home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Aturan Aman Puasa Saat Hamil Trimester Pertama

Aturan Aman Puasa Saat Hamil Trimester Pertama

Puasa saat hamil biasanya boleh-boleh saja dilakukan. Tapi bagaimana dengan di awal kehamilan atau jika kondisi kehamilan masih berada di trimester pertama?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Colombia University berdasarkan sensus di AS, Irak, dan Uganda, ditemukan bahwa wanita hamil yang berpuasa cenderung memiliki bayi lebih kecil atau lahir di bawah berat badan normal. Bayi kecil tersebut juga cenderung rentan kesulitan belajar ketika besar. Lantas, apakah puasa saat hamil trimester pertama dianjurkan dari sisi medis? Ini jawabannya.

Ibu hamil membutuhkan nutrisi di awal kehamilan

puasa bagi ibu hamil

Para peneliti dari Columbia University menemukan bahwa bayi yang lahir di bawah berat badan normal biasanya terjadi pada ibu hamil yang berpuasa pada awal kehamilannya.

Ibu hamil tersebut juga melakukan puasa selama musim panas ketika hari terang lebih panjang.

Itu artinya, puasa berjalan lebih lama pada musim panas. Hal ini sangat membahayakan kesehatan janin.

Bagaimana dengan di Indonesia? Meskipun tidak memiliki musim panas dan waktu puasa lebih singkat dibandingkan negara Timur Tengah, apakah puasa saat hamil trimester pertama aman untuk dilakukan?

Di trimester pertama kehamilan (1-13 minggu) umumnya ibu hamil masih menghadapi serangkaian keluhan kehamilan yang memang wajar terjadi pada bulan-bulan pertama ini.

Di antaranya mual, muntah, lemas, pusing, dan tubuh ibu hamil masih terus beradaptasi dengan perubahan hormonal yang sedang terjadi.

Mual muntah secara berlebihan di trimester awal bisa menyebabkan dehidrasi pada ibu hamil. Sedangkan pada janin bisa menyebabkan kurangnya nutrisi yang masuk.

Padahal, nutrisi yang cukup sangat dibutuhkan janin di awal masa pembentukan, pertumbuhan dan penyempurnaan organ tubuhnya.

Sebenarnya, tidak ada pantangan khusus untuk berpuasa pada ibu hamil.

Meskipun, sebenarnya ibu hamil tidak wajib berpuasa, terlebih bila khawatir terjadi sesuatu pada bayi di dalam kandungan.

Sebelum puasa saat hamil, konsultasi dulu pada dokter kandungan

Tetapi, tentu keadaan ini berbeda-beda untuk setiap ibu hamil, hal ini perlu dipastikan berdasarkan hasil pemeriksaan.

Sebaiknya, sebelum memutuskan berpuasa, Anda harus memeriksakan diri terlebih dahulu pada dokter kandungan mengenai kondisi Anda dan janin apakah aman bila berpuasa.

Beberapa sumber menyatakan puasa paling aman dilakukan saat usia kandungan 4-7 bulan.

Kurang dari 4 bulan dikhawatirkan masih rentan terjadi keguguran, sedangkan lebih dari 7 bulan biasanya Anda sudah sering merasa lelah dan membutuhkan asupan makanan yang lebih.

Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa menyebabkan kontraksi.

Oleh karena itu, apabila ibu hamil berpuasa kemudian terjadi kontraksi atau keluhan lain, sebaiknya Anda pertimbangkan untuk segera berhenti berpuasa dan pergi ke dokter untuk mencari pertolongan.

Kesimpulannya, periksakanlah kandungan Anda ke dokter kandungan, dan tanyakan pada dokter kandungan apakah Anda diperkenankan puasa atau tidak.

Dokter kandungan akan memberikan saran sesuai dengan keadaan ibu hamil dan janin.

Bila diizinkan berpuasa, perhatikan asupan gizi agar Anda tetap sehat dan janin bisa berkembang dengan baik.

Tips aman puasa saat hamil trimester pertama

komplikasi kehamilan

Berikut tips aman puasa selama trimester pertama kehamilan.

  • Perhatikan kecukupan gizi yang dikonsumsi. Meskipun berpuasa asupan gizi yang harus ibu hamil dapatkan adalah 50% karbohidrat, 25% protein, 10-15% lemak sehat, jangan lupakan asupan vitamin dan mineral.
  • Perhatikan kenaikan berat badan Anda sebelum dan ketika sedang menjalani puasa. Penurunan berat badan kemungkinan besar meningkatkan risiko pada janin. Pertahankan berat badan dan lakukan konsultasi dengan dokter sesuai jadwal.
  • Periksakan kehamilan Anda untuk mengetahui janin Anda dapat beradaptasi dengan asupan nutrisi di bulan puasa.
  • Selama Anda berpuasa bukan berarti janin Anda ikut berpuasa, asupan sepanjang hari sangat penting Anda perhatikan di waktu sahur dan berbuka.
  • Pilihan menu yang tepat ketika berbuka atau sahur sehingga bermanfaat untuk perkembangan janin seperti kurma, bayam, salmon, brokoli, kangkung, dan ayam.
  • Atur istirahat dengan baik sehingga tidak mengakibatkan stres dan mengganggu kesehatan Anda.
  • Jangan lanjutkan puasa jika kondisi Anda menunjukan keadaan yang kurang baik seperti terjadi mual, pusing, lemas berlebihan dan lain-lain.

Jangan lupa, selalu rutin periksa kandungan sesuai jadwal ya, Bu!

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What happens in the early trimester of pregnancy. Retrieved 5 May 2021, from http://www.webmd.com/baby/guide/first-trimester-of-pregnancy#1

Trimesters and Due Date. Retrieved 5 May 2021, from http://www.healthline.com/health/pregnancy/calendar

Nutritional Needs During Pregnancy. Retrieved 5 May 2021, from http://www.healthline.com/health/pregnancy/nutrition

Prenatal care fact sheet. Retrieved 5 May 2021, from https://www.womenshealth.gov/publications/our-publications/fact-sheet/prenatal-care.html

Foto Penulis
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari Diperbarui 05/05/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x