Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

5 Tips Ampuh Tetap Fit di Musim Hujan

    5 Tips Ampuh Tetap Fit di Musim Hujan

    Di musim hujan seperti ini, Anda perlu melakukan cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Penyakit yang dipicu oleh virus, bakteri, ataupun kelelahan karena padatnya aktivitas memang tak kenal musim.

    Temperatur udara yang tidak menentu menjadi tantangan, terutama kita yang tinggal di daerah tropis, penyakit yang umum terjadi adalah demam berdarah (dengue fever), pilek, dan flu. Maka itu, kesehatan tubuh perlu dijaga dengan baik saat musim hujan.

    Musim hujan memperluas peluang perkembangan virus

    mencium bau hujan

    Menjaga kesehatan tubuh di musim hujan sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Namun seringkali karena segudang aktivitas, kita kerap abai terhadap masalah kesehatan.

    Salah satu penyakit yang bisa menyerang saat musim hujan dan banjir adalah demam berdarah dengue. Nyamuk Aedes aegypti ini bertelur pada tampungan air bersih.

    Penyebarannya secara mudah dari nyamuk Aedes aegypti, nyamuk betina yang telah terinfeksi virus dengue.

    Virus tersebut berkembang di dalam tubuh nyamuk selama 8-12 hari dan bisa menularkan virus tersebut lewat gigitan dari satu orang ke orang lainnya. Demam berdarah hanya dapat ditularkan lewat nyamuk.

    Tak hanya demam berdarah, musim hujan juga dapat menyebabkan penyebaran virus influenza dan rhinovirus penyebab pilek. Virus ini dapat secara mudah tersebar pada lingkungan tertutup. Misalnya, kita jadi lebih sering berada di rumah, sekolah, tempat kerja, saat musim hujan datang.

    Dengan demikian peluang penularan penyakit dari satu orang ke yang lainnya akan tersebar lebih mudah. Virus dapat dilakukan melalui kontak fisik dan masuk ke sistem pernapasan.

    Oleh karenanya, penting untuk menerapkan cara menjaga kesehatan dengan tepat di musim hujan.

    Cara tepat menjaga kesehatan di musim hujan

    Ketika sistem imunitas atau daya tahan tubuh berfungsi secara normal, ia akan mendeteksi substansi asing yang mengancam tubuh, seperti bakteri, virus, dan parasit. Daya tahan tubuh bekerja dengan menghancurkan “benda asing” yang menjadi ancaman.

    Maka itu, untuk menguatkan data tahan tubuh agar tetap fit di musim hujan, Anda perlu menerapkan cara untuk menjaga kesehatan sebagai berikut.

    1. Konsumsi guava atau jambu biji

    jambu biji penyebab usus buntu

    Makan jambu biji atau meminum jusnya merupakan cara menjaga kesehatan di musim hujan yang paling mudah. Jambu biji mengandung vitamin C.

    Kekurangan vitamin C dapat meningkatan potensi infeksi penyakit. Maka dari itu, rutin mengonsumsi jambu biji yang kaya akan vitamin C akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mencegah infeksi penyakit seperti flu, batuk, dan pilek.

    Jambu biji juga bersifat antimikroba, sehingga membantu tubuh membunuh virus dan bakteri yang menyebabkan infeksi. Oleh karena sifatnya yang membawa keuntungan bagi tubuh di musim hujan dan banjir, Anda bisa mengonsumsi jambu biji baik dalam bentuk buah atau jus secara teratur.

    2. Berolahraga

    kesalahan dalam yoga

    Tetaplah berolahraga dan beraktivitas fisik sebagai cara menjaga kesehatan di musim hujan. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mendukung daya tahan tubuh bekerja sebagaimana mestinya.

    Sebuah studi mengungkapkan, olahraga 20 menit dapat menstimulasi daya tahan tubuh dalam memproduksi respon anti peradangan. Ada beragam olahraga yang menunjang kesehatan tubuh, seperti yoga, pilates, bersepeda, dan lainnya.

    3. Vaksin influenza

    efek samping vaksin influenza

    Padatnya pekerjaan dalam keseharian menuntut Anda agar tetap sehat selalu. Maka dari itu, cobalah menjaga kesehatan tubuh di musim hujan dengan vaksin influenza. Apalagi hujan yang datang tak menentu, membuat penularan flu sangat mudah menyerang, melalui tangan, tubuh, hingga masuk ke dalam sistem pernapasan.

    4. Mencuci tangan

    terlalu sering mencuci tangan

    Karena penularan virus yang mudah melalui kontak fisik, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan tangan. Cuci tangan hingga bersih untuk mencegah penyebaran kuman penyakit. Anda bisa menggunakan hand sanitizer ke mana pun Anda pergi untuk meminimalkan risiko penularan penyakit. Lakukan langkah sederhana ini sebagai cara menjaga kesehatan Anda di musim hujan.

    5. Konsumsi makanan bernutrisi

    makanan untuk pasien penyakit ginjal

    Makanan yang kaya akan mikronutrien dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Cara ini mampu menjaga kesehatan tubuh Anda di musim hujan dan banjir.

    Jika tubuh kekurangan mikronutrien seperti zinc, selenium, zat besi, asam folat, serta vitamin A, B6, C, dan E, bisa memengaruhi penurunan daya tahan tubuh dan memudahkan penyakit menginfeksi tubuh. Sertakan beragam jenis sayur dan buah pada makanan Anda, sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik.


    Ingin mendapatkan berat badan ideal?

    Yuk konsultasikan masalahmu dengan ahli gizi atau berbagi tips bersama di Komunitas Berat Badan Ideal!


    health-tool-icon

    Kalkulator BMI (IMT)

    Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Dengue Control. https://www.who.int/denguecontrol/faq/en/index8.html. Diakses 20 Januari 2020.

    Can Cold Weather Make You Sick? https://www.verywellhealth.com/does-cold-weather-cause-the-cold-or-flu-770379. Diakses 20 Januari 2020.

    Tips for a healthy immune system. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320721.php#1. Diakses 20 Januari 2020.

    8 Health Benefits of Guava Fruit and Leaves. https://www.healthline.com/nutrition/8-benefits-of-guavas#section7. Diakses 20 Januari 2020.

    Tips for Preventing Colds and the Flu. https://www.verywellhealth.com/cold-flu-prevention-4014151. Diakses 20 Januari 2020.

    How to boost your immune system. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-boost-your-immune-system. Diakses 20 Januari 2020.

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Maria Amanda Diperbarui Jan 28, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
    Next article: