Mandi Air Dingin Habis Begadang Ternyata Berbahaya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Pada saat-saat tertentu, begadang memang tak terhindarkan lagi. Misalnya ketika Anda sedang dikejar tenggat waktu yang sangat mepet, atau kalau Anda harus mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian atau presentasi penting di pagi hari. Keesokan harinya, tentu Anda merasa sangat mengantuk dan lelah karena tidak tidur semalaman. Biasanya supaya cepat segar, orang-orang memilih untuk mandi air dingin. Namun, banyak juga yang bilang bahwa mandi air dingin habis begadang bisa mengundang masalah kesehatan yang serius, bahkan sampai menyebabkan kematian. Untuk mencari kebenaran di balik mitos tersebut, simak informasi berikut ini.  

Yang terjadi pada tubuh saat Anda begadang

Tubuh Anda bekerja mengikuti jam biologis. Jam ini mengatur setiap fungsi tubuh secara otomatis, sesuai dengan kebiasaan Anda sehari-hari. Jika biasanya Anda tidur pukul 10 malam hingga 6 pagi, badan pun akan bekerja sedemikian rupa agar Anda bisa tidur nyenyak. Terganggunya jam biologis Anda bisa menyebabkan gangguan pada sistem-sistem tubuh tertentu.

BACA JUGA: Terlalu Lama Tidur Siang Memicu Penyakit Jantung

Selama Anda tidur di malam hari, seharusnya suhu tubuh manusia menurun hingga mencapai 36 atau 35 derajat Celsius. Sementara pada pagi hingga sore hari tubuh akan terasa lebih panas, yaitu sekitar 37 derajat Celsius. Akan tetapi, kalau Anda tetap beraktivitas dan bekerja selama semalam suntuk, suhu tubuh tidak akan menurun. Suhu tubuh justru akan meningkat jika dipaksa untuk bekerja dan berkegiatan. Akibatnya, jam biologis Anda jadi kacau.

Ketika Anda selesai beraktivitas di pagi hari, badan Anda benar-benar membutuhkan istirahat. Maka, tubuh pun memproduksi hormon melatonin yang akan membuat Anda merasa lelah dan mengantuk. Hormon yang seharusnya bekerja di malam hari ini juga akan mengakibatkan turunnya suhu tubuh. Biasanya, di saat inilah orang-orang memutuskan untuk mandi air dingin agar pikiran yang tadinya panas jadi segar kembali dan tidak mengantuk.

Risiko mandi air dingin habis begadang

Jika Anda mandi air dingin habis begadang semalaman, ada beberapa risiko yang mungkin timbul. Dilansir dari kanal kesehatan BBC, dr. Chris Bleakley mengingatkan bahwa mandi air dingin bisa membuat tubuh shock. Apalagi jika suhu tubuh Anda cukup panas karena tidak tidur dan berkegiatan semalam suntuk. Perubahan suhu yang ekstrem dan mendadak ini sangat berisiko bagi orang yang punya masalah jantung atau penyakit Raynaurd (penyakit yang mengganggu sirkulasi darah).

Meskipun suhu tubuh sudah menurun jadi cukup dingin sebelum Anda mandi, tetap ada risiko yang perlu dipertimbangkan. Pasalnya, suhu yang terlalu dingin bisa menyebabkan arteri dan pembuluh darah menyempit. Akibatnya, pasokan darah dan oksigen menuju jantung pun berkurang. Jika ini terjadi, tekanan darah dan detak jantung akan naik secara tiba-tiba. Kondisi ini membuat Anda rentan mengalami nyeri dada, serangan jantung, atau stroke.  

BACA JUGA: Tangan Dingin Terus? Hati-hati, Mungkin Ini Penyebabnya

Tips agar tetap segar setelah begadang

Meski mandi air dingin habis begadang bisa menimbulkan berbagai risiko, bukan berarti Anda tidak boleh mandi sama sekali setelah berkegiatan semalam suntuk. Habis begadang, inilah yang bisa Anda lakukan di pagi hari supaya tetap segar dengan cara yang aman. 

1. Berjemur di bawah sinar matahari

Setelah begadang, jam biologis Anda jadi berantakan. Otak akan memerintahkan tubuh untuk beristirahat karena mengira inilah saatnya Anda tidur malam. Namun, selain mengikuti perintah dari organ-organ tubuh Anda, jam biologis juga akan menyesuaikan diri dengan cahaya di sekitar Anda. Kalau matahari sudah terbit dan cahayanya Anda rasakan, jam biologis Anda pun akan disetel kembali seperti semula atau di-reset. Di samping itu, berjemur di bawah sinar matahari juga bisa mengembalikan suhu tubuh yang normal.  

2. Mandi dengan air hangat dulu

Jika Anda memang harus segera mandi, hindari langsung menyiram atau membasahi diri dengan air dingin. Sebaiknya mulailah dengan air hangat atau air suam-suam kuku. Biarkan tubuh Anda menyesuaikan diri dengan suhu air dan suhu di kamar mandi yang biasanya lebih dingin. Setelah itu, baru Anda bisa mengakhirinya dengan membilas tubuh dengan air dingin agar lebih segar.

BACA JUGA: 10 Manfaat Mengejutkan yang Didapat dari Mandi Pagi

3. Mengonsumsi kafein

Minum kopi atau teh yang kadar kafeinnya tinggi bisa membantu Anda tetap terjaga. Setelah begadang, Anda membutuhkan kira-kira 100-200 miligram kafein. Takaran ini setara dengan kira-kira satu cangkir kopi hitam atau dua cangkir teh hitam. Namun, jika sehari-hari Anda sudah biasa minum kafein, Anda mungkin membutuhkan takaran yang lebih tinggi. Anda bisa minum secangkir kopi lagi di siang atau sore hari.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Masalah bau badan tak sedap bikin kurang pede? Tenang, dua bahan alami ini bisa membantu mengurangi bau badan ketika deodoran saja tidak mempan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Olahraga malam hari bisa membantu Anda tidur nyenyak dan menghindarkan diri dari sengatan sinar matahari. Berikut 4 olahraga untuk dilakukan di malam hari.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Olahraga Lainnya, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ngantuk atau lemas habis makan adalah hal yang biasa. Lalu, bagaimana kalau Anda justru sakit kepala setelah makan? Cari tahu penyebabnya di sini, yuk.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Sering kali diet Anda gagal karena Anda tak bisa menahan lapar dan akhirnya menyerah dan kembali makan dengan porsi besar. Begini cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mencium bau

Sering Mencium Sesuatu Tapi Tak Ada Wujudnya? Mungkin Anda Mengalami Phantosmia!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
penis bengkok

Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
memotong kuku

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit