home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

6 Cara Sederhana Menghilangkan Rasa Lelah dan Capek Berlebih

6 Cara Sederhana Menghilangkan Rasa Lelah dan Capek Berlebih

Banyaknya aktivitas yang Anda lakukan setiap hari, membuat stamina dan kekebalan tubuh menjadi menurun, cepat lelah, dan berbagai penyakit infeksi pun mudah menyerang. Rasa lelah bisa menjadi musuh ketika Anda ingin melanjutkan aktivitas dan pekerjaan yang menuntut Anda untuk terus bugar, fit, sehat, dan berstamina. Lalu bagaimana caranya menghilangkan dan mengatasi rasa lelah berlebih?

Banyak hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membuat tubuh kembali segar. Anda bisa rutin menjalaninya di rumah, tanpa perlu ke dokter. Upaya menghilangkan rasa lelah berlebih ini hanya perlu niat dan kedisiplinan.

1. Makan adalah kunci utama

Makanan merupakan sumber energi utama yang dipakai tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas. Jika Anda merasa kelelahan, mungkin Anda kekurangan nutrisi dari makan. Anda membutuhkan makanan bergizi tinggi untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan bugar, bukan sekadar makanan pengisi perut kosong.

Makanan yang baik untuk mengatari rasa lelah merupakan makanan yang baik pula bagi sistem kekebalan tubuh, salah satunya yaitu makanan sumber vitamin C. Sayur dan buah-buahan adalah sumber makanan yang tepat untuk dikonsumsi orang-orang yang sedang memiliki masalah pada sistem kekebalan tubuhnya. Selain itu, hindari makanan-makanan kaleng atau olahan karena mengandung berbagai zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Biasakan untuk makan dengan teratur, entah itu teratur porsi, jam, bahkan pemilihan makanan. Jika Anda telah mengubah pola serta pemilihan makanan maka tubuh akan lebih kuat untuk melakukan berbagai aktivitas di kemudian hari.

2. Olahraga bukan masalah bagi orang yang sedang kelelahan

Anda bisa saja merasa lelah karena aktivitas dan berbagai pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari. Tetapi jangan menjadikan hal tersebut alasan bagi Anda untuk tidak melakukan olahraga. Olahraga justru dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melancarkan peredaran darah Anda. Dengan melakukan olahraga yang rutin, Anda akan merasa energi yang Anda miliki bertambah.

Cobalah untuk melakukan olahraga yang mudah dan sederhana, tidak usah melakukan olahraga yang memiliki high-impact. Lakukan jalan santai selama 15 menit saja sudah bisa meningkatkan energi di dalam tubuh Anda. Kementerian Kesehatan menyarankan untuk melakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari. Lakukan kebiasaan olahraga ini dengan bertahap dan kemudian Anda akan merasakan manfaatnya pada tubuh Anda.

3. Kelebihan berat badan? Ini salah satu masalahnya

Jika Anda memiliki berat badan yang berlebih, jangan heran jika Anda sering merasa kelelahan. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang dirancang untuk menopang dan melakukan fungsi tubuh yang sesuai dengan berat badan ideal. Sehingga, ketika Anda mempunyai berat badan berlebih, seluruh organ tubuh akan melakukan tugas yang lebih berat daripada biasanya.

Contohnya adalah organ jantung akan memompa darah lebih keras untuk memenuhi kebutuhan tubuh yang berat badannya berlebih dibandingkan dengan tubuh yang mempunyai berat badan normal. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda menurunkan berat badan Anda dengan melakukan olahraga secara teratur dan menerapkan gaya hidup sehat.

4. Menurunkan stres dapat meningkatkan energi

Stres dan tekanan yang Anda alami akan sangat menghabiskan energi dan tenaga Anda. Inilah salah satu penyebab Anda mudah merasa kelelahan jika sedang stres. Cobalah untuk menghilangkan stres tersebut dengan melakukan berbagai hal yang membuat tubuh nyaman dan rileks, seperti melakukan hobi Anda atau sekadar me-time sejenak. Walaupun dilakukan hanya sebentar, namun hal ini akan membantu tubuh untuk kembali normal.

5. Berhenti mengonsumsi kafein

Kafein memang membuat tubuh terstimulasi dan segar kembali, tetapi hal ini hanya terjadi sebentar dan kemudian tubuh akan kembali lelah, bahkan akan bertambah lelah. Jika Anda sedang merasa lelah, mengonsumsi kafein bukanlah hal yang bisa menurunkan atau menghilangkan kelelahan tetapi malah meningkatkan rasa lelah pada diri Anda.

6. Minum banyak air agar tubuh terhidrasi dengan baik

Merasa lelah adalah salah satu tanda dari dehidrasi, sehingga mungkin saja Anda tidak terhidrasi dengan baik dan rasa lelah pun muncul. Minum air mineral yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan Anda sehari. Banyak yang mengatakan bahwa minimal minum 8 gelas per hari, tetapi hal ini kembali lagi pada kebutuhan masing-masing. Semakin tinggi tingkat aktivitas yang dilakukan maka semakin banyak air mineral yang dibutuhkan dalam satu hari.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Healthline. (2016). Foods That Beat Fatigue. [online] Available at: http://www.healthline.com/health/food-nutrition/foods-that-beat-fatigue#FreshFoods3  [Accessed 20 Nov. 2016].

Jaret, P. (2016). 9 Ways to Get Your Energy Back. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/balance/guide/get-energy-back  [Accessed 20 Nov. 2016].

Nhs.uk. (2016). Self-help tips to fight fatigue – Live Well – NHS Choices. [online] Available at: http://www.nhs.uk/livewell/tiredness-and-fatigue/pages/self-help-energy-tips.aspx  [Accessed 20 Nov. 2016].

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 21/05/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan