backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Jangan Asal, Ini 5 Cara Membersihkan Telinga Kucing yang Benar

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 07/12/2023

    Jangan Asal, Ini 5 Cara Membersihkan Telinga Kucing yang Benar

    Mengetahui cara membersihkan telinga kucing adalah hal penting yang perlu diketahui para pemilik hewan peliharaan satu ini. Pasalnya, hal ini merupakan bagian dari cara merawat kucing agar tetap sehat. 

    Apalagi, telinga atau kuping kucing cenderung rentan terhadap penumpukan kotoran atau bahkan infeksi. Lantas bagaimana cara membersihkan telinga atau kuping kucing yang benar? Simak ulasan di bawah ini. 

    Seperti apa kotoran telinga kucing yang normal?

    Sampo untuk kucing

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, telinga kucing rentan mengalami penumpukan kotoran.

    Biasanya, kotoran telinga kucing terdiri dari campuran sel-sel kulit mati dan minyak yang diproduksi oleh tubuh untuk melindungi saluran telinga. 

    Warna dan teksturnya pun bervariasi pada setiap jenis kucing. Namun, terdapat beberapa karakteristik umum yang dapat menjadi tanda bahwa kotoran tersebut normal. 

    Berikut ciri-ciri umum dari kotoran telinga kucing yang normal.

    • Warna. Warna kotoran telinga kucing normal umumnya, yaitu kecokelatan.
    • Tekstur. Biasanya kotoran telinga kucing memiliki tekstur lembut dan lembap guna menjaga kelembapan dan melindungi telinga dari debu dan partikel kecil lainnya. 
    • Bau. Kotoran telinga kucing yang normal seharusnya tidak memiliki bau yang menyengat atau tidak sedap. Adanya bau menyengat ini mungkin merupakan tanda adanya masalah, seperti infeksi telinga. 

    Oleh karena itu, bila Anda melihat adanya perubahan atau tanda-tanda ketidaknyamanan pada kucing, seperti sering menggaruk-garuk telinga, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter hewan. 

    Pasalnya, bisa saja ini menjadi tanda bahwa ia sedang mengalami penyakit kucing tertentu yang mungkin memerlukan penanganan dari dokter. 

    Tahukah Anda?

    Kotoran pada telinga kucing ternyata memiliki beberapa fungsi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya. 
    • Mencegah benda asing, seperti kotoran, debu, dan alergen masuk ke saluran telinga. 
    • Menjaga kelembapan telinga 
    • Melindungi telinga dari bakteri dan serangga. 

    Cara membersihkan telinga kucing yang benar

    Tungau Telinga Kucing,

    Agar kebersihan telinga kucing tetap terjaga, ada beberapa tips atau cara membersihkan kuping kucing yang perlu Anda lakukan.

    Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan saat membersihkan telinga kucing, merangkum dari The People’s Dispensary for Sick Animals dan beberapa situs lainnya. 

    1. Persiapkan peralatan 

    Sebelum membersihkan telinga kucing, ada baiknya untuk menyiapkan peralatan, seperti bola kapas atau kain bersih dan cairan pembersih telinga yang dirancang khusus untuk kucing. 

    Sebaiknya hindari penggunaan air biasa atau cairan pembersih lain. Hal ini karena mungkin saja cairan tersebut dapat menyebabkan telinga kucing mengalami iritasi. 

    2. Pilih waktu yang tepat 

    Selain mempersiapkan peralatan, memilih waktu yang tepat merupakan bagian dari cara membersihkan telinga kucing yang tepat.

    Sebaiknya, Anda membersihkan kuping kucing saat ia sedang tenang dan santai. Hindari membersihkan kuping kucing saat ia sedang aktif bermain atau sedang makan

    Bila kucing sedang tenang, cari posisi yang nyaman untuk membersihkan telinganya. Anda dapat menggunakan handuk atau selimut sebagai alat bantu agar kucing merasa nyaman. 

    3. Periksa telinga kucing 

    Sebelum membersihkannya, sebaiknya periksa telinga kucing untuk memastikan tidak ada tanda-tanda infeksi atau iritasi.

    Tanda-tanda ini, seperti bau yang tidak sedap, kemerahan, hingga penumpukan kotoran yang berlebihan. Selain itu, pastikan tidak adanya tungau telinga pada kucing

    Bila hewan peliharaan Anda menunjukkan tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

    4. Teteskan pembersih telinga 

    Setelah dipastikan bahwa kotoran tersebut normal, berikan beberapa tetes cairan pembersih telinga.

    Setelah itu, pijat perlahan pada bagian luar telinga, terutama bagian pangkalnya. Hal ini bertujuan agar cairan tersebut tersebar dengan tepat. 

    Bila setelah ini kucing mengibaskan kepalanya, biarkan saja. Ini dapat membantu cairan pembersih telinga masuk ke dalam bagian telinga. 

    5. Bersihkan bagian luar telinga 

    Cara atau langkah yang harus dilakukan selanjutnya, yaitu membersihkan bagian luar telinga kucing.

    Anda bisa menggunakan kapas atau kain lembut saat membersihkannya. Namun sebaiknya hindari menggunakan cotton bud karena dapat mendorong kotoran lebih masuk ke dalam. 

    Setelah telinganya dibersihkan, Anda mungkin dapat memberikannya hadiah, seperti snack atau camilan kucing kesukaannya sebagai penghargaan.

    Ini dapat membantunya untuk lebih cepat menerima dan terbiasa dengan proses membersihkan telinga. 

    Yang perlu diingat saat mempraktekkan cara membersihkan kuping kucing adalah memastikan bahwa kucing dalam keadaan yang tenang dan rileks. Dengan begitu, Anda pun dapat lebih mudah untuk membersihkannya. 

    Untuk membersihkannya pun tidak perlu dilakukan setiap hari, kecuali sudah disarankan oleh dokter hewan. Terlalu sering membersihkan telinga kucing dapat menyebabkan iritasi. 

    Dengan perhatian dan perawatan yang baik, kebersihan dan kesehatan tubuh kucing, termasuk telinganya, dapat terjaga dengan baik.

    Hal ini tentunya juga dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan mereka. 

    Oleh karena itu, bila Anda melihat ada tanda-tanda kucing sakit, termasuk pada area telinganya, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter hewan. 

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    drh. Hevin Vinandra Louqen

    Kesehatan · None


    Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 07/12/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan