4 Cara Mudah Melepas Cincin yang ‘Nyangkut’ di Jari

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 28 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Dari semua permasalah pelik yang ada di dunia, satu yang paling remeh tapi menyebalkannya minta ampun adalah melepaskan cincin yang kekecilan dan nyangkut di jari. Jangan panik! Ada banyak tips mudah yang bisa Anda contek untuk melepaskan cincin yang susah dikeluarkan dari jari, tanpa harus berpikir untuk mutilasi tangan Anda.

Tips melepaskan cincin dari jari

1. Oleskan minyak di jari

Menurut American Society for Surgery of the Hand, cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk melepaskan cincin yang tersangkut di jari adalah dengan mengoleskannya pakai minyak, lotion, mentega/margarin, petroleum jelly, atau sabun. Bahan-bahan ini dapat membuat permukaan kulit jari lebih licin, sehingga lebih mudah cincin untuk dilepaskan. Selain itu, bahan-bahan ini juga dapat mengurangi gesekan antar cincin dan jari Anda, sehingga mencegah luka pada jari.

Setelah mengoleskan salah satu dari bahan tersebut, lepaskan cincin dari jari dengan cara memutarnya dan menariknya sedikit demi sedikit secara perlahan sampai cincin berhasil terlepas. Jangan memaksa cincin keluar jika cincin belum bisa keluar. Anda mungkin perlu memutar cincin beberapa kali sampai cincin bisa maju dan lepas dari jari Anda.

2. Mengangkat tangan ke atas

Mungkin Anda baru mendengar cara ini, tapi tidak ada salahnya Anda praktikkan, terutama jika cincin tidak bisa lepas karena adanya pembengkakan pada jari Anda. Bagaimana caranya? Anda cukup mengangkat tangan Anda setinggi mungkin selama 5-10 menit. Hal ini bertujuan agar pembengkakan di jari Anda sedikit mengempis karena aliran darah cepat kembali ke jantung dan kemudian cincin mudah dilepaskan.

3. Merendam jari Anda di air dingin

Coba rendam jari Anda di air dingin (bukan air dengan es batu). Dan, biarkan beberapa menit sampai Anda merasa cincin di jari sedikit melonggar. Setelah itu, lepaskan cincin dari jari secara perlahan. Ingat, jangan sampai menyakiti jari Anda. Jika masih sulit, sebaiknya jangan dipaksa. Anda masih bisa mencoba cara lain.

4. Menggunakan benang

Benang juga bisa sebagai media untuk membantu melepaskan cincin Anda yang nyangkut di jari. Caranya, selipkan benang dari bawah cincin Anda yang nyangkut di jari. Jika sulit, Anda mungkin perlu bantuan jarum kecil untuk menyelipkan benang di bawah cincin. Hati-hati, jangan sampai malah melukai jari Anda.

Selanjutnya, lilitkan ujung benang pada jari Anda (jangan terlalu kencang). Lilitkan keluar sampai pada ujung jari Anda. Kemudian, tarik benang di sisi lainnya memutari jari Anda (menuju luar). Tarik perlahan dengan gerakan seolah lilitan benang dilepaskan. Gerakan benang ini membantu mendorong cincin Anda keluar dari jari.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Trauma Gigi

Trauma gigi atau cedera pada gigi sering ditandai dengan keluarnya darah dari gusi. Jika kasusnya ringan, cedera bisa Anda tangani sendiri di rumah.

Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 1 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Luka Gores

Biasanya, luka akibat goresan benda tajam hanya menimbulkan bekas sayatan. Namun, mengobati luka gores juga tidak boleh sembarangan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 27 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Luka Lecet

Luka lecet tidak hanya terasa perih dan menyakitkan, tapi juga bisa mengganggu penampilan. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 27 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Langkah Penanganan Luka Bakar Beserta Pilihan Obat-obatannya

Luka bakar tidak boleh sembarangan diobati dengan obat luka biasa. Seperti apa cara penanganan pertama pada luka bakar yang benar?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 27 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

telinga kemasukan serangga

Pertolongan Pertama Ketika Telinga Kemasukan Serangga

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
obat untuk cantengan, bagaimana cara mengobati cantengan

Pilihan Obat dan Cara untuk Mengatasi Cantengan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 8 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
membersihkan luka diabetes dengan sabun

Luka Tertusuk

Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 7 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
penyakit campak pada bayi

Campak

Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 2 menit