4 Cara Jitu Mengatasi dan Mengobati Sakit Pinggang di Rumah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Rasa nyeri akibat sakit pinggang dapat menyebar dari salah satu sisi tubuh ke sisi seberangnya sampai belakang rusuk dan badan depan. Rasa sakitnya bisa berlangsung beberapa hari atau bahkan dalam jangka waktu lama. Mengalami sakit pinggang tidak hanya membuat nyeri, tapi juga dapat mengganggu rutinitas jika dibiarkan terus berlarut. Lantas cara seperti apa yang baik untuk mengatasi dan mengobati sakit pinggang di rumah?

Cara mengatasi dan mengobati sakit pinggang

Siapa saja dapat mengalami sakit pinggang. Ada yang mengalami sakit pinggang di sisi kiri, hanya di pinggang kanan, atau bahkan di pinggang belakang.

Kebanyakan orang mengalami nyeri pinggang yang bersifat ringan dan sementara, misalnya karena otot yang menegang sehabis melakukan aktivitas berat. Namun kadang, nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh gangguan pada persendian atau penyakit tertentu.

Ketika sakit menyerang pinggang, apa pun penyebabnya, berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dan mengobati nyerinya:

1. Kompres bagian yang nyeri

Anda dapat menempelkan kompres pada pinggang sebagai cara mengatasi rasa sakit di daerah tersebut. Anda dapat memakai kompres air dingin atau kompres hangat, sesuai tujuannya.

Kompres hangat dapat membantu meredakan nyeri otot atau sendi yang sudah berlangsung lama. Suhu hangat dapat memperlebar pembuluh sehingga aliran darah dan suplai oksigen lebih mudah mencapai daerah yang sakit. Hal ini akan membantu otot melemas sehingga mengurangi kekakuan dan ketegangan yang membuat nyeri. Suhu hangat juga meningkatkan rentang gerak bagian tubuh yang nyeri.

Sementara itu, kompres dingin paling baik digunakan sebagai cara mengatasi sakit pinggang akibat cedera olahraga seperti terkilir, terbentur, atau memar. Suhu dingin merangsang penyempitan pembuluh darah untuk memperlambat aliran darah yang menuju ke lokasi cedera. Cara ini dapat menghentikan peradangan pada area yang cedera, sekaligus mengurangi bengkak dan nyeri.

Kompreslah sisi pinggang yang sakit tidak lebih dari 20 menit untuk sekali waktu. Jika ingin mengompresnya kembali, beri jeda 10-15 menit sebelum menempelkan kompres yang baru.

Anda bisa rutin mengompres bagian yang sakit dalam 24-48 jam pertama. Beberapa orang mungkin merasa lebih cepat baikan ketika menggunakan kompres dingin dan hangat secara bergantian. Namun jika cara ini tidak kunjung mengatasi sakit pinggang Anda, ada baiknya konsultasi ke dokter.

2. Cari posisi tidur yang nyaman

Dimuat dalam Medical News Today, sakit pinggang yang disebabkan oleh cedera ringan (misalnya otot tertarik atau keseleo), dapat diredakan dengan mengurangi aktivitas fisik untuk sementara.

Namun, jangan sembarang rebahan jika nyerinya masih terasa nyut-nyutan. Posisi tidur yang buruk bisa semakin menekan otot atau persendian yang bermasalah sehingga memperparah rasa sakitnya.

Aturlah posisi rebahan Anda berbaring telentang menghadap langit-langit dengan posisi leher, punggung, dan tulang ekor sejajar lurus di atas kasur. Jangan gunakan bantal atau penyangga di kepala untuk sementara waktu. Hindari pula memiringkan kepala ke samping kanan maupun kiri.

Posisi tidur ini dianggap sebagai yang terbaik saat sakit pinggang. Pada posisi ini, tulang punggung dikondisikan lurus sehingga berat tubuh dapat tertopang dengan baik secara merata. Selain itu, posisi ini juga meminimalisir tekanan berlebih di beberapa titik tertentu seperti kepala, leher, dan tulang belakang.

3. Lakukan peregangan sesekali

Dokter umumnya menyarankan Anda untuk beristirahat dan mengurangi aktivitas fisik selama 1-3 hari setelah nyerinya muncul. Jangka waktu ini dirasa ideal karena durasi istirahat yang terlalu lama justru dapat menambah rasa sakit serta hilangnya kekuatan otot.

Namun selama beristirahat, bukan berarti Anda jadi tidak bergerak sama sekali. Peregangan otot pinggang adalah cara yang penting untuk mengatasi sakit sekaligus membantu tulang belakang menjadi lebih stabil.

Ketika sudah punya cukup tenaga untuk bangkit, Anda bisa mencoba untuk berdiri dan keluar rumah untuk jalan kaki sebentar. Jika ingin melemaskan badan di rumah saja, cobalah gerakan peregangan pinggang sederhana seperti di bawah ini:

Partial crunch

  • Berbaringlah telentang dengan menekuk kedua lutut. Silangkan kedua tangan pada dada atau di belakang kepala.
  • Kencangkan otot perut dan angkat pundak Anda. Embuskan napas ketika Anda mengangkat pundak. Jangan gunakan kedua tangan Anda untuk mengangkat leher. Posisi pinggang, tulang ekor, dan kaki tidak boleh berubah.
  • Tahan sejenak, kemudian kembalilah ke posisi semula secara perlahan. Ulangi sebanyak 8-12 kali sebagai cara mengobati sakit pinggang dengan olahraga.

Bridges

Seperti partial crunch, gerakan olahraga ini juga terbilang mudah untuk penderita sakit pinggang. Berikut cara mengatasi sakit pinggang dengan gerakan bridges:

  • Persiapkan sebuah matras, lalu berbaringlah terlentang dengan menekuk kedua lutut menekuk. Kedua telapak kaki dan lengan Anda harus menempel dan menekan lantai.
  • Perlahan-lahan, angkat bokong Anda ke atas hingga pundak dan lutut membentuk garis lurus. Kencangkan otot bokong Anda selama melakukan gerakan ini.
  • Turunkan bokong secara perlahan, lalu beristirahatlah selama beberapa detik.
  • Ulangi sebanyak 15 kali, lalu beristirahatlah selama 1 menit. Ulangi lagi dari awal jika Anda masih merasa mampu.

4. Minum obat pereda rasa nyeri

Jika berbagai cara di atas belum cukup ampuh untuk mengatasi sakit pinggang, Anda boleh minum obat pereda nyeri yang dijual di apotek untuk mengobati nyerinya.

Obat pereda nyeri antiradang (NSAID) seperti ibuprofen, aspirin, dan naproxen bekerja memblokir produksi senyawa kimia mirip hormon prostaglandin dalam aliran darah yang menyebabkan peradangan dan nyeri.

Namun, obat antinyeri ini tidak bisa digunakan terus menerus. Keseringan minum obat pereda nyeri justru akan bikin efek obat tidak mempan lagi.

Nah jika perawatan rumahan dan obat dari warung masih tidak cukup mengobati sakit pinggang Anda, tidak ada cara lain lagi selain konsultasi ke dokter. Dokter dapat mencari tahu apa penyebab sebenarnya dari sakit pinggang Anda, dan apa yang membuatnya berlangsung berlarut-larut. Dokter kemudian dapat meresepkan obat antinyeri khusus dengan dosis lebih kuat, seperti:

Dokter juga dapat meresepkan relaksan otot bagi Anda yang mengalami nyeri pinggang akibat kejang otot.

Pantangan selagi mengatasi sakit pinggang

Berbagai cara di atas bisa jadi tidak ampuh mengatasi sakit pinggang jika Anda tidak memerhatikan kebiasaan sehari-hari. Salah gerak atau bahkan keliru menggunakan badan saat beraktivitas meski masih merasa sakit dapat memperparah kondisi Anda.

Nah, selama Anda masih melakukan beragam cara mengobati sakit pinggang, hindari beberapa hal berikut ini:

1. Duduk dan diam saja

Jika Anda berasumsi sakit pinggang bisa cepat disembuhkan dengan rebahan saja, itu salah. Tubuh, saraf, dan otot belakang Anda memerlukan peregangan ketika meradang.

Bangun dan gerakkan badan Anda setiap 20 menit sekali sebagai cara mengatasi dan mengobati sakit pinggang. Jangan lupa regangkan kaki dan bagian tangan Anda.

2. Makan terlalu banyak

Nyatanya, makan terlalu banyak bisa membuat sakit pinggang makin parah. Bertambahnya berat badan dapat semakin menekan punggung dan tulang belakang sehingga semakin memperjelas rasa sakit di pinggang.

3. Mengangkat barang berat

Seperti yang diketahui, sakit pinggang bisa disebabkan posisi yang salah saat Anda mengangkat barang berat. Maka itu, jangan dulu sembarang mengangkat barang berat sementara masih dalam pemulihan.

Kalaupun Anda terpaksa, lakukan dengan posisi seperti yang dianjurkan di bawah ini:

  • Ketika ingin mengangkat, angkat dari jarak yang dekat
  • Posisikan siku Anda menekuk, dan tekuk lutut Anda.
  • Angkat berawal dari kaki dan naik ke otot perut
  • Saat benda telah berada di dekapan, jangan sekali-kali memutar-mutar badan

4. Duduk sembarangan

Apabila pekerjaan Anda mengharuskan untuk duduk dan berdiam dalam jangka waktu yang lama, pastikan kursi Anda memiliki sandaran yang lurus. Sesuaikan dengan sandaran lengan juga agar nyaman.

Berikan bantalan di bagian punggung bawah. Jangan lupa untuk meregangkan tubuh Anda setiap 30 menit sekali sebagai cara mengatasi dan mengobati sakit pinggang.

5. Stres berkelanjutan

Stres bisa menjadi pemicu dan memperparah berbagai macam penyakit, termasuk sakit pinggang. Saat Anda merasa stres, otot di sekitar pinggang menjadi lebih tegang yang bisa menyebabkan rasa sakit. Lakukan sesuatu yang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks sebagai cara mengatasi dan mengobati sakit pinggang.

6. Kurang asupan air putih

Minum air putih secara teratur atau setidaknya delapan gelas air dalam sehari juga bisa menjadi cara mengatasi dan mengobati sakit pinggang. Hal ini dikarenakan sakit ginjal pun bisa menjadi penyebab terjadinya sakit pinggang.

Ginjal terletak di kedua sisi tulang belakang, di bawah tulang rusuk. Ginjal kanan menggantung sedikit lebih rendah daripada ginjal kiri. Ini membuatnya lebih mungkin menyebabkan sakit pinggang jika terinfeksi, iritasi, atau meradang.

7. Pakai alas kaki yang membuat sakit

Terkadang, Anda mungkin tidak terpikir untuk menggunakan sepatu yang nyaman dan juga tepat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Padahal, sepatu juga bisa memengaruhi sakit yang terasa pada pinggang.

Coba untuk menghindari terlebih dahulu penggunaan high heels bagi para wanita sebagai cara mengatasi dan mengobati sakit pinggang yang sedang dirasakan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: April 14, 2017 | Terakhir Diedit: Februari 20, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca