Perlu Tahu! Segudang Tanda Cacingan yang Sering Diabaikan

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Masalah cacing di dalam perut tidak boleh dianggap sepele. Penyakit cacingan dapat menimbulkan masalah kesehatan serius. Kondisi ini pun tak hanya terjadi pada anak kecil, tetapi juga pada orang dewasa. Yuk, kenali lebih lanjut tentang penyebab cacingan, tanda yang sering diabaikan, dan cara mengatasinya di bawah ini.

Ragam jenis dan tanda cacingan

Penyakit yang disebabkan oleh cacing terdiri dari berbagai macam jenis. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis dan tanda serta gejala apabila terkena infeksi cacing.

Cacing gelang

cara mencegah anak cacingan

Askariasis merupakan jenis cacingan yang disebabkan oleh cacing gelang. Penyakit ini suka diabaikan karena tidak ada tanda atau gejala yang ditunjukkan sejumlah orang yang terkena askariasis. Adapun tanda-tanda seseorang mengalami askariasis adalah:

  • Sakit perut, dari ringan hingga parah
  • Demam
  • Muntah
  • Batuk

Jika dibiarkan, infeksi berat dari cacing gelang dapat menyebabkan saluran pencernaan tersumbat dan pertumbuhan anak terhambat.

Cacing tambang

Cacing tambang merupakan cacing parasit penyebab infeksi hookworm. Orang yang mengalami infeksi akibat cacing tambang dapat mengalami:

  • Gatal dan ruam pada kulit yang terjadi karena cacing tambang berhasil masuk ke dalam tubuh melalui kulit
  • Sakit perut
  • Diare
  • Demam

Infeksi hookworm juga dapat menyebabkan kulit menjadi pucat. Kemudian, saat cacing tambang yang masih kecil berhasil masuk melalui kulit dan masuk ke usus halus, mereka dapat hidup di dalam sana selama 1 tahun atau lebih. Parasit yang hidup di dalam usus halus ini dapat menimbulkan masalah kekurangan protein, anemia karena kekurangan zat besi, hingga mudah lelah.

Cacing cambuk

obat cacing balita

Cacing gelang, cacing tambang, dan cacing cambuk merupakan ketiga jenis penyebab infeksi cacing di dalam usus. Seseorang yang terinfeksi oleh parasit satu ini dapat menunjukkan tanda dan gejala:

  • Buang air besar berdarah
  • Diare
  • Sakit perut

Pada kasus yang parah, cacingan karena cacing cambuk dapat memicu prolaps rektum. Sementara itu, anak-anak yang mengalami infeksi cacing cambuk yang berat memiliki risiko pertumbuhan yang terhambat bahkan mengalami gangguan perkembangan kognitif.

Cacing kremi

Infeksi cacing kremi merupakan infeksi cacing yang paling umum terjadi. Tanda seseorang mengalami infeksi cacing kremi adalah:

  • Gatal pada area anus
  • Perubahan perilaku, seperti mudah marah
  • Nafsu makan menurun

Cacing pita

malnutrisi adalah

Infeksi cacing pita terjadi karena mengonsumsi hidangan atau minuman yang terkontaminasi oleh larva atau telur dari cacing pita. Cacing pita dapat menginfeksi saluran pencernaan dan jaringan tubuh sekitar di luar saluran pencernaan. Sejumlah hal yang mungkin terjadi dari cacingan jenis ini adalah:

  • Mual
  • Berat badan turun
  • Kekurangan nutrisi karena cacing mengambil nutrisi dari makanan
  • Kista apabila cacing pita menginfeksi jaringan tubuh di luar saluran pencernaan

Penyebab cacingan

Infeksi cacing bukan hanya sekadar masalah pada anak kecil atau di negara berkembang. Cacing parasit juga dapat menjadi masalah di kota-kota besar, menghantui usus orang dewasa, dan menular dengan mudah di dalam keluarga. Beberapa penyebab timbulnya infeksi cacing adalah:

  • Kontak dengan permukaan yang tidak disadari merupakan tempat telur cacing
  • Mengonsumsi sesuatu yang terkontaminasi telur cacing
  • Cacing masuk melalui kulit ketika berjalan tanpa alas kaki di atas tanah
  • Mengonsumsi daging setengah matang atau mentah yang terdapat bayi cacing di dalamnya
  • Disebarkan oleh hewan peliharaan, tetapi ini amat jarang terjadi

Infeksi dan penularan cacing adalah hal yang mudah terjadi. Kondisi ini dapat mudah berkembang di lingkungan yang tidak bersih. Tambahan lagi, banyak cara cacing dapat masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu, masalah ini tidak hanya sekadar penyakit anak kecil dan dapat menyebar di lingkungan keluarga. Saat infeksi cacing terjadi terhadap salah satu orang dalam keluarga, seluruh anggota keluarga di dalam 1 rumah juga disarankan untuk melakukan pengobatan infeksi cacing, bukan hanya yang menunjukkan gejala saja.

Cara mengobati dan mencegah cacingan

Jangan meremehkan infeksi cacing. Infeksi cacing membuat nutrisi yang dikonsumsi menjadi sia-sia, anemia, kekurangan zat besi dan protein, sehingga menyebabkan komplikasi yang membutuhkan tindakan medis. Untuk mengatasi, konsumsi obat cacing dapat membantu melumpuhkan cacing di dalam sistem pencernaan.

Menurut studi Treatment Options and Considerations for Intestinal Helminthic Infections, salah satu obat yang mampu mengatasi infeksi cacing adalah obat yang mengandung pirantel pamoat (pyrantel pamoate). Obat ini melumpuhkan cacing agar tidak terus-menerus berkembang.

Kemudian, konsumsi obat pirantel pamoat berikutnya bertujuan untuk mencegah infeksi terjadi kembali karena adanya cacing yang menetas dari telur yang tidak musnah dari pengobatan pertama. Obat pirantel pamoat merupakan obat bebas terbatas sehingga tidak perlu resep dokter. Tersedia dalam berbagai bentuk dan rasa untuk melindungi setiap anggota keluarga, baik yang masih kecil atau sudah dewasa dari infeksi cacing.

Singkat kata, ayo saling jaga sesama dari infeksi cacing supaya tidak mengganggu kesehatan. Parasit dapat mudah masuk ke dalam tubuh di lingkungan yang tidak bersih. Mari mencegah infeksi cacing dengan:

  • Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih mengalir
  • Mencuci buah dan sayur sebelum diolah atau disantap
  • Mendidik anak mengenai cara menjaga kebersihan
  • Menjaga kesehatan hewan peliharaan

Dengan begitu, lingkungan dapat terbebas dari cacingan dan bahaya dari komplikasi yang dapat terjadi. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), obat cacing dapat dikonsumsi setiap 6 bulan sekali untuk mencegah cacingan.

Cek Arti Warna Feses Bayi

Kebanyakan orangtua baru mungkin akan bingung apakah feses bayi mereka normal atau tidak. Wajar, sebab terdapat beragam warna dan tekstur yang mungkin belum pernah dilihat sebelumya.

Cari Tahu di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ciri-ciri Ada Cacing di Mata Anda dan Bagaimana Mengobatinya

Cacing loa-loa adalah jenis cacing yang sering bersarang di mata Anda. Apa penyebab cacing di mata, seperti apa gejalanya, dan bagaimana mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Tips Sehat 7 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Perut Begah Akibat Makan Kekenyangan? Ini Cara Cepat Mengatasinya

Setelah makan kekenyangan, Anda baru akan merasakan efeknya, yaitu perut begah. Rasanya sungguh tidak nyaman, kan? Segera redakan dengan tips-tips ini!

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 2 September 2020 . Waktu baca 3 menit

6 Dampak Buruk Akibat Makan Tidak Teratur

Memang benar makan tidak teratur bisa bikin Anda cepat gemuk. Tapi dari sisi kesehatan, ada banyak efek samping buruk lainnya. Apa saja?

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Nutrisi, Hidup Sehat 3 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Cacingan Bisa Menyebabkan Stunting pada Anak?

Cacingan masih menjadi masalah kesehatan yang mengkhawatirkan. Belum lagi cacingan diduga bisa jadi penyebab stunting pada anak. Cari tahu lebih jauh, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Konten Bersponsor
penyebab stunting
Kesehatan Anak, Parenting 10 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

resep gluten free

10 Ide Resep Makan Siang Gluten Free

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 12 menit
ciri cacingan pada anak

Ciri-Ciri Anak Cacingan Berdasarkan Jenis Cacingnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 5 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
penyakit infeksi pada anak

9 Penyakit Infeksi pada Anak yang Rentan Menyerang

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 7 menit
obat cacing kremi

Obat Paling Ampuh untuk Menghilangkan Cacing Kremi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 5 menit