9 Macam Makanan yang Berpotensi Mencegah Kanker Payudara

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 07/02/2020
Bagikan sekarang

Menerapkan pola makan sehat dapat membantu Anda terhindar dari risiko kanker payudara di kemudian hari. Berikut daftar makanan yang bisa jadi pencegah kanker payudara yang dapat Anda konsumsi mulai hari ini.

Daftar makanan pencegah kanker payudara

Perlu digarisbawahi bahwa faktanya tidak ada satu jenis makanan khusus yang benar-benar dapat jadi pencegah kanker payudara 100 persen.

Meski begitu, menjaga pola makan tetap sehat dapat membantu Anda meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mengurangi risiko terkena penyakit.

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa membantu Anda mencegah kanker payudara.

1. Sayuran berbonggol

Sayuran berbonggol yang dapat menjadi makanan pencegah kanker payudara adalah keluarga cruciferous, seperti kembang kol, sawi hijau (caisim), brokoli, dan kubis hijau.

Sayuran ini kaya akan antioksidan seperti vitamin C, E, dan K, serta tinggi glukosinolat. Glukosinolat adalah senyawa kimia dalam makanan yang diduga mampu menjadi pencegah kanker.

Merangkum banyak sumber, glukosinolat merupakan zat dalam makanan yang membantu melindungi sel dari kerusakan DNA. Zat ini juga dapat mematikan sel kanker dengan menghambat pembentukan pembuluh darah tumor dan migrasi sel tumor yang memicu metastasis.

2. Sayuran berdaun hijau gelap

Warna hijau pada sayuran biasanya menandakan kandungan antioksidan dan serat yang tinggi. Kedua bahan makanan ini menjadi amunisi sebagai pencegah kanker payudara. Semakin gelap warna daun, semakin padat pula nutrisi di dalamnya.

Antioksidan khususnya membantu melawan efek radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak sel sehat dan memicu kanker.

Adapun makanan berdaun hijau gelap yang berpotensi sebagai pencegah kanker payudara di antaranya:

  • Bayam
  • Brokoli
  • Asparagus
  • Lobak
  • Kol hijau

3. Makanan yang mengandung karotenoid

Karetonoid adalah zat pewarna oranye, kuning, atau merah pada buah dan sayuran.

Makanan yang mengandung karotenoid merupakan pencegah kanker payudara yang baik karena mengandung vitamin A, lutein, beta karoten, dan likopen. Semua bahan ini diduga kuat mampu melawan radikal bebas penyebab kanker.

Beberapa makanan mengandung karotenoid yang berpotensi menjadi pencegah kanker, yaitu:

  • Wortel
  • Tomat
  • Kol
  • Aprikot
  • Ubi jalar

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa makan makanan tinggi karotenoid bisa mengurangi risiko atau mencegah kanker payudara. Masih dibutuhkan lebih banyak bukti dari penelitian yang lebih luas untuk memastikan anggapan tersebut.

Namun, tentu tidak ada salahnya untuk makan makanan yang diduga mampu jadi pencegah kanker payudara ini dalam menu harian Anda.

4. Makanan yang mengandung apigenin

Apigenin adalah jenis antioksidan flavonoid dalam buah-buahan, sayuran, dan herbal tertentu. Antioksidan ini diketahui memiliki sifat antiradang.

Menurut sebuah penelitian tahun 2010 dalam jurnal HHS Public Access, apigenin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara HER2.

Namun, diperlukan lebih banyak lagi penelitian untuk membuktikan kesimpulan tersebut sampai akhirnya bisa dijadikan acuan.

Beberapa makanan yang mengandung senyawa apigenin, antara lain:

5. Makanan tinggi asam lemak omega 3

Makanan tinggi asam lemak omega 3 tergolong sebagai pencegah kanker payudara yang fungsinya meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Asam lemak omega 3 merupakan kandungan nutrisi yang terdapat dalam:

Asam lemak omega 3 juga terdapat dalam sumber lemak sehat seperti alpukat dan minyak zaitun.

Sebuah penelitian pada tahun 2015 menemukan fakta menarik tentang pengaruh omega 3 pada wanita obesitas yang memiliki payudara padat. Wanita berpayudara padat dilaporkan enam kali lebih mungkin terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang kurang padat.

Penelitian tersebut memperlihatkan bahwa kepadatan payudara menurun seiring dengan konsumsi asam lemak omega 3.

Dengan menurunkan kepadatan jaringan payudara, risiko kanker payudara pun dianggap menurun. Namun lagi-lagi, masih dibutuhkan penelitian yang lebih mendalam untuk membuktikan kandungan makanan diduga pencegah kanker payudara ini.

6. Makanan yang mengandung lignan dan saponin

Lignan dan saponin adalah polifenol yang kemungkinan besar memiliki sifat antikanker. Ini karena polifenol termasuk antioksidan yang mampu melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Beberapa bahan makanan yang mengandung senyawa ini untuk pencegah kanker payudara, antara lain:

7. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh termasuk salah satu makanan pencegah kanker payudara yang mungkin belum banyak diketahui. Bahan makanan yang satu ini  tidak melewati banyak proses sehingga nutrisi di dalamnya cenderung padat dan tidak terkikis.

Makanan berupa biji-bijian utuh ini mengandung karbohidrat kompleks, fitokimia, serat, vitamin, dan mineral yang berpotensi mencegah kanker payudara.

Situs Cleveland Clinic menyebutkan bahwa para peneliti di dataran Tiongkok menemukan bahwa asupan serat yang tinggi bisa mengubah kerja hormon pada kanker payudara. Alhasil, risiko kanker payudara bisa dikurangi.

Adapun makanan yang termasuk ke dalam biji-bijian utuh yaitu:

8. Kedelai

Kedelai adalah sumber protein, serat, vitamin B, zat besi, kalsium, dan isoflavon. Dilansir dari laman Stanford Health Care, berbagai kandungan ini punya efek untuk kanker payudara.

Kedelai mampu mengikat estrogen dan bisa mengurangi risiko kanker yang berhubungan dengan hormon, seperti payudara dan prostat.

Namun memang tak sedikit juga infromasi yang menyatakan bahwa kedelai justru bisa memicu kanker payudara. Selama memakannya dalam batas norma, Anda tetap bisa mendapatkan manfaatnya.

9. Buah beri

Buah beri, seperti blueberry, stroberi, dan raspberry hitam mengandung polifenol dalam jumlah tinggi. Seperti yang telah disebutkan, polifenol termasuk senyawa antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dan sebagai antikanker.

Oleh sebab itu, buah beri bisa jadi salah satu makanan yang masuk dalam kategori pencegah kanker payudara untuk Anda konsumsi setiap hari.

Biasakan makan sehat mulai sekarang

Untuk mencegah kanker payudara, kunci utama yang perlu Anda ingat dalam mengatur menu makan adalah gizi seimbang.

Anda perlu lebih cermat memilah dan memilih asupan makanan yang masuk ke tubuh.

Jauhi sumber lemak buruk seperti lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jenuh biasanya banyak terdapat dalam daging merah, santan, produk susu, mentega, dan minyak jelantah. Sementara lemak trans adalah lemak yang biasanya terdapat dalam makanan yang digoreng seperti biskuit dan makanan kemasan.

Selain itu, kurangi makan makanan olahan karena zat gizinya cenderung sangat minim dan sama sekali tak membantu sebagai pencegah kanker payudara. Batasi juga konsumsi gula atau makanan manis karena dapat memicu peradangan di dalam tubuh penyebab kanker.

Bahkan, gula diduga membuat tumor dan sel kanker payudara cenderung menyebar atau bermetastasis.

Makanlah sayur dan buah yang beragam setiap harinya agar nutrisi yang didapat pun bervariasi. Hindari pula memasak sayur terlalu matang agar zat gizi di dalamnya tetap terjaga.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Rutin Melakukan Seks Bisa Mencegah Kanker Payudara?

Banyak yang mengatakan jika seks adalah salah satu cara mencegah kanker payudara. Sebenarnya, hal ini fakta atau mitos? Bagaimana seks bisa cegah kanker?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji

7 Manfaat Kesehatan Luar Biasa Bagi Perempuan yang Menjadi Seorang Ibu

Tentu bangga rasanya ketika Anda berhasil membesarkan dan mendidik buah hati sedari kecil. Namun, manfaat menjadi seorang ibu bukan cuma itu!

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik Desember 22, 2017

8 Tips Mengurangi Risiko Kanker Payudara Jika Ada Keturunan di Keluarga

Jika Anda mempunyai keturunan kanker payudara, jangan berkecil hati. Anda bisa mengontrol faktor risiko lingkungan untuk mengurangi risiko kanker payudara.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Arinda Veratamala

5 Ekstrak Tanaman yang Terbukti Bisa Mencegah Kanker

Banyak tanaman telah dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mencegah penyakit, termasuk kanker. Apa saja ekstrak tanaman yang dapat mencegah kanker?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Arinda Veratamala

Direkomendasikan untuk Anda

periksa mamografi

Kapan Boleh Berhenti Periksa Mamografi?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila
Tanggal tayang Maret 28, 2020
tomat mencegah kanker payudara

Tomat Dapat Membantu Mencegah Kanker Payudara

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal tayang Februari 10, 2020
mammografi adalah

Yang Perlu Disiapkan Sebelum Anda Menjalani Tes Payudara Mammografi

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Ajeng Quamila
Tanggal tayang November 11, 2019
cara mencegah kanker payudara

8 Cara Efektif untuk Mencegah Kanker Payudara

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Widya Citra Andini
Tanggal tayang Agustus 21, 2019