water.

Namun, Bailey mengatakan bahwa batu kristal mungkin memiliki beberapa manfaat psikologis.

Apabila memperhitungkan efek kepercayaan dan spiritual dari penggunaan baru kristal, hal ini bisa memberikan efek penyembuhan yang sama baiknya seperti meditasi bagi tubuh dan pikiran.

Jerry Bailey

Orang yang minum crystal infused water mungkin merasa pikirannya lebih tenang dan tubuhnya makin pulih, padahal hal ini mungkin tidak berefek secara ilmiah.

Dengan kata lain, manfaat crystal water untuk kesehatan ini mungkin berasal dari efek plasebo.

Dalam dunia medis, plasebo merujuk pada istilah “obat kosong” yang tidak mengandung bahan aktif untuk meningkatkan atau mengobati kondisi tertentu.

Namun, orang yang meminumnya merasakan adanya kemajuan, padahal obat plasebo ini tidak ada efeknya sama sekali.

Sebuah penelitian dalam New England Journal of Medicine (2020) menyebutkan efek plasebo terkait dengan pelepasan endorfin, dopamin, dan hormon lain dalam tubuh.

Hal inilah yang bisa memberikan efek psikologis, seperti meningkatkan suasana hati (mood). Efek plasebo juga mungkin membantu mengurangi rasa sakit.

Meski begitu, crystal water bukanlah pengganti pengobatan medis. Apabila Anda memiliki masalah kesehatan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Tips sehat minum air putih

Minum air putih selama puasa sebelum tes darah

Tidak ada bukti ilmiah tentang manfaat crystal water untuk kesehatan. Terlebih lagi, harga botolnya yang relatif cukup menguras kantong membuat Anda berpikir dua kali untuk membelinya.

Nah, bila membeli crystal water bertujuan mendorong lebih banyak minum air putih, sebenarnya ada sejumlah tips mudah yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini.

  • Taruh segelas air di dekat tempat tidur agar Anda tidak lupa minum air putih saat bangun tidur.
  • Simpan botol air minum berukuran 1–2 liter di dekat Anda, misalnya pada meja kerja sehingga Anda tidak perlu bolak-balik untuk minum air.
  • Atur alarm pengingat minum air atau pasang aplikasi khusus yang tersedia di ponsel.
  • Minum segelas air putih setiap makan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu mencerna makanan.
  • Konsumsi makanan pedas untuk memicu Anda lebih banyak minum air putih.
  • Tambahkan asupan buah-buahan kaya kandungan air seperti semangka, melon, dan stroberi ke dalam menu makanan harian.

Jika bosan dengan rasa air putih yang tawar, Anda bisa juga mencoba membuat infused water dengan irisan buah, sayuran, atau dedaunan yang segar.

Dengan begitu, Anda tentu dapat merasakan manfaat lebih dari minum air putih selain untuk melepas dahaga dan mencegah dehidrasi.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Walters, M. & Boyle, K. (2021). Do Crystal-Infused Water Bottles Really Work?. Healthline. Retrieved 25 February 2022, from https://www.healthline.com/health/mind-body/do-crystal-infused-water-bottles-really-work

Placebo effect. BetterHealth Channel. (2021). Retrieved 25 February 2022, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/placebo-effect

10 Tips to Drink More Water Every Day. WFMC Health. (2021). Retrieved 25 February 2022, from https://wfmchealth.org/family-health-care/10-tips-to-drink-more-water-every-day/

Colloca, L., & Barsky, A. (2020). Placebo and Nocebo Effects. New England Journal Of Medicine, 382(6), 554-561. https://doi.org/10.1056/nejmra1907805

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui Mar 24
Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa