Bagaimana Stretch Mark pada Pria Bisa Muncul?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Stretch mark memang identik dengan wanita, terutama wanita hamil. Namun, kaum adam pun mungkin saja mengalami  stretch mark dengan berbagai penyebab. Bagaimana stretch mark pada pria bisa muncul? Apa saja penyebabnya? Berikut ulasannya.

Alasan munculnya stretch mark pada pria

Umumnya, stretch mark yang dialami pria sama dengan yang dimiliki wanita. Stretch mark atau dalam istilah medis disebut striae distensae merupakan garis-garis halus dan panjang yang terjadi pada kulit. Garis-garis ini terbentuk ketika kulit meregang atau menyusut secara tiba-tiba.

Saat kulit meregang atau menyusut lebih cepat dari biasanya, komponen elastisitas kulit yang disebut kolagen menjadi pecah dan lapisan tengah kulit yang disebut dermis menjadi robek. Pada akhirnya, terbentuklah garis-garis halus pada lapisan kulit teratas (epidermis) di area kulit yang meregang tersebut.

Stretch mark bisa terjadi di bagian kulit mana pun.  Namun, umumnya, stretch mark pada pria muncul pada bagian bahu, punggung, pinggul, perut, betis, bokong, dan paha.

Stretch mark pun memiliki dua fase perkembangan. Pada kemunculan pertamanya, garis-garis stretch mark akan nampak berwarna merah atau ungu. Kulit pun akan sering terasa gatal.

Seiring waktu, stretch mark cenderung berubah warna putih atau tidak memiliki warna dan terlihat lebih rendah dari kulit di sekitarnya. Bila sudah seperti ini, mengatasi stretch mark akan lebih sulit.

Pada dasarnya, stretch mark tidak berbahaya. Namun, kemunculannya dapat mengganggu penampilan sehingga kerap menimbulkan stres.

Berbagai penyebab stretch mark pada pria

Sejauh ini, belum ada penyebab pasti munculnya stretch mark di kulit. Namun, dokter berpikir kemunculan stretch mark merupakan kombinasi antara tiga faktor, yaitu hormon, peregangan kulit, dan perubahan sel-sel kulit.

Selain itu, kemunculan stretch mark juga bisa karena faktor genetik. Bila seseorang dari keluarga Anda memiliki stretch mark, Anda pun berpotensi unuk mendapatkannya. Berikut beberapa potensi penyebab stretch mark yang mungkin terjadi pada pria.

  • Pertambahan atau penurunan berat badan

Stretch mark umumnya terjadi karena pertambahan atau penurunan berat badan secara cepat atau obesitas. Pada saat ini terjadi, terjadi penumpukan atau penurunan lemak secara drastis hingga menyebabkan kemunculan garis vertikal pada kulit bagian perut dan sekitarnya.

  • Pertumbuhan yang cepat pada masa pubertas

Pada masa pubertas pun rentan mengalami stretch mark. Saat seorang pria mengalami pubertas, ada peregangan horizontal pada kulit yang terjadi di bagian lengan atas, paha, bokong, dan punggung.

  • Pembentukan otot atau bodybuilding

Saat melakukan olahraga atau latihan angkat beban untuk pembentukan otot (bodybuilding), otot akan bertumbuh secara cepat sehingga memicu stetch mark. Biasanya, stretch mark karena bodybuilding ini terjadi di tepi luar otot dada atau di lekukan bahu.

  • Penyakit adrenal menyebabkan stretch mark pada pria

Selain ketiga hal di atas, stretch mark pun mungkin terjadi pada pria yang memiliki gangguan kelenjar adrenal, seperti diabetes, sindrom Cushing, sindrom Marfan, sindrom Ehlers-Danlos, dan scleroderma. Dilansir dari VeryWellHealth, hal ini bisa terjadi karena penyakit-penyakit tersebut dikatikan dengan adanya kelebihan hormon kortikosteroid.

Kortikosteroid mengatur produksi sel-sel kulit yang dikenal sebagai keratinosit di epidermis dan fibroblas di dermis. Adapun fibroblas sangat penting untuk menghasilkan kolagen yang digunakan tubuh untuk menjaga elastisitas kulit. Bila hormon kortikosteroid berlebih, kolagen yang diproduksi menjadi lebih sedikit sehingga kulit menjadi kurang elastis dan bisa terbentuk stretch mark.

  • Pemakaian krim kortikosteroid

Selain keempat hal di atas, penggunaan krim kortikosteorid untuk jangka waktu yang lama pun bisa menyebabkan stretch mark pada kaum adam. Krim yang mengandung kortikosteroid biasanya ditemui pada hidrokortison yang diresepkan dokter untuk mengobati eksim.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Cara Terbaik untuk Menghilangkan Stretch Mark di Bokong (dari Dokter dan Perawatan Rumahan)

Stretch mark tidak cuma muncul di paha atau perut, bokong juga bisa. Tenang dulu, ada banyak pilihan cara menghilangkan stretch mark di bokong. Yuk, intip!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Kecantikan 26 Oktober 2018 . Waktu baca 4 menit

Selulit Atau Stretch Mark, Mana, Sih, yang Lebih Sulit Dihilangkan?

Meski sering dianggap sama, nyatanya selulit dan stretch mark adalah dua masalah kulit yang berbeda. Apa saja bedanya? Dan mana yang susah dihilangkan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dermatologi, Health Centers 10 September 2018 . Waktu baca 4 menit

Cara Medis dan Alami untuk Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan

Menghilangkan stretch mark setelah hamil dan melahirkan jadi tantangan tersendiri bagi para wanita. Nah, seperti apa cara aman yang bisa dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Melahirkan, Kehamilan 2 Agustus 2018 . Waktu baca 11 menit

6 Manfaat Hebat Cocoa Butter untuk Kulit dan Bibir Anda

Cocoa butter memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kulit. Berikut ini beberapa kandungan dan manfaat cocoa butter untuk kulit Anda.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Hidup Sehat, Kecantikan 20 Desember 2017 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

masalah kulit setelah melahirkan

4 Masalah Kulit yang Mungkin Muncul Usai Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2019 . Waktu baca 3 menit
penyebab stretch mark

Stretch Mark di Bahu Mengganggu Penampilan? Begini Cara Mudah Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 12 Februari 2019 . Waktu baca 5 menit
manfaat daun pegagan

3 Manfaat Centella Asiatica (Daun Pegagan) untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Anda

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2018 . Waktu baca 4 menit
mengatasi stretch mark

Berbagai Cara yang Efektif Mengatasi Stretch Mark Membandel di Pinggul

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 16 November 2018 . Waktu baca 4 menit