home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Cara Mudah Melepas Cincin yang 'Nyangkut' di Jari

4 Cara Mudah Melepas Cincin yang 'Nyangkut' di Jari

Dari semua permasalah pelik yang ada di dunia, satu yang paling remeh tapi menyebalkannya minta ampun adalah melepaskan cincin yang kekecilan dan nyangkut di jari. Jangan panik! Ada banyak tips mudah yang bisa Anda contek untuk melepaskan cincin yang susah dikeluarkan dari jari, tanpa harus berpikir untuk mutilasi tangan Anda.

Tips melepaskan cincin dari jari

1. Oleskan minyak di jari

Menurut American Society for Surgery of the Hand, cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk melepaskan cincin yang tersangkut di jari adalah dengan mengoleskannya pakai minyak, lotion, mentega/margarin, petroleum jelly, atau sabun. Bahan-bahan ini dapat membuat permukaan kulit jari lebih licin, sehingga lebih mudah cincin untuk dilepaskan. Selain itu, bahan-bahan ini juga dapat mengurangi gesekan antar cincin dan jari Anda, sehingga mencegah luka pada jari.

Setelah mengoleskan salah satu dari bahan tersebut, lepaskan cincin dari jari dengan cara memutarnya dan menariknya sedikit demi sedikit secara perlahan sampai cincin berhasil terlepas. Jangan memaksa cincin keluar jika cincin belum bisa keluar. Anda mungkin perlu memutar cincin beberapa kali sampai cincin bisa maju dan lepas dari jari Anda.

2. Mengangkat tangan ke atas

Mungkin Anda baru mendengar cara ini, tapi tidak ada salahnya Anda praktikkan, terutama jika cincin tidak bisa lepas karena adanya pembengkakan pada jari Anda. Bagaimana caranya? Anda cukup mengangkat tangan Anda setinggi mungkin selama 5-10 menit. Hal ini bertujuan agar pembengkakan di jari Anda sedikit mengempis karena aliran darah cepat kembali ke jantung dan kemudian cincin mudah dilepaskan.

3. Merendam jari Anda di air dingin

Coba rendam jari Anda di air dingin (bukan air dengan es batu). Dan, biarkan beberapa menit sampai Anda merasa cincin di jari sedikit melonggar. Setelah itu, lepaskan cincin dari jari secara perlahan. Ingat, jangan sampai menyakiti jari Anda. Jika masih sulit, sebaiknya jangan dipaksa. Anda masih bisa mencoba cara lain.

4. Menggunakan benang

Benang juga bisa sebagai media untuk membantu melepaskan cincin Anda yang nyangkut di jari. Caranya, selipkan benang dari bawah cincin Anda yang nyangkut di jari. Jika sulit, Anda mungkin perlu bantuan jarum kecil untuk menyelipkan benang di bawah cincin. Hati-hati, jangan sampai malah melukai jari Anda.

Selanjutnya, lilitkan ujung benang pada jari Anda (jangan terlalu kencang). Lilitkan keluar sampai pada ujung jari Anda. Kemudian, tarik benang di sisi lainnya memutari jari Anda (menuju luar). Tarik perlahan dengan gerakan seolah lilitan benang dilepaskan. Gerakan benang ini membantu mendorong cincin Anda keluar dari jari.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

American Society for Surgery of the Hand. Removing a Ring – How to remove a stuck ring. [online] Available at: http://www.assh.org/handcare/Conditions-and-Injuries/Hand-Safety/Removing-a-Ring [Accessed 18 Sep. 2017].

Gupta, R. (2010). Healthy Living » Quick Tips to remove stuck ring from swollen finger. [online] Knowabouthealth.com. Available at: http://www.knowabouthealth.com/quick-tips-to-remove-stuck-ring-from-swollen-finger/3510/ [Accessed 18 Sep. 2017].

Souza, A. (2016). Here’s the easiest way to remove a ring stuck on your finger. [online] TODAY.com. Available at: https://www.today.com/style/here-s-easiest-way-remove-ring-stuck-your-finger-t100389 [Accessed 18 Sep. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 20/09/2017
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x