home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Cara Menghangatkan Tubuh Saat Sedang Kedinginan

6 Cara Menghangatkan Tubuh Saat Sedang Kedinginan

Saat cuaca di luar sedang dingin, Anda pasti menggunakan pakaian yang tebal atau berlapis-lapis untuk menghangatkan tubuh. Bahkan, jika AC kamar Anda dipasang pada suhu rendah, Anda akan menarik selimut tebal untuk menutupi tubuh Anda. Berikut ini 6 cara menghangatkan tubuh saat kedinginan.

1. Menggigil

Menggigil merupakan tanda bahwa Anda kedinginan dan perlu secepatnya menghangatkan tubuh. Kondisi ini merupakan salah satu respons alami tubuh terhadap lingkungan.

Saat suhu kulit Anda turun, Anda akan menggigil untuk menjaga suhu tubuh inti Anda tidak turun juga. Menggigil menjadi upaya untuk menghangatkan tubuh karena tubuh merespons suhu lingkungan dengan menggetarkan seluruh otot di tubuh sehingga menghasilkan panas secara alami.

Orang dengan hipotermia ringan akan menggigil, tetapi mereka yang mengalami hipotermia sedang mungkin tidak akan menggigil. Tubuh akan berhenti menggigil saat kontraksi otot tidak lagi dapat menghasilkan panas. Artinya, saat Anda berhenti menggigil, maka suhu tubuh inti Anda sedang merosot turun.

2. Makan yang banyak

Makan lebih banyak saat Anda merasa kedinginan merupakan cara yang baik untuk mempertahankan suhu tubuh Anda. Dengan mengonsumsi makananan, Anda dapat menjaga gula darah yang dapat memberikan energi pada tubuh untuk tetap hangat.

Makanlah makanan yang bisa dicerna tubuh secara perlahan, seperti makanan yang berlemak. Saat tubuh Anda mencerna makanan, tubuh akan membakar energi sehingga Anda akan merasa lebih hangat. Oleh karena itu, jika makanan yang Anda makan lebih lama dicerna tubuh, maka Anda juga akan merasa hangat lebih lama.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

3. Minum banyak air

Cara lain menghangatkan tubuh saat kedinginan adalah dengan menjaga asupan air ke dalam tubuh. Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat memberikan kehangatan yang lebih baik pula. Minumlah air panas yang dapat memberikan sensasi hangat untuk Anda, walaupun ini tidak benar-benar dapat menaikkan suhu internal tubuh Anda.

Menurut seorang profesor dari University of Pennsylvania, Michael Cirigliano, MD, mulut merupakan salah satu bagian paling sensitif di tubuh Anda. Sehingga, jika air panas menyentuh mulut Anda, maka Anda akan merasakan sensasi hangat.

4. Sesuaikan tubuh Anda dengan cuaca dingin

Tubuh mempunyai kemampuan lebih dari yang Anda bayangkan. Ia memiliki mekanisme khusus untuk menjaga dirinya tetap hangat. Orang yang sering menghabiskan waktu dalam cuaca dingin dapat membuat dirinya lebih tahan terhadap suhu rendah. Tetapi mekanisme dalam tubuh ini belum sepenuhnya dipahami.

5. Jaga tubuh Anda tetap kering

Tubuh yang berkeringat atau baju yang basah dapat membuat Anda merasa lebih kedinginan. Oleh karena itu, jika cuaca sedang dingin, sebaiknya gunakan baju yang dapat menyerap keringat. Jika baju basah, sebaiknya ganti baju segera. Usahakan agar tubuh Anda tetap kering.

6. Jaga suhu tubuh inti Anda tetap hangat

Untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat, sebaiknya gunakan pakaian yang tertutup. Anda juga perlu memakai kaus kaki, sarung tangan, dan topi sebagai cara menghangatkan tubuh saat kedinginan.

Biasanya bagian yang pertama kali merasakan dingin adalah kaki dan tangan, sebelum rasa dingin menjalar ke bagian tubuh lainnya. Hal ini merupakan bentuk mekanisme tubuh dalam mempertahankan suhu tubuh inti. Pada saat kedinginan, aliran darah diprioritaskan ke bagian vital tubuh, sehingga bagian kaki dan tangan Anda akan merasa kedinginan lebih dulu.

Menjaga tubuh Anda tetap tertutup adalah cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan kehangatan tubuh.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Harding, A. (2014). 7 Scientific Tips for Staying Warm. [online] Live Science. Available at: http://www.livescience.com/49050-staying-warm-scientific-tips.html [Accessed 20 Jan. 2017].

Labianca, J. Make Yourself Warmer: Cold Weather Tricks | Reader’s Digest. [online] Available at: http://www.rd.com/health/wellness/make-body-feel-warmer/ [Accessed 20 Jan. 2017].

Jones, T. How to Stay Warm in This Freezing Cold Weather. [online] Lifehack. Available at: http://www.lifehack.org/articles/lifestyle/how-stay-warm-this-freezing-cold-weather.html [Accessed 20 Jan. 2017].


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 2 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Satya Setiadi
x