Rutin Minum Obat HIV Itu Penting, Tapi Bagaimana Cara Mengingatnya?

Oleh

Hidup dengan HIV mengharuskan Anda untuk mematuhi jadwal pengobatan. Dengan begitu banyak obat yang diresepkan, kadang ini bisa membuat Anda kewalahan untuk mengingat kapan dan berapa banyak yang harus Anda konsumsi. Kami ingin berbagi beberapa tips yang dapat membantu Anda mengingat untuk minum obat HIV Anda.

Kenapa penting untuk minum obat HIV tepat waktu?

Virus HIV mereproduksi salinan dirinya ketika virus tersebut masuk ke dalam tubuh Anda. Obat-obatan HIV dapat mencegah virus melakukan proses ini. Namun, penggunaan dosis obat HIV yang tidak tepat akan membuat obat jadi tidak efektif bekerja melawan virus. Kondisi ini disebut resistensi obat. Setelah Anda menjadi kebal terhadap suatu obat HIV, Anda harus berhenti mengonsumsinya dan menggantinya dengan obat yang lain.

Aturan minum obat HIV

Bacalah petunjuk obat HIV dengan seksama untuk menghindari risiko resistensi obat yang berbahaya. Ini akan membantu Anda untuk memahami cara penggunaannya. Ikuti petunjuknya tanpa terkecuali. Berikut adalah beberapa petunjuk yang biasa Anda lihat dan artinya:

  • Minum dua kali sehari artinya dosis pertama harus diminum pada pagi hari dan dosis kedua untuk digunakan sekitar 12 jam kemudian. Misalnya, jika Anda minum dosis pertama pada jam 8 pagi, dosis kedua harus dikonsumsi pada jam 8 malam.
  • Minum tiga kali sehari, berarti ketiga dosis harus diminum dengan jarak per 8 jam. Jika dosis pertama diminum pada jam 7 pagi, Anda harus minum dosis kedua 8 jam kemudian pada jam 3 sore. Dosis ketiga harus diminum 8 jam kemudian, yaitu pada jam 11 malam.
  • Minum setelah makan atau “Minum dengan makanan” berarti Anda harus makan sesuatu sebelum minum obat HIV Anda. Jika Anda tidak ingin makan seporsi penuh, makanlah camilan besar, seperti roti lapis selai kacang, biskuit dengan susu, atau granola bar dan yogurt.
  • Minum denga perut kosong berarti Anda harus minum obat tersebut setidaknya 1 jam sebelum atau 2 jam setelah Anda makan camilan atau makanan berat.

Begini caranya supaya terus ingat untuk minum obat HIV tepat waktu

Berikut merupakan beberapa tips yang berguna untuk Anda mengingat untuk minum obat HIVAnda tepat waktu:

  • Lakukanlah “uji coba” sebelum Anda mulai mengonsumsi obat-obatan HIV untuk melihat jika Anda mengalami kesulitan untuk taat pada jadwal
  • Gunakanlah kotak pil dengan kotak yang terpisah untuk setiap harinya dalam seminggu.
  • Buatlah “pak dosis” untuk pil yang harus Anda bawa ketika meninggalkan rumah.
  • Buatlah rincian jadwal harian untuk waktu untuk minum obat, waktu untuk makan, dan apa yang harus dimakan. Pilihlah satu aktivitas harian — seperti berangkat kerja atau menonton acara TV kesukaan Anda— dan minum pil Anda di waktu tersebut setiap harinya
  • Gunakanlah jam tangan dengan alarm. Atur alarm untuk setiap waktu Anda harus minum obat.
  • Carilah “teman dosis” — seseorang yang juga mengonsumsi obat-obatan HIV sehingga Anda dapat saling mengingatkan satu sama lain supaya tetap mengikuti jadwal.
  • Simpan bersama semua informasi resep obat-obatan HIV Anda di satu tempat, dengan nomor telepon darurat. Beli ulang obat Anda setidaknya satu minggu sebelum akan habis sehingga Anda tidak kehabisan obat-obatan sama sekali.

Jangan biarkan pemikiran bahwa dengan memiliki HIV akan merobohkan Anda. Lakukanlah penelitian mengenai pengobatan HIV dan diskusikanlah dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Mengonsumsi obat-obatan HIV merupakan bagian yang penting dalam memerangi HIV Anda. Ingatkan diri Anda bahwa tidak ada yang lebih penting dari kesehatan Anda — dan bahwa tidak ada yang akan menghalangi Anda meminum obat HIV Anda sesuai jadwal. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan manfaat optimal dari obat-obatan tersebut dan memiliki peluang terbaik untuk mengalahkan HIV.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca