backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

4

Tanya Dokter
Simpan

10 Cara Menghilangkan Rasa Lelah dan Capek Berlebih

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

10 Cara Menghilangkan Rasa Lelah dan Capek Berlebih

Setelah melakukan aktivitas seharian, Anda mungkin merasa capek dan lelah. Hal ini dapat membuat stamina dan kekebalan tubuh menurun, sehingga risiko untuk terserang penyakit infeksi pun lebih mudah. Lalu, adakah cara untuk menghilangkan rasa lelah berlebih? Ketahui berbagai tipsnya di bawah ini.

Berbagai cara menghilangkan capek dan lelah 

Capek dan kelelahan adalah perasaan letih atau kurang tenaga yang tidak kunjung hilang meski telah beristirahat.

Sering kali, penyebab kelelahan adalah rutinitas yang dilakukan atau faktor gaya hidup yang kurang baik, seperti stres, kurang tidur, hingga pola makan yang buruk.

Namun dalam beberapa kasus, penyakit bisa menjadi penyebab lelah dan rasa capek yang memerlukan perawatan medis. 

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat membantu menghilangkan capek dan mengembalikan energi Anda. 

1. Tidur yang cukup dan berkualitas 

kualitas tidur

Pola tidur yang buruk seperti begadang bisa menjadi penyebab capek dan lelah. Padahal, tidur adalah obat paling efektif untuk mengatasi rasa lelah dan capek setelah beraktivitas seharian.

Oleh karena itu, pastikan Anda mendapatkan tidur berkualitas selama 7—9 jam setiap malam.

Buat lingkungan tidur yang nyaman dan tenang, hindari gadget satu jam sebelum tidur, serta coba untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

2. Konsumsi makanan bergizi 

Makanan merupakan sumber energi utama yang dipakai tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas. Jika Anda kelelahan, mungkin Anda kekurangan nutrisi dari makanan. 

Oleh karena itu, Anda membutuhkan makanan bergizi tinggi untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan bugar, bukan sekadar makanan pengisi perut kosong. 

Makanan yang baik untuk mengatasi rasa lelah merupakan asupan yang baik pula bagi sistem kekebalan tubuh, salah satunya yaitu makanan sumber vitamin C

3. Tetap terhidrasi 

Menurut National Health Service UK, seseorang bisa merasa capek dan lelah akibat mengalami dehidrasi ringan. Dehidrasi juga dapat menurunkan kewaspadaan dan konsentrasi seseorang. 

Oleh karena itu, sebagai cara menghilangkan rasa capek, pastikan Anda minum cukup air setiap hari, yaitu sekitar 8 gelas atau 2 liter per hari.

Jadi, saat Anda merasa lelah, cobalah minum segelas air untuk melihat apakah itu membantu mengembalikan energi Anda.

4. Kelola suasana hati 

Stres, rasa cemas, hingga depresi bisa membuat tubuh Anda merasa capek dan lelah. Oleh karena itu, mengelola suasana hati bisa menjadi obat lelah dan capek. 

Anda bisa melakukan aktivitas yang meningkatkan suasana hati, seperti yoga, meditasi, atau sekadar mengobrol dengan teman atau keluarga tentang perasaan.

Cari pula cara untuk mengurangi stres akibat beban pekerjaan Anda guna menghilangkan rasa lelah setelah seharian bekerja.

5. Olahraga secara teratur 

Berbagai aktivitas dan pekerjaan yang dilakukan setiap hari mungkin membuat Anda merasa lelah. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak berolahraga.

Pasalnya, olahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melancarkan peredaran darah. Dengan melakukan olahraga yang rutin, energi yang Anda miliki pun akan bertambah.

Tidak perlu yang berat, cobalah untuk melakukan olahraga yang mudah dan sederhana. Lakukan jalan santai selama 15 menit saja sudah bisa meningkatkan energi di dalam tubuh Anda.

6. Istirahat yang cukup 

Waktu istirahat

Banyak orang yang memaksakan diri untuk bekerja tanpa henti. Padahal, istirahat yang cukup sangat penting sebagai cara sederhana menghilangkan lelah setelah bekerja. 

Oleh karena itu, agar rasa lelah tidak berlebihan, sebaiknya cobalah teknik bekerja selama 25 menit dan istirahat 5 menit guna meningkatkan produktivitas dan mengurangi kelelahan. 

7. Turunkan berat badan 

Jika Anda memiliki berat badan yang berlebih, jangan heran jika Anda sering merasa lelah. Anda perlu tahu, tubuh dirancang untuk menopang dan melakukan fungsi tubuh sesuai dengan berat badan ideal. 

Ketika Anda mempunyai berat badan berlebih, seluruh organ tubuh akan melakukan tugas yang lebih berat daripada biasanya.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menurunkan atau menjaga berat badan tetap ideal dengan melakukan olahraga secara teratur dan menerapkan gaya hidup sehat.

8. Batasi konsumsi kafein

Kafein memang membuat tubuh terstimulasi dan segar kembali, tetapi hal ini hanya terjadi sebentar dan kemudian tubuh akan kembali lelah, bahkan akan bertambah lelah. 

Jika Anda sedang merasa lelah, mengonsumsi kafein bukanlah hal yang bisa menurunkan atau menghilangkan kelelahan, tetapi malah meningkatkan rasa lelah pada diri Anda.

Oleh karena itu, untuk menghilangkan rasa capek, sebaiknya batasi konsumsi makanan dan minuman berkafein. Lebih baik ganti konsumsi kafein dengan teh herbal yang menenangkan. 

9. Jaga pola hidup seimbang 

Menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan waktu pribadi juga sangat penting dilakukan sebagai obat lelah dan capek.

Pastikan Anda tidak terlalu banyak bekerja serta luangkan waktu untuk bersantai dan melakukan aktivitas yang Anda sukai.

Jangan ragu untuk mengambil cuti jika merasa sangat lelah, ya!

10. Konsultasi kepada dokter 

Jika Anda masih merasa kelelahan yang berlebihan dan berkepanjangan meski telah mencoba berbagai cara di atas, sebaiknya konsultasikan kepada dokter. 

Kelelahan yang berlangsung lebih dari satu atau dua hari setelah melakukan cara-cara di atas bisa menjadi gejala dari kondisi medis tertentu, seperti anemia, diabetes, atau gangguan tiroid.

Dokter akan membantu mencari tahu apa yang menyebabkan Anda merasa sangat lelah dan memberikan perawatan yang tepat.

Kesimpulan

Setelah aktivitas seharian, kelelahan adalah hal yang umum dan bisa menurunkan stamina serta kekebalan tubuh, sehingga meningkatkan risiko penyakit. Untuk mengatasi rasa lelah berlebih, berikut beberapa langkah yang dapat diambil.
  • Tidur yang cukup.
  • Mengonsumsi makanan bergizi.
  • Tetap terhidrasi.
  • Mengelola suasana hati.
  • Olahraga secara teratur.
  • Istirahat yang cukup.
  • Menurunkan berat badan.
  • Membatasi asupan kafein.
  • Menjaga pola hidup seimbang.
  • Konsultasi kepada dokter.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan