6 Cara Menghangatkan Tubuh Saat Sedang Kedinginan

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Saat cuaca di luar sedang dingin, Anda pasti menggunakan pakaian yang tebal atau berlapis-lapis untuk menghangatkan tubuh. Bahkan, jika AC kamar Anda dipasang pada suhu rendah, Anda akan menarik selimut tebal untuk menutupi tubuh Anda. Berikut ini 6 cara menghangatkan tubuh saat kedinginan.

1. Menggigil

Menggigil merupakan tanda bahwa Anda kedinginan dan perlu secepatnya menghangatkan tubuh. Kondisi ini merupakan salah satu respons alami tubuh terhadap lingkungan.

Saat suhu kulit Anda turun, Anda akan menggigil untuk menjaga suhu tubuh inti Anda tidak turun juga. Menggigil menjadi upaya untuk menghangatkan tubuh karena tubuh merespons suhu lingkungan dengan menggetarkan seluruh otot di tubuh sehingga menghasilkan panas secara alami.

Orang dengan hipotermia ringan akan menggigil, tetapi mereka yang mengalami hipotermia sedang mungkin tidak akan menggigil. Tubuh akan berhenti menggigil saat kontraksi otot tidak lagi dapat menghasilkan panas. Artinya, saat Anda berhenti menggigil, maka suhu tubuh inti Anda sedang merosot turun.

2. Makan yang banyak

Makan lebih banyak saat Anda merasa kedinginan merupakan cara yang baik untuk mempertahankan suhu tubuh Anda. Dengan mengonsumsi makananan, Anda dapat menjaga gula darah yang dapat memberikan energi pada tubuh untuk tetap hangat.

Makanlah makanan yang bisa dicerna tubuh secara perlahan, seperti makanan yang berlemak. Saat tubuh Anda mencerna makanan, tubuh akan membakar energi sehingga Anda akan merasa lebih hangat. Oleh karena itu, jika makanan yang Anda makan lebih lama dicerna tubuh, maka Anda juga akan merasa hangat lebih lama.

3. Minum banyak air

Cara lain menghangatkan tubuh saat kedinginan adalah dengan menjaga asupan air ke dalam tubuh. Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat memberikan kehangatan yang lebih baik pula. Minumlah air panas yang dapat memberikan sensasi hangat untuk Anda, walaupun ini tidak benar-benar dapat menaikkan suhu internal tubuh Anda.

Menurut seorang profesor dari University of Pennsylvania, Michael Cirigliano, MD, mulut merupakan salah satu bagian paling sensitif di tubuh Anda. Sehingga, jika air panas menyentuh mulut Anda, maka Anda akan merasakan sensasi hangat.

4. Sesuaikan tubuh Anda dengan cuaca dingin

Tubuh mempunyai kemampuan lebih dari yang Anda bayangkan. Ia memiliki mekanisme khusus untuk menjaga dirinya tetap hangat. Orang yang sering menghabiskan waktu dalam cuaca dingin dapat membuat dirinya lebih tahan terhadap suhu rendah. Tetapi mekanisme dalam tubuh ini belum sepenuhnya dipahami.

5. Jaga tubuh Anda tetap kering

Tubuh yang berkeringat atau baju yang basah dapat membuat Anda merasa lebih kedinginan. Oleh karena itu, jika cuaca sedang dingin, sebaiknya gunakan baju yang dapat menyerap keringat. Jika baju basah, sebaiknya ganti baju segera. Usahakan agar tubuh Anda tetap kering.

6. Jaga suhu tubuh inti Anda tetap hangat

Untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat, sebaiknya gunakan pakaian yang tertutup. Anda juga perlu memakai kaus kaki, sarung tangan, dan topi sebagai cara menghangatkan tubuh saat kedinginan.

Biasanya bagian yang pertama kali merasakan dingin adalah kaki dan tangan, sebelum rasa dingin menjalar ke bagian tubuh lainnya. Hal ini merupakan bentuk mekanisme tubuh dalam mempertahankan suhu tubuh inti. Pada saat kedinginan, aliran darah diprioritaskan ke bagian vital tubuh, sehingga bagian kaki dan tangan Anda akan merasa kedinginan lebih dulu.

Menjaga tubuh Anda tetap tertutup adalah cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan kehangatan tubuh.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Sering kali diet Anda gagal karena Anda tak bisa menahan lapar dan akhirnya menyerah dan kembali makan dengan porsi besar. Begini cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Atasi Tipes

Gejala tipes umumnya dapat diobati di rumah. Selain minum obat dari dokter, apa saja cara mengobati tipes lainnya di rumah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Infeksi, Demam Tifoid (Tifus) 20 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Hati-hati, 8 Suplemen Herbal Ini Tak Boleh Dikonsumsi Sebelum Masuk Ruang Operasi

Meski bermanfaat bagi kesehatan, beberapa suplemen herbal dapat berisiko komplikasi berbahaya jika diminum menjelang operasi. Apa saja itu?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 20 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Konsumsi Kayu Manis Berlebihan, Hati-hati Risikonya untuk Kesehatan

Meski memiliki manfaat, perhatikan jumlah asupan kayu manis. Terlalu banyak mengonsumsi rempah ini memiliki risiko kayu manis yang berbahaya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

polip hidung

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Alias Mampet

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
Mengurangi Bau Badan

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
tips lari untuk penderita rematik

6 Kesalahan Saat Olahraga Lari yang Wajib Dihindari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit