6 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan yang Bukan Sekadar Pegal Linu (Plus, Pilihan Obatnya)

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Kemunculan rasa nyeri pada area pinggang adalah keluhan yang umum. Namun tergantung dari lokasi sakitnya, penyebab sakit pinggang bisa bermacam-macam. Bagaimana dengan sakit pinggang di sebelah kanan?

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan

sakit pinggang sacroiliitis

Ada banyak penyebab sakit pinggang hanya muncul di sebelah kanan. Pemicu paling umumnya adalah postur tubuh yang buruk, misalnya bagaimana posisi Anda saat duduk, berdiri, mengangkat sesuatu, dan melakukan gerakan olahraga.

Postur tubuh yang buruk saat beraktivitas dapat memicu terjadinya cedera, otot menegang (terkilir/keseleo), dan linu yang kemudian memicu sakit pinggang. Sementara itu, beberapa kasus sakit pinggang juga dapat dipicu oleh masalah saraf terjepit.

Sakit pinggang di sebelah kanan juga dapat dipengaruhi oleh gaya hidup buruk seperti kebiasaan merokok dan stres.

Sakit pinggang yang disebabkan oleh hal-hal di atas biasanya tidak terlalu serius dan dapat membaik sendiri tanpa pengobatan medis khusus.

Kondisi medis serius penyebab sakit pinggang sebelah kanan

Dalam banyak kasus, sakit pinggang sebelah kanan memang bisa disebabkan oleh nyeri otot biasa.

Di sisi lain, pinggang kanan khususnya menjadi “rumah” bagi banyak organ vital penting dalam tubuh, seperti ginjal. Adanya penyakit, gangguan, atau peradangan pada organ yang bersarang di pinggang sebelah kanan dapat memicu timbulnya rasa sakit. Maka, jangan anggap remeh jika nyeri ini tidak kunjung sembuh dan malah semakin parah.

Berikut merupakan kondisi medis atau penyakit yang gejalanya dapat menyebabkan nyeri kronis pada pinggang sebelah kanan:

1. Sakit ginjal

Ginjal terletak di kedua sisi tulang belakang atau tepatnya di bawah tulang rusuk. Bedanya, ginjal sebelah kanan terletak sedikit lebih rendah daripada ginjal kiri.

Peradangan, iritasi, atau infeksi pada ginjal sebelah kanan mungkin mengakibatkan pinggang kanan sakit. Beberapa masalah ginjal yang paling umum adalah batu ginjal dan infeksi ginjal.

Batu ginjal adalah kerikil yang terbentuk dari mineral dan garam dari urin yang mengendap di ginjal. Batu yang menempel di ureter juga akan membuat Anda mengalami nyeri hebat di punggung, pinggang, perut bagian bawah, hingga selangkangan.

Sementara infeksi ginjal karena bakteri E. coli yang bersarang di usus dapat masuk ke ginjal melalui ureter. Kondisi ini juga membuat Anda mengalami sakit pinggang di sebelah kanan.

2. Masalah tulang belakang

Masalah yang terjadi pada tulang belakang juga bisa menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti cedera pada ligamen, otot yang kaku, sampai degenerasi tulang belakang.

Degenerasi tulang belakang biasanya terjadi saat tulang lumbar (tulang belakang) mulai keropos. Masalah ini biasanya banyak terjadi pada orang berusia lanjut atau kadang disebabkan oleh obesitas. Tulang belakang yang melemah dapat mengakibatkan sendi jadi lebih terasa nyeri yang berujung terjadinya sakit pinggang kanan.

Selain degenerasi tulang belakang, lumbar disc syndrome juga dapat menyebabkan nyeri pinggang sebelah kanan. Gangguan ini sering diawali oleh postur tubuh yang tidak benar sehingga mengurangi fungsi diskus tulang rawan punggung.

Ketika celah diskus tulang rawan menyempit, tulang akan terdorong dan menekan tulang atau saraf punggung bagian kanan atau kiri. Jika satu saraf terganggu, pinggang akan terasa kesemutan, mati rasa, dan bahkan mudah sakit.

3. Penyakit radang panggul

Pelvis Inflammatory Diseases (PID) adalah peradangan yang terjadi di sistem reproduksi dan saluran kemih wanita yang juga meliputi rahim, ovarium, saluran tuba dan uretra.

PID adalah penyebab umum nyeri pada sisi kanan pinggang dan perut pada wanita. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang ditularkan melalui hubungan seksual.

Umumnya gejala PID adalah keputihan yang abnormal dan merasakan sakit saat buang air kecil.

4. Radang usus buntu

Jika pinggang kanan Anda sakit selama beberapa hari disertai dengan kehilangan nafsu makan, mual, muntah dan demam, bisa jadi itu tanda radang usus buntu (apendisitis).

Usus buntu sering dan dapat terjadi pada semua usia. Namun kebanyakan penyakit ini terjadi pada usia sepuluh sampai 30 tahun. Pada kebanyakan kasus, nyeri yang berhubungan dengan apendisitis dimulai di bagian atas sekitar pusar, lalu menyebar ke sisi kanan bawah perut selama satu sampai dua hari.

Sebagian orang yang mengalami usus buntu merasakan sakit di sisi kanan yang menetap dan semakin parah apabila bergerak. Area di sebelah kanan inilah yang mengakibatkan sakit pinggang di sebelah kanan.

5. Gangguan pada empedu

Jika kantung empedu mengalami peradangan, biasanya akan menyebabkan rasa sakit yang menjalar sampai ke pinggang sebelah kanan.

Selain itu, beberapa orang yang mengalami gangguan di empedunya juga merasakan mual atau bahkan muntah ketika makan.

Umumnya gangguan empedu yang paling sering dialami adalah batu empedu dan kolik empedu.

6. Irritate Bowel Syndrome (IBS)

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah gangguan sistem pencernaan yang memengaruhi kerja usus besar sehingga membuat kontraksi otot di bagian usus besar bermasalah.

Penyakit ini termasuk umum dimulai dari masa remaja. Namun, tidak menutup kemungkinan baru menunjukkan gejala pada usia yang lebih tua. Selain itu, penyakit ini pun lebih banyak terjadi pada wanita dibanding pria.

Pemicu penyakit ini meliputi kebiasaan makan, diet, infeksi saluran pencernaam, dan stres. Umumnya gejala IBS meliputi kembung, sembelit, diare, sakit kepala, sampai sakit pinggang sebelah kanan.

Obat untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kanan

obat anemia

Sebagian besar sakit pinggang sebelah kanan dapat hilang dengan sendirinya, kecuali jika disebabkan oleh infeksi atau adanya masalah pada organ dalam tubuh.

Namun secara umum, berikut adalah pilihan obat yang bisa meredakan nyeri pinggang Anda:

1. Obat pereda nyeri

Obat-obatan NSAID, seperti ibuprofen atau naproxen, dapat meredakan nyeri pinggang akut di sebelah kanan. Obat-obatan ini dapat Anda temukan dengan mudah di toko obat tanpa resep dokter. Namun, pastikan Anda mengonsumsinya sesuai dengan petunjuk yang ada di kemasan.

Menggunakan obat pereda nyeri secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang serius.

Jika obat pereda nyeri tanpa resep tidak juga menghilangkan rasa sakit Anda, dokter mungkin akan memberikan obat pereda resep dengan dosis yang lebih tinggi.

3. Penghilang rasa sakit topikal

Jika sakit pinggang Anda tergolong ringan, mengoleskan gel pereda nyeri atau menempelkan koyo hangat pada bagian yang sakit mungkin membantu.

Obat penghilang rasa sakit pinggang sebelah kanan jenis ini bisa dengan mudah Anda temukan di warung atau toko obat tanpa menggunakan resep dokter.

4. Relaksan otot

Dokter mungkin akan meresepkan relaksan otot sebagai obat sakit pinggang sebelah kanan jika kondisi Anda tidak membaik. Relaksan otot biasanya digunakan dalam kombinasi dengan obat lain untuk sakit pinggang yang berhubungan dengan kejang otot.

Obat ini bekerja terpusat pada ota untuk memberitahu otak Anda agar mengendurkan otot-otot yang kaku. Beberapa obat relaksan otot yang umum termasuk baclofen, cyclobenzaprine(Flexeril ®), carisoprodol (Soma®) dan eperison (Myonal ®).

Sayangnya, obat relaksan otot untuk nyeri pinggang sebelah kanan dapat membuat Anda pusing dan mengantuk.

Jadi, pastikan Anda tidak berkendara atau menjalankan aktivitas lain yang membutuhkan konsentrasi tinggi setelah mengonsumsi obat ini.

5. Suntik kortison

Jika berbagai obat sakit pinggang yang sudah disebutkan di atas tidak juga membuat kondisi Anda membaik, dokter mungkin akan menyarankan suntik kortison di sekitar sumsum tulang belakang.

Suntik kortison membantu mengurangi peradangan sementara di sekitar akar saraf juga sakit pinggang sebelah kanan.

6. Opioid

Opioid penghilang rasa sakit lebih kuat yang umumnya digunakan untuk nyeri yang lebih parah. Obat ini memerlukan resep dari dokter dan pemantauan berkala.

Opioid bekerja dengan menghalangi reseptor rasa sakit di otak. Hal ini juga dapat mempengaruhi detak jantung dan pernafasan. Beberapa contoh opioid antara lain morfin, fentanyl, oksikodon, dan kodein.

Ketergantungan obat dapat berkembang jika Anda mengambil opioid secara teratur selama jangka waktu yang panjang.

Oleh sebab itu, bicaralah dengan dokter Anda tentang bagaimana Anda dapat mencegah hal ini.

Cara alami mengatasi sakit pinggang sebelah kanan

mengatasi sakit pinggang

Ada baiknya untuk memeriksa keluhan ke dokter guna mendapatkan diagnosis yang tepat. Namun sementara menunggu jadwal konsultasi ke dokter, berikut beberapa cara penanganan sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah untuk meredakan sakit pinggang:

1. Kompres es

Ketika pinggang Anda mulai terasa nyeri, ada baiknya untuk menghentikan aktivitas yang sedang dilakukan. Anda juga bisa membuat kompresan dengan es untuk meringankan pinggang yang terasa nyeri.

Dilansir dari WebMD, E. Anne Reicherter, PhD, PT, DPT, seorang profesor di University of Maryland School of Medicine mengatakan bahwa pemberian kompres dingin selama (1-2 hari) hari setelah cedera dapat mengurangi peradangan.

Tempelkan kompresan dingin hingga 20 menit di bagian pinggang yang terasa sakit guna meredakan pembengkakan.

2. Berendam air hangat

Saat berendam air hangat, saraf dan otot yang tegang akan mengendur sehingga membuat Anda jadi lebih rileks.

Tidak hanya itu, berendam air hangat juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan merangsang produksi hormon dopamin untuk melawan stres dalam tubuh. Itu sebabnya, berendam air hangat dapat menjadi obat nyeri pinggang alami.

Mandi 2-3 jam sebelum tidur bisa menjadi pilihan Anda sebagai salah satu cara meredakan sakit pinggang.

Pertimbangkan menggunakan bantal mandi untuk menyangga punggung dan pinggang Anda saat mandi dengan air hangat.

3. Pakai sepatu hak rendah

Selama nyeri pinggang sebelah kanan, hindari menggunakan sepatu hak tinggi untuk beraktivitas. Gantilah sepatu hak tinggi Anda dengan sepatu datar atau hak rendah (kurang dari 3 cm).

Hal ini dikarenakan sepatu hak tinggi akan membuat postur tubuh Anda jadi tidak stabil sekaligus meningkatkan tekanan pada pinggang.

4. Jaga posisi tidur

Ketika tidur, penting untuk menjaga lekukan alami tulang belakang dengan memastikan kepala, bahu, dan pinggul berada dalam keadaan selaras.

Posisi tidur yang buruk bisa memberi tekanan pada bagian tersebut sehingga memperparah rasa nyeri. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan posisi tidur saat sedang sakit pinggang.

Berbaring telentang dengan punggung lurus di atas kasur dianggap sebagai posisi tidur terbaik untuk sakit pinggang kanan. Pasalnya, punggung berada dalam posisi lurus sehingga berat tubuh dapat ditopang dengan baik secara merata. Anda bisa menempatkan bantal kecil di bawah lutut sebagai penopang tambahan sehingga posisi tubuh dari kepala hingga kaki sejajar.

Selain itu, coba posisi tidur menyamping dengan bantal atau guling diselipkan di antara kedua lutut. Bantal akan menjaga pinggul, panggul, dan tulang belakang dalam posisi yang lebih baik.

Makanan untuk sakit pinggang sebelah kanan

Jika ingin memulihkan nyeri pinggang sebelah kanan dengan cepat, Anda butuh asupan nutrisi yang tepat dan bijak. Nah, berikut adalah daftar makanan yang bisa jadi obat sakit pinggang sebelah kanan.

makanan mencegah uban

1. Makanan tinggi protein

Daging ayam, kalkun, dan ikan mengandung protein yang tinggi. Begitu juga dengan daging sapi tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan.

Makanan yang tinggi akan protein akan membantu proses pemulihan otot dan tulang sehingga sangat cocok dijadikan obat sakit pinggang sebelah kanan.

Namun, kalau Anda punya kondisi kesehatan khusus seperti asam urat, hipertensi, atau penyakit ginjal, konsultasikan dulu dengan dokter makanan sumber protein mana yang paling aman dikonsumsi.

2. Buah dan sayur

Pilih buah dan sayur berwarna pekat atau terang, jangan yang pucat.

Jadi Anda bisa mengonsumsi wortel, buah bit, ubi, anggur, buah delima, dan semangka untuk meredakan nyerinya. Buah dan sayur yang kaya akan warna lebih cepat melawan peradangan pada otot-otot di punggung bawah dan sakit pinggang sebelah kanan.

Selain itu, sayuran yang tinggi magnesium juga baik untuk melemaskan otot sehingga tidak terasa terlalu tegang.

Pilihan buah dan sayur untuk meredakan nyeri pinggang kanan lainnya adalah bayam, alpukat, dan pisang.

3. Makanan tinggi kalium

Kalium berkhasiat untuk mengurangi pembengkakan, misalnya pada bagian otot-otot pinggang serta sakit pinggang sebelah kanan.

Makanan tinggi kalium yang bisa Anda konsumsi sebagai obat sakit pinggang sebelah kanan alami di antaranya adalah pisang, tomat, kentang, dan yogurt.

4. Makanan tinggi asam lemak omega-3

Sejumlah penelitian telah membuktikan kalau asam lemak omega-3 manjur untuk mengobati peradangan otot juga sakit pinggang sebelah kanan. Ini karena asam lemak omega-3 mampu mengendalikan reaksi imun dalam tubuh.

Maka, untuk meradakan peradangan otot di bagian pinggang, tambah asupan asam lemak omega-3 Anda sehari-hari.

Anda juga dapat memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 dari ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, telur, serta kacang kedelai.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Mei 21, 2017 | Terakhir Diedit: Februari 6, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca