Junk Food Bikin Asam Lambung Naik, Kok Bisa?

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Asam lambung naik merupakan sebuah kondisi saat asam lambung menyebabkan nyeri atau sensasi panas di area ulu hati. Nyeri terjadi karena asam lambung “naik” ke area kerongkongan, sebuah jalur makanan yang masuk dari mulut untuk menuju lambung. Dari segala pemicunya, mengonsumsi junk food juga menyebabkan asam lambung naik. Simak alasan dan apa saja obat alami untuk asam lambung naik berikut ini.

Alasan junk food menyebabkan asam lambung naik

Setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi akan masuk ke dalam perut. Saat menelan, otot halus serupa cincin (sfingter esofagus bawah) pada kerongkongan bagian bawah akan melonggar agar konsumsi makanan dapat menuju perut.

Setelah itu, otot tersebut akan kembali merapat. Asam lambung naik terjadi saat otot halus tersebut melemah atau bertindak tidak wajar sehingga memungkinkan asam lambung naik ke area tersebut dan menimbulkan heartburn di area ulu hati.

Studi yang berjudul Assessment of dietary nutrients that influence perception of intra‐oesophageal acid reflux events in patients with gastro‐oesophageal reflux disease, menyimpulkan bahwa lemak jenuh, kolesterol, dan kalori dari lemak berkaitan erat dengan terjadinya refluks atau aliran cairan yang tidak sesuai dengan gerakan normal.

Sederhananya, dalam kasus ini, refluks menyebabkan asam lambung malah naik. Penelitian yang sama juga mendukung hipotesis kalau kandungan pada lemak seakan mendorong otot halus kerongkongan bagian bawah untuk bertindak abnormal sehingga menyebabkan kenaikan asam lambung.

Lantas, apa hubungannya junk food dengan hal-hal di atas? Makanan jenis ini menyebabkan asam lambung naik karena umumnya memiliki kadar lemak dan kalori yang tinggi.

Ditambah lagi, hidangan sampingan dan minuman yang kerap disajikan bersamaan dengan junk food cukup akrab dengan angka kalori yang tinggi, seperti minuman bersoda.

Kemudian, ada juga penjelasan dari studi lainnya. Alasan mengenai mengapa junk food menyebabkan asam lambung naik karena konsumsi makanan tinggi lemak, asin, manis, pedas, atau bertekstur keras berkaitan dengan berkurangnya kekencangan otot halus kerongkongan bawah dan memperlambat pengosongan lambung. Ini bisa memicu kerongkongan bawah terpapar asam lambung yang naik.

Hal-hal tersebut merupakan faktor risiko dari penyakit Gastroesophageal reflux disease (GERD). GERD adalah sebuah kondisi saat asam lambung naik ke kerongkongan.

Obat alami asam lambung naik

Walaupun junk food menyebabkan asam lambung naik, masalah ini dapat diatasi. Gejala-gejala umum akibat asam lambung naik sendiri mencakup nyeri ulu hati, muntah, dan kembung. Saat hal-hal tersebut terjadi, bahan-bahan yang berasal dari alam dapat membantu mengatasi gejala-gejala akibat gangguan lambung.

Kunyit

Senyawa kurkumin dari kunyit memiliki karakteristik antiperadangan. Sifat antiperadangan ini dapat mencegah peradangan pada jaringan kerongkongan. Senyawa ini juga dipercaya dapat mengatasi masalah saluran pencernaan, seperti kembung.

Jahe merah

Ekstrak jahe, sebagai obat alami asam lambung, bermanfaat untuk:

  • Mengatasi mual dan muntah
  • Menghilangkan kembung
  • Mempercepat pengosongan lambung

Saat junk food menyebabkan asam lambung naik, bahan rumahan satu ini dapat menjadi pilihan untuk menanganinya.

Madu dan royal jelly

Madu dan royal jelly dapat membantu gejala nyeri ulu hati dan muntah yang dirasakan saat asam lambung naik. Madu yang dikonsumsi akan melapisi lapisan kerongkongan dan perut dan mencegah asam lambung naik.

Jaringan otot halus kerongkongan bawah juga terbantu pemulihannya sehingga mengurangi risiko asam lambung naik terjadi lagi. Selain itu, royal jelly membantu dalam penyembuhan luka yang mungkin terjadi di dalam tubuh.

Adas

Adas alias fennel juga memiliki sifat antiperadangan, seperti kunyit. Oleh karena itu, obat alami asam lambung ini dapat membantu ketidaknyamanan akibat asam lambung naik.

Ananas

Enzim bromelain pada buah nanas mampu memecah protein. Protein yang dapat dipecah dengan cepat sama dengan perut yang kosong lebih cepat sehingga tidak ada gas berlebih pada lambung.

Akar manis

Akar manis alias licorice telah terbukti efektif di banyak penelitian. Alasan akar manis menjadi penolong saat junk food menyebabkan asam lambung naik adalah khasiatnya membantu melapisi lapisan kerongkongan manusia. Alhasil, luka akibat asam lambung dapat dipercepat penyembuhannya.

Daun mint

Jenis daun mint, seperti peppermint, membantu pengosongan lambung menjadi lebih cepat. Selain itu, kandungan daun mint juga membantu mengatasi keram perut. Namun, tidak boleh dikonsumsi oleh pasien GERD.

Singkat kata, mengonsumsi junk food terlalu banyak atau sering memang dapat menyebabkan asam lambung naik. Apabila ini terjadi, Anda dapat mencoba obat alami untuk asam lambung naik untuk meredakan gejala-gejala yang dirasakan. 

Perlu diingat walaupun dari bahan alami, harus tetap memperhatikan cara penggunaan dan batasan dalam jumlah penggunaan, sehingga efektifitas dan keamanan bahan alam tersebut dapat dinikmati.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Jenis Minyak Esensial untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan bisa sangat mengganggu dan menyusahkan. Berbagai pengobatan pun Anda coba. Nah, sudahkah Anda menggunakan minyak esensial?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 13 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Studi: Makan Satu Porsi Junk Food Saja Sudah Bisa Turunkan Konsentrasi

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa lemak jenuh pada junk food bisa menurunkan konsentrasi, bahkan sekalipun Anda cuma makan satu porsi.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 6 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

4 Komplikasi Gastritis yang Patut Diwaspadai

Apa Anda punya gastritis? Mulai sekarang jangan sepelekan gejalanya, karena gastritis bisa menyebakan komplikasi. Apa saja? Cari tahu di sini.

Ditulis oleh: Aprinda Puji
Gastritis, Health Centers 23 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit

Pengobatan Gastritis, Mulai dari Perawatan Dokter Hingga Cara Alami

Munculnya gejala gastritis bisa mengganggu aktivitas. Jangan khawatir, simak pengobatan gastritis berikut ini agar gejalanya tidak lagi kumat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Gastritis, Health Centers 18 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

perut kosong hindari makan pedas dan asam

Kenapa Makanan Pedas Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
perut panas setelah makan; perut perih setelah makan; perut mulas

Perut Panas dan Ulu Hati Sakit Setelah Makan? Begini Mengatasinya

Ditulis oleh: Priscila Stevanni
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
makan tidak teratur

6 Dampak Buruk Akibat Makan Tidak Teratur

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 3 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
obat maag alami herbal asam lambung

Manfaat Bahan-bahan Herbal untuk Pengobatan Gangguan Lambung

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 18 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit