Beragam Cara Mudah Menghilangkan Sakit Tulang Punggung Bagian Tengah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Kebanyakan orang mengeluhkan punggungnya sakit di bagian kanan, kiri atau, bawah. Namun, nyatanya sakit punggung di bagian tengah pun dirasakan beberapa orang. Memang, sakit tulang punggung tengah itu jarang terjadi karena justru bagian bawah yang menjadi tumpuan ketika Anda menggendong barang yang berat.

Meski begitu, kondisi ini tetap saja akan mengganggu aktivitas. Supaya semua kegiatan tetap lancar, begini cara mengatasi sakit tulang punggung bagian tengah yang bisa dicoba.

Penyebab sakit tulang punggung bagian tengah

sakit punggung setelah makan

Pada dasarnya, rasa nyeri yang muncul pada punggung Anda ini diakibatkan oleh postur tubuh yang kurang baik dan mengangkat barang yang terlalu berat. Dilansir dari Medical News Today, sakit punggung atau sakit tulang punggung tengah merupakan rasa sakit serta ketidaknyamanan di area punggung antara tulang rusuk dan pangkal leher.

Selain itu, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan sakit tulang punggung bagian tengah, di antaranya:

  • Umur, nyeri punggung biasanya terjadi antara usia 30 hingga 60 tahun. Pasalnya, semakin tua maka cairan di sendi tulang belakang akan menipis juga.
  • Arthritis juga dapat menyebabkan sakit tulang punggung pada bagian tengah Anda sakit karena gejalanya berhubungan dengan area tersebut.
  • Merokok pun bisa membuat punggung bagian tengah Anda nyeri karena berkurangnya asupan nutrisi ke tulang belakang.
  • Obesitas bisa membuat nyeri pada tulang, otot, dan setiap struktur pada bagian belakang.
  • Osteoporosis di punggung dapat membuat sakit tulang punggung bagian tengah karena adanya tekanan.

Nah, setelah mengetahui apa saja penyebab dari sakit pada punggung bagian tengah, mari disimak bagaimana mengatasi hal ini.

Cara mengatasi sakit tulang punggung bagian tengah

Sebelum pergi ke dokter, mungkin Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi ini di rumah sendiri.

1. Kompres hangat dan dingin

Mengompres hangat dan dingin pada area yang terasa nyeri merupakan cara yang cukup efektif untuk mengatasi kondisi ini. Pertama-tama Anda dapat mengompres punggung tengah Anda dengan es batu yang dilapisi kain.

Kemudian, setelah beberapa menit letakkan kompres hangat pada daerah yang sama. Jangan lupa untuk memberikan jeda setidaknya 20 menit untuk mengistirahatkan area yang terasa nyeri.

2. Mengonsumsi obat-obatan

efek samping ibuprofen

Jika teknik kompres tidak berhasil, mungkin Anda bisa meminum obat penghilang rasa nyeri, seperti Ibuprofen atau naproxen. Cara ini dipercaya dapat mengatasi nyeri dan bengkak, terutama sakit pada punggung bagian tengah.

Sedangkan untuk kasus sakit tulang punggang bagian tengah yang lebih parah perlu diobati menggunakan obat yang lebih kuat. Diantaranya adalah opioid serta antidepresan yang dapat mengontrol rasa sakit.

3. Memperbaiki postur tubuh

Berikut beberapa olahraga yang dapat dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk.

Salah satu penyebab punggung bagian tengah Anda sakit adalah postur tubuh yang salah. Oleh karena itu, mulailah untuk memperbaiki posisi tubuh saat duduk atau berjalan, demi menghilangkan rasa nyeri pada punggung bagian tengah. Cara mudah memperbaiki postur tubuh yaitu:

  • Berdiri tegak dengan bahu yang tegap
  • Tidak membungkuk
  • Jika Anda sering duduk, upayakan memberi waktu untuk berdiri dalam beberapa menit.
  • Mengatur tinggi kursi dan komputer, serta posisi keyboard dan mouse.

4. Olahraga untuk mengatasi sakit tulang punggung bagian tengah

Ternyata, melakukan aktivitas fisik juga dapat mengatasi sakit tulang punggung tengah, lho. Akan tetapi, tentu saja hanya beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kondisi ini, seperti melakukan pose yoga tertentu, berenang, dan juga berjalan

a. Cat-cow pose

Catcow atau chakravakasana merupakan salah satu pose yoga yang dapat membentuk postur tubuh yang baik dan mengatasi sakit tulang punggung bagian tengah Anda.

Cara melakukannya:

  • Posisikan diri Anda dengan tangan dan lutut menyentuh lantai
  • Lengkungkan punggung Anda pelan-pelan seperti kucing
  • Benamkan punggung Anda ke arah lantai seperti sapi

b. Cobra pose

Cobra pose adalah pose yoga yang menyerupai ular kobra untuk meningkatkan fleksibilitas Anda. Selain itu, pose ini cocok untuk Anda yang sering menghabiskan waktu duduk di depan komputer atau meja sehingga mengatasi sakit tulang punggung bagian tengah.

Cara melakukannya:

  • Telungkupkan badan Anda
  • Gunakan lengan Anda untuk mengangkat badan
  • Lakukan peregangan pada punggung Anda

c. Aktivitas fisik lainnya

Selain yoga, Anda juga bisa berenang dan berjalan sebagai alternatif cara untuk mengatasi sakit punggung pada bagian tengah. Jika Anda masih merasa kurang, cobalah untuk melakukan bridges dan planks untuk melatih otot perut dan punggung.

5. Periksa ke dokter

Granuloma Inguinale adalah

Jika Anda masih merasakan nyeri selama 72 jam ke depan, sebaiknya Anda berkonsultasi mengenai kondisi ini kepada dokter. Biasanya, mereka akan memberikan beberapa opsi untuk membantu menghilangkan rasa sakit tersebut, antara lain:

  • Terapi fisik seperti pijat dan aktivitas fisik
  • Diberikan obat-obatan berjenis penghilang rasa sakit, pereda nyeri otot, dan injeksi steroid
  • Operasi yang dilakukan dengan melihat apa penyebabnya terlebih dahulu, seperti disektomi, laminotomi, atau operasi tulang belakang.

Nah, setelah mengatasi sakit tulang punggung bagian tengah, tentu saja Anda tidak ingin bukan mengalami hal ini kembali? Ini dia beberapa cara untuk mencegah munculnya rasa nyeri pada area yang sama.

Bagaimana mencegah rasa sakit tulang punggung bagian tengah?

Tidak hanya meredakan dan juga mengobati, sebaiknya Anda pun melakukan tindakan pencegahan untuk meminimalisir sakit tulang punggung tengah terjadi kembali. Oleh karena itu, simak pula tips mencegah timbulnya rasa sakit tulang punggung bagian tengah seperti di bawah ini:

  1. Menjaga berat badan

Salah satu penyebab dari sakit tulang punggung bagian tengah adalah obesitas. Hal ini dikarenakan adanya tekanan berlebih pada bagian tulang belakang Anda. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi tentu saja Anda harus menjaga berat badan agar tetap ideal dan terhindar dari nyeri tersebut.

  1. Mengangkat barang berat dengan hati-hati

Selain obesitas, nyeri punggung juga diakibatkan oleh terlalu banyak beban yang diangkat oleh Anda dan terkadang tidak melakukannya dengan hati-hati. Oleh karena itu, usahakan untuk mengangkat barang yang berat dengan hati-hati untuk mencegah sakit tulang punggung bagian tengah.

  1. Mengganti posisi tidur

Tidak hanya saat anda berjalan atau duduk, posisi tidur juga dapat memengaruhi sakit tulang punggung tengah. Jika Anda tidur dengan posisi telentang, Anda dapat menyelaraskan tulang belakang dan membuat nyeri atau sakit pada tulang punggung tengah Anda. Nah, cobalah untuk mengubah posisi tidur Anda menjadi miring dengan meletakkan guling atau bantal di lutut Anda.

Setelah mengetahui beberapa cara mengatasi dan mencegah sakit tulang punggung tengah, cobalah untuk mempraktekkan hal tersebut. Apabila rasa nyeri tidak kunjung hilang, konsultasikan kepada dokter Anda untuk perawatan yang lebih lanjut.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Mei 31, 2019 | Terakhir Diedit: Februari 3, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca