Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri dan Obat untuk Mengatasinya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/04/2020 . 12 menit baca
Bagikan sekarang

Sakit pinggang sering dianggap sebagai keluhan sambil lalu. Padahal, kondisi ini bisa saja menjadi pertanda dari nyeri kronis atau masalah kesehatan serius lain yang mungkin Anda tidak sadari. Sakit pinggang sebelah kiri, misalnya, dapat dipicu oleh berbagai penyebab yang tidak bisa disepelekan. Berikut ulasan mengenai penyebab sakit pinggang belakang sebelah kiri, dan berbagai obat yang ampuh untuk mengatasinya.

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri

mengatasi sakit pinggang

Sakit pinggang, baik di sebelah kanan maupun kiri, termasuk keluhan yang umum. Rasanya hampir setiap orang pernah mengalaminya minimal sekali seumur hidup. Namun, bukan berarti masalah ini boleh diacuhkan. Apalagi jika Anda tidak hanya sekali mengalaminya.

Berikut berbagai penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang perlu Anda ketahui:

1. Batu ginjal

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang pertama adalah adanya batu dalam ginjal.

Ginjal adalah organ yang terletak di masing-masing sisi kiri dan kanan tubuh. Jadi, rasa sakit yang muncul di pinggang kiri bisa menjadi pertanda adanya masalah pada ginjal sebelah kiri.

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease, batu ginjal adalah salah satu penyakit yang menyebabkan rasa sakit pinggang paling parah. Pembentukan batu dalam ginjal sebenarnya berasal dari zat-zat kimia yang seharusnya terbuang oleh tubuh tapi malah mengendap dan mengeras. 

Tidak hanya sakit pinggang sebelah kiri. Gejala lain yang bisa dirasakan biasanya meliputi sakit saat buang air kecil, adanya darah di dalam urin, hingga mual dan juga muntah.

2. Otot tertarik (keseleo)

Bergerak berlebihan yang bertumpu pada area pinggang dapat membuat otot-otot di sekitarnya tertarik dan meregang. Otot pinggang yang terlalu sering digunakan atau berkontraksi dengan gerakan yang salah pada akhirnya membuat sisi sebelah kiri Anda terasa sakit.

Otot pinggang yang tertarik alias keseleo adalah salah satu penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang paling umum. Jika sudah begini, sakit pinggang bisa menjalar hingga ke bokong dan berlangsung selama dua minggu.

Beberapa contoh kasusnya adalah menegakkan badan mendadak dari membungkuk atau memutar badan terlalu cepat. Aktivitas fisik berulang seperti gerakan seks atau olahraga yang tidak diimbangi dengan pemanasan atau peregangan juga dapat menjadi penyebab sakit pinggang belakang sebelah kiri.

3. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

IBS atau sindrom iritasi usus juga dapat menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kiri. IBS adalah masalah pencernaan yang disebabkan oleh ketidakteraturan kontraksi otot-otot usus besar.

Biasanya kondisi ini membuat perut terasa sakit, diare, kembung, sakit kepala, hingga nyeri pinggang sebelah kiri. Coba untuk mengubah pola makan serta memilih bahan makanan yang lebih sehat untuk mencegah terjadinya IBS.

4. Infeksi ginjal

Infeksi ginjal bisa menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kiri tak tertahankan, baik pada pria maupun wanita. Biasanya rasa nyeri yang dirasakan cukup mengganggu aktivitas, dimulai di sekitar kandung kemih hingga akhirnya menyebar ke ginjal.

Kondisi ini biasanya sangat terasa di sebelah tulang belakang atas pinggul Anda dan akan semakin memburuk saat bergerak atau tertekan.

Tak hanya sakit pinggang. Infeksi ginjal di pinggang sebelah kiri juga dapat membuat Anda mengalami demam, mual dan muntah, serta sakit saat buang air kecil.

5. Masalah pada sistem reproduksi

Fibroid dan endometriosis merupakan masalah pada sistem reproduksi yang bisa menyebabkan rasa nyeri pada bagian punggung bawah. Nyeri akibat endometriosis biasanya cukup tajam dan menusuk.

Kondisi ini disebabkan oleh jaringan uterus berlebih yang tumbuh di luar rahim. Sementara fibroid adalah tumbuhnya jaringan jinak di dalam rahim. Selain sakit pinggang sebelah kiri, fibroid juga ditandai dengan periode menstruasi yang abnormal, sering buang air kecil, dan sakit pinggang saat seks.

6. Radang sendi panggul

Radang persendian tulang panggul atau sacroiliitis adalah kerusakan yang terjadi pada jaringan sambung antar tulang di sekitar area panggul. Area tersebut ada di dasar tulang belakang dan di antara sepasang tulang panggul.

Tulang panggul merupakan jenis persendian yang paling kokoh dan stabil, sendi area panggul ini juga rentan mengalami artritis degeneratif. Biasanya, diawali dengan robekan kecil hingga muncul rasa nyeri yang disebabkan oleh tekanan serta proses pergeseran tulang.

Obat di apotik untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kiri

obat hiv aids

Obat sakit pinggang ada banyak macam yang bisa disesuaikan dengan akar penyebab masalahnya, terutama jika lokasi nyeri ada di sebelah kiri belakang.

Namun, jangan pernah menggunakan obat apa pun secara sembarangan. Perlu dipahami bahwa sebagian besar obat ini umumnya hanya untuk mengurangi rasa sakit, bukan benar-benar menyembuhkan sumber masalah yang mendasarinya.

Beberapa jenis dari obat di bawah ini juga ada yang harus disertai dengan resep dokter karena termasuk obat berdosis keras.

Obat anti nyeri

Obat-obatan NSAID atau obat anti peradangan seperti ibuprofen atau natrium naproksen dapat meredakan sakit pinggang termasuk sakit pinggang sebelah kiri.

Beberapa obat pereda nyeri ini dapat Anda temukan dengan mudah di toko obat tanpa resep dokter. Namun, pastikan Anda mengonsumsinya sesuai dengan petunjuk yang ada di kemasan.

Menggunakan obat anti nyeri secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang serius. Bila dalam dosis umum tidak ampuh atau mempan, dokter mungkin akan memberikan obat resep dengan dosis yang lebih tinggi.

Obat tertentu seperti kortison dapat disuntikkan untuk mengurangi peradangan yang jadi penyebab sakit pinggang sebelah kiri belakang.

Gel pereda nyeri

Jika Anda mengalami sakit pinggang tapi tidak terlalu parah rasa nyerinya, Anda bisa menggunakan obat penghilang rasa sakit topikal. Misalnya, dengan menggunakan koyo atau balsem di daerah yang terasa nyeri.

Obat penghilang rasa sakit jenis ini bisa dengan mudah Anda temukan di warung atau toko obat tanpa menggunakan resep dokter.

Relaksan otot

Selain obat pereda nyeri, dokter mungkin juga akan meresepkan relaksan otot sebagai obat sakit pinggang sebelah kiri jika kondisi Anda tidak membaik. Relaksan otot biasanya digunakan dalam kombinasi dengan obat lain untuk sakit pinggang yang berhubungan dengan kejang otot.

Obat ini bekerja terpusat pada ota untuk memberitahu otak Anda agar mengendurkan otot-otot  yang kaku. Beberapa obat relaksan otot yang umum termasuk baclofen, cyclobenzaprine(Flexeril ®) dan eperison (Myonal ®).

Obat antidepresan

Antidepresan biasanya digunakan untuk mengobati depresi. Meski begitu, obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati sakit dengan mengubah senyawa kimia dalam otak, khususnya serotonin dan norepinefrin.

Senyawa kimia otak ini telah terbukti mempengaruhi reseptor nyeri serta reseptor mood. Orang dengan kondisi nyeri kronis yang tidak merespon pengobatan lain dapat menggunakan obat ini untuk meringankan sakit pinggang sebelah kiri.

Opioid

Opioid adalah penghilang rasa sakit dosis keras yang umumnya digunakan untuk nyeri kronis parah. Obat ini memerlukan resep dari dokter dan pemantauan berkala.

Opoid bekerja dengan menghalangi reseptor rasa sakit di otak. Efek opiat ini juga dapat mempengaruhi detak jantung dan pernapasan. Beberapa contoh opioid antara lain morfin, fentanyl, oksikodon, dan kodein.

Obat alami untuk meredakan sakit pinggang sebelah kiri

Selain obat dengan resep dokter, Anda juga bisa mengatasi sakit pinggang sebelah kiri dengan obat alami seperti di bawah ini:

Capsaicin

Capsaicin merupakan senyawa yang terkandung dalam cabai, paprika atau bumbu dapur lainnya yang memiliki cita rasa pedas. Senyawa ini bekerja dengan mengurangi zat alami tertentu dalam tubuh, yang mana membantu meloloskan sinyal rasa sakit ke otak.

Di dunia kedokteran, capcaisin dapat dimanfaatkan sebagai zat aktif yang digunakan untuk membantu mengobati sakit ringan dan nyeri otot atau sendi, misalnya arthritissakit pinggang, atau keseleo. Obat ini juga dapat digunakan sebagai obat tradisional sakit pinggang dan nyeri saraf.

Jahe

Meskipun studi lebih lanjut diperlukan, namun penelitian terbaru menyebutkan jika ekstrak jahe dapat membantu mengatasi nyeri sendi dan otot karena mengandung phytochemical.

Phytochemical sendiri adalah senyawa yang membantu menghentikan peradangan yang jadi penyebab sakit pinggang sebelah kiri.

Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa pasien yang secara teratur diberikan jahe mengalami perbaikan yang signifikan dalam rasa sakit, bengkak, dan rasa kaku.

Kunyit

Tidak seperti jenis tumbuhan lainnya, National Center for Complementary and Alternative Medicine telah menemukan bahwa kunyit dapat bekerja terbaik dalam memerangi nyeri sendi ketika diambil secara efektif.

Kandungan kurkumin dalam kunyit dipercaya sebagai anti-peradangan yang baik untuk mengurangi nyeri sendi seperti sakit pinggang sebelah kiri.

Penggunaan kunyit dengan dosis tinggi atau penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Itu sebabnya, silakan konsultasi ke ahli herbal atau dokter Anda sebelum menggunakan kunyit sebagai obat tradisional sakit pinggang.

Kompres dingin atau panas

Jangan meremehkan kompres dingin atau panas sebagai cara mengatasi sakit pinggang sebelah kiri.

Dilansir dari WebMD, E. Anne Reicherter, PhD, PT, DPT, seorang profesor di University of Maryland School of Medicine mengatakan bahwa pemberian kompres dingin selama (1-2 hari) hari setelah cedera dapat mengurangi peradangan. Setelah 48 jam, Anda dapat beralih ke kompres panas, balsem atau obat topikal salep jika Anda menyukainya.

Baik itu kompres panas ataupun dingin, penting untuk memberikan jeda setidaknya 20 menit supaya kulit Anda dapat beristirahat. Jika setelah melakukan kompres nyeri masih berlanjut, segera konsultasi ke dokter.

Berendam air hangat

Saat Anda berendam air hangat, saraf dan otot yang menegang akan mengendur sehingga membuat Anda jadi lebih rileks. Tidak hanya itu, berendam air hangat juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan merangsang produksi hormon dopamin untuk melawan stres dalam tubuh. Itu sebabnya, berendam air hangat dapat menjadi obat sakit pinggang herbal.

Ingin mencoba cara tradisional untuk mengatasi sakit pinggang? Mandi 2-3 jam sebelum tidur bisa menjadi pilihan terbaik. Pertimbangkan menggunakan bantal mandi untuk menyangga punggung dan pinggang Anda saat berendam air hangat.

Terapi fisik untuk sakit pinggang sebelah kiri

Chiropractic terapi fisik alternatif
Sumber: Wellness Chiropractic Center

Meskipun dokter akan meresepkan beberapa obat antinyeri dan menyarankan Anda melakukan beberapa saran aktivitas di atas, sakit pinggang sebelah kiri juga dapat diatasi dengan beberapa terapi. Berikut adalah terapi untuk sakit pinggang sebelah kiri yang disebabkan oleh radang panggul:

Terapi fisik

Selain terlalu banyak bergerak, terlalu sedikit bergerak juga dapat menyebabkan rasa nyeri dan radang akibat persendian tulang panggul terlalu kaku.

Terapi fisik seperti aktif bergerak dengan rutin dan intensitas yang tidak terlalu berat dapat menyebabkan persendian menjadi lebih kuat dan tidak terlalu kaku.

Chiropractic

Terapi chiropractic bisa membantu mengubah posisi tulang dan persendian untuk mengurangi rasa sakit di pinggang sebelah kiri. Namun, cari klinik yang bereputasi baik dan terapis yang sudah bersertifikat resmi.

Pengobatan lainnya seperti seperti metode prolotherapy juga dapat mengendurkan persendian yang terlalu ketat.

Terapi invasif

Terapi ini dapat dilakukan dengan pembekuan saraf di sekitar persendian yang mengalami kerusakan sehingga mengurangi pengiriman impuls rasa sakit. Metode lainnya yang digunakan sebagai langkah terakhir adalah operasi perbaikan tulang dan persendian dengan menggunakan implan.

Pilihan makanan untuk sakit pinggang sebelah kiri

mikoprotein adalah

Setelah mengetahui penyebab sakit pinggang sebelah kiri, Anda pasti mencari obat yang tepat.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memulihkan sakit pinggang sebelah kiri dengan cepat adalah dengan makan sehat dan bijak. Nah, berikut adalah daftar makanan yang bisa jadi obat sakit pinggang alami.

Makanan tinggi protein

Daging ayam, kalkun, dan ikan mengandung protein yang tinggi. Begitu juga dengan daging sapi tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan. Makanan tinggi protein akan membantu proses pemulihan otot dan tulang Anda.

Namun, kalau Anda punya kondisi kesehatan khusus seperti penyakit ginjal, asam urat atau hipertensi, konsultasikan dulu dengan dokter makanan sumber protein mana yang paling aman dikonsumsi.

Buah dan sayur

Pilih buah dan sayur berwarna pekat atau terang, jangan yang pucat. Pasalnya, buah dan sayur yang kaya akan warna lebih cepat melawan peradangan pada otot-otot di punggung bawah dan pinggang. Jadi Anda bisa mengonsumsi wortel, buah bit, ubi, anggur, buah delima, dan semangka sebagai obat tradisional sakit pinggang.

Selain itu, sayuran yang tinggi magnesium juga baik untuk melemaskan otot sehingga tidak terasa terlalu tegang. Pilihan buah dan sayur untuk obat sakit pinggang herbal lainnya adalah bayam, alpukat, dan pisang.

Makanan tinggi kalium

Kalium berkhasiat untuk mengurangi pembengkakan pada otot-otot pinggang sebelah kiri yang masih sakit. Makanan tinggi kalium yang bisa Anda konsumsi di antaranya adalah pisang, tomat, kentang, dan yogurt.

Makanan tinggi asam lemak omega-3

Sejumlah penelitian telah membuktikan kalau asam lemak omega-3 manjur untuk mengobati peradangan otot. Hal ini dikarenakan asam lemak omega-3 mampu mengendalikan reaksi imun dalam tubuh.

Maka, untuk meredakan peradangan otot di bagian pinggang, tambah asupan asam lemak omega-3 Anda sehari-hari.

Sementara menggunakan obat untuk mengeliminasi penyebab sakit pinggang sebelah kiri, Anda dapat memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 dari ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, telur, serta kacang kedelai.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Obat Alami yang Direkomendasikan untuk Meredakan Sakit Pinggang

Tidak hanya dengan minum obat pereda nyeri di apotek, Anda juga bisa meredakan sakit pinggang secara tradisional dengan pilihan obat alami ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Nyeri Kronis, Health Centers 11/03/2020 . 6 menit baca

7 Penyebab Sakit Pinggang pada Wanita, dan Cara Mengatasinya

Hampir semua orang pernah sakit pinggang sekali seumur hidup. Namun, penyebab sakit pinggang pada wanita muda ternyata berbeda dengan yang dialami pria.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Nyeri Kronis, Health Centers 11/03/2020 . 6 menit baca

Benarkah Air Kelapa Bisa Mengatasi Penyakit Batu Ginjal?

Dikenal memiliki banyak manfaat, katanya air kelapa juga bisa mengatasi penyakit batu ginjal. Benarkah? Simak penjelasannya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Kurang Minum Air Putih Bisa Sebabkan Sakit Pinggang, Ini Alasannya

Kurang minum air putih tidak hanya menimbulkan gejala dehidrasi, tapi juga bisa menyebabkan sakit pinggang. Mengapa demikian?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 16/02/2020 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

perbedaan sakit pinggang haid dan hamil

Cara Membedakan Sakit Pinggang Karena Haid dan Hamil

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 31/03/2020 . 8 menit baca
buah untuk sakit pinggang

7 Buah yang Paling Baik Dikonsumsi untuk Meredakan Sakit Pinggang

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 28/03/2020 . 6 menit baca
terapi sakit pinggang

8 Pilihan Terapi untuk Mengobati Sakit Pinggang Kronis yang Mengganggu

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 27/03/2020 . 6 menit baca
nyeri punggug sebelah kiri

7 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri, dan Berbagai Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 12/03/2020 . 7 menit baca