Anjuran dan Pantangan Makanan untuk Pasien Kanker Payudara

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 07/02/2020
Bagikan sekarang

Tidak ada satu makanan khusus untuk penderita kanker payudara yang bisa mencegah atau mengobati kondisi tersebut. Namun, ada beberapa makanan tertentu yang mampu menjaga kesehatan pasien kanker payudara. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Makanan untuk penderita kanker payudara

Makanan sehat tak hanya memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, tapi juga membantu memperlambat perkembangan sel kanker.

Bahkan, dengan mengonsumsi makanan sehat, tubuh Anda mampu menjalani pengobatan kanker payudara dengan lebih baik.

Berikut daftar makanan yang dianjurkan bagi pasien kanker payudara.

Sayur dan buah-buahan

kesehatan mulut dan gigi

Penelitian di The American Journal of Clinical Nutrition yang dilakukan pada lebih dari 90 ribu wanita menemukan bukti bahwa diet (pola makan) yang didominasi sayur dan buah bagus untuk tubuh.

Menjalankan pola makan ini bisa mengurangi risiko kanker payudara hingga 15 persen.

Hal ini diduga kuat berkat kandungan flavonoid dan karotenoid pada buah dan sayur. Betakaroten pada wortel misalnya diduga kuat mampu menurunkan risiko kanker payudara karena kemampuannya menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sementara itu, untuk penderita kanker payudara, makanan berupa sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli dan kangkung serta buah terutama beri dan persik sangat bagus untuk penderita kanker payudara.

Sayuran dari keluarga Cruciferous, seperti kembang kol, brokoli, dan kubis juga menjadi pilihan karena kandungan antiestrogennya.

Dilansir dari laman Breast Cancer, penderita kanker payudara dianjurkan mengonsumsi makanan tersebut minimal 5 porsi yang beragam setiap harinya.

Kebanyakan ahli diet setuju bahwa perpaduan makanan nabati mungkin lebih sehat daripada hewani.

Lemak sehat

Lemak dibutuhkan tubuh sebagai cadangan energi dan salah satu zat pembangun tubuh. Namun, tentu saja bukan sembarang lemak. Anda harus memilih lemak sehat dalam porsi makanan Anda.

Dibandingkan dengan lemak trans dan lemak jenuh, pilihlah sumber lemak tak jenuh ganda atau tunggal. Beberapa sumber lemak yang sehat, yaitu:

Ikan, misalnya, makanan yang mengandung lemak sehat asam lemak omega 3 ini baik untuk penderita kanker payudara.

Penelitian dalam jurnal Breast Cancer Research menyebutkan, wanita pengidap kanker payudara yang rutin mengonsumsi asam lemak omega 3 memiliki peluang kambuh lebih rendah 25% dalam 7 tahun setelah diagnosis.

Hal ini diduga karena asam lemak omega 3 mampu mengurangi peradangan dalam tubuh yang jadi salah satu penyebab kanker payudara.

Kedelai

Kedelai menjadi salah satu sumber makanan sehat yang dianjurkan untuk penderita kanker payudara karena kaya akan protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Tak hanya itu, kedelai juga mengandung antioksidan yang dinamakan isoflavon.

Sebuah penelitian di tahun 2017 menemukan fakta bahwa asupan isoflavon yang tinggi dikaitkan dengan penurunan angka kematian karena berbagai penyebab. Hal inilah yang membuat makanan kaya isoflavon direkomendasikan bagi penderita kanker payudara.

Kedelai biasanya diolah dalam berbagai bentuk mulai dari tahu, tempe,  hingga susu kedelai. Anda juga bisa makan kedelai edamame untuk mendapatkan manfaatnya.

Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh adalah makanan yang baik bagi penderita kanker payudara karena tidak melewati banyak proses. Hal itu membuat makanan yang satu ini kaya karbohidrat kompleks, serat, fitokimia, vitamin, dan mineral.

Dilansir dari Cleveland Clinic, peneliti di Tiongkok menemukan fakta bahwa asupan serat yang tinggi bisa mengubah kerja hormon pada kanker payudara.

Itu sebabnya makanan ini bisa membantu penderita kanker payudara menurunkan peluang kambuhnya kanker dan meringankan penyakit.

Selain itu, biji-bijian utuh juga membantu melindungi penderita kanker dari kerusakan kardiovaskular.  Pasalnya, sebagian pengobatan bisa berefek buruk pada kesehatan jantung.

Vitamin D

Dilansir dari WebMD ada penelitian yang menemukan hubungan antara rendahnya konsumsi vitamin D dengan peningkatan risiko kanker payudara. Untuk itu, penderita kanker payudara sebaiknya makan makanan yang kaya akan vitamin D seperti telur, yoghurt, jus jeruk, ikan sarden, dan tiram.

Makanan yang perlu dibatasi untuk penderita kanker payudara

lemak jenuh adalah

Selain makanan yang dianjurkan, ada beberapa jenis makanan yang dihindai penderita kanker payudara, seperti:

Gula

Gula diduga kuat membuat tumor dan sel kanker lebih mudah menyebar atau bermetastasis.

Hal ini didasarkan pada penelitian tahun 2016 pada tikus. Dalam penelitian, tikus yang makan makanan kaya gula cenderung mengembangkan tumor kelenjar susu yang mirip dengan kanker payudara pada manusia.

Oleh karenanya, penderita kanker payudara perlu membatasi jumlah gula yang dikonsumsinya.

Lemak trans dan lemak jenuh

Konsumsi lemak trans dan lemak jenuh secara berlebihan bisa memicu obesitas. Obesitas adalah salah satu faktor risiko yang menyebabkan kanker payudara kambuh di kemudian hari.

Lemak trans biasanya paling sering ditemukan pada makanan olahan, seperti makanan yang digoreng, biskuit, dan kue kering kemasan. Sementara lemak jenuh adalah lemak yang terdapat pada daging merah, produk susu, santan, mentega, dan minyak jelantah.

Daging merah

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa daging merah bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker payudara. Untuk itu daging merah jadi makanan yang sebaiknya dibatasi untuk penderita kanker payudara.

Ini karena pada dasarnya daging merah terbukti mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang cukup tinggi. Apalagi, jika Anda mengonsumsi daging merah olahan yang yang cenderung lebih tinggi lemak, garam, dan pengawet.

Alkohol

Alkohol memang bukan golongan makanan, melainkan minuman yang tak dianjurkan untuk penderita kanker payudara. Pasalnya, dilansir dari laman Breast Cancer, alkohol dapat meningkatkan kadar estrogen dan menyebabkan kerusakan DNA.

Saat mendapatkan diagnosis kanker payudara, mulailah menjalani pola hidup sehat, salah satunya dengan makanan.

Tentu Anda tak ingin perjuangan Anda mengobati kanker menjadi sia-sia karena tidak menjaga pola makan dengan baik. Untuk penderita kanker payudara, mengonsumsi makanan sehat tak hanya membuat tubuh lebih sehat. Dengan begitu, Anda memiliki kualitas hidup yang lebih baik sehingga mampu menyelesaikan pengobatan dengan lebih baik pula.

Sumber foto: My Healthy Click

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Metastase Kanker Payudara

Metastase atau penyebaran kanker payudara juga bisa disebut sebagai kanker payudara stadium 4. Temukan gejala hingga angka harapan hidupnya di sini!

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Fajarina Nurin
Kanker Payudara, Health Centers Februari 29, 2020

Apa Alat Thermal Scanner yang Dipakai untuk Mendeteksi COVID-19?

Beberapa bandara melakukan uji menggunakan thermal scanner sebagai antisipasi pencegahan coronavirus. Apa itu sebenarnya thermal scanner?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Winona Katyusha
Coronavirus, COVID-19 Februari 18, 2020

Apakah Tumor Payudara Berbahaya dan Bisa Disembuhkan?

Mengetahui adanya benjolan di payudara mungkin membuat Anda khawatir. Padahal, sering kali tumor di payudara bersifat jinak. Kenali gejalanya di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Fajarina Nurin

Manfaat Tak Terduga Nanas untuk Mencegah Perkembangan Penyakit Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan. Studi menunjukkan bahwa nanas memiliki manfaat untuk menghambat sel kanker. Benarkah demikian?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat Desember 13, 2019

Direkomendasikan untuk Anda

merawat pasien kanker payudara

7 Tips Merawat Pasien Kanker Payudara dalam Pengobatan

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Diah Ayu
Tanggal tayang April 18, 2020
seberapa sering tes mamografi

Seberapa Sering Wanita Perlu Melakukan Tes Mamografi?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila
Tanggal tayang April 7, 2020
pewarna rambut kanker payudara

Pewarna Rambut Permanen Ternyata Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal tayang April 4, 2020
periksa mamografi

Kapan Boleh Berhenti Periksa Mamografi?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila
Tanggal tayang Maret 28, 2020