Penyebab Anda Sering Diare Saat Sedang Haid

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Tidak sedikit wanita yang mengeluh saat sedang memasuki masa menstruasi atau haid. Selain kram perut, diare saat mens juga banyak dikeluhkan oleh para wanita. Gangguan pencernaan ini ternyata sering dialami oleh kaum wanita ketika sedang mens. Lalu apa kaitan masa menstruasi dengan diare? Bagaimana bisa menstruasi menyebabkan diare?

Diare saat mens, apakah wajar?

Sebenarnya diare adalah gangguan pencernaan yang sangat normal terjadi dan dapat terjadi pada siapapun. Orang dewasa saja diketahui mengalami hal ini sebanyak 4 kali dalam satu tahun. Banyak hal yang dapat menyebabkan Anda mengalami diare, misalnya mengonsumsi makanan yang tidak bersih, alergi terhadap makanan, atau efek samping dari suatu obat tertentu.

Diare saat mens juga masih tergolong wajar, karena hal ini mungkin terjadi akibat perubahan fungsi tubuh ketika masa haid. Namun Anda harus waspada bila diare yang Anda alami berlangsung lama atau terjadi dalam jumlah banyak dan sering hingga Anda merasa lemas. Jika mengalami hal tersebut Anda harus segera periksakan diri ke dokter.

Apa penyebab diare saat haid?

Diare saat mens dapat disebabkan oleh perubahan fungsi tubuh yang terjadi ketika masa tersebut. Ya, ketika Anda haid, maka tubuh akan secara otomatis melakukan beberapa respon, seperti mengeluarkan berbagai hormon dan akhirnya mengubah kondisi Anda.

Meskipun sampai saat ini belum ada alasan yang jelas mengapa wanita mengalami diare saat mens, namun beberapa ahli menyatakan bahwa hal tersebut bisa dikaitkan dengan kram perut yang diakibatkan oleh perubahan hormon prostaglandin di dalam tubuh.

Prostaglandin merupakan hormon yang berperan penting dalam sistem reproduksi wanita. Saat memasuki masa menstruasi, hormon prostaglandin akan muncul dan menyebabkan beberapa gejala menstruasi seperti perut kram dan dismenore.

Pada sebagian wanita, hormon prostaglandin ini terkadang juga memengaruhi gerakan usus, sehingga membuat usus mengalami gangguan ketika mencerna makanan. Oleh karena itu, efek gangguan pencernaan yang dialami oleh wanita ketika haid cukup beragam. Tak hanya diare saja, namun beberapa di antaranya mengalami sembelit.

Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi diare saat mens?

Apabila diare ini sudah menjadi gejala ‘langganan’ yang muncul ketika Anda sedang PMS hingga menstruasi, maka Anda dapat mencegahnya dengan mengonsumsi obat-obatan yang berfungsi untuk mengatasi diare, seperti loperamide. Namun, sebelum memutuskan mengonsumsi obat-obatan tersebut ada baiknya Anda konsultasikan hal tersebut ke dokter.

Anda juga bisa menghindari berbagai macam pemicu yang dapat membuat gangguan pencernaan Anda semakin parah. Misalnya, hindari jajan sembarangan serta makanan yang sangat pedas. Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang mengandung jenis serat larut air, seperti apel, wortel, atau kacang-kacangan. Makanan tersebut akan membantu mengatasi diare yang terjadi pada Anda.

Namun jika, diare yang Anda alami diiringi juga dengan gejala seperti ada darah di dalam kotoran atau sakit perut yang tak tertahankan, bisa jadi kondisi ini tak sekadar akibat sindrom pramenstruasi (PMS) saja. Anda mungkin mengalami radang atau infeksi pada dinding rahim, sehingga sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juni 29, 2017 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca