Tips Memilih Sampo dan Salep Terbaik untuk Penderita Psoriasis di Kulit Kepala

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 April 2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Kulit kering gatal kemerahan yang dilapisi sisik putih keperakan adalah ciri khas dari psoriasis. Ruam psoriasis biasanya timbul pada siku dan lutut. Namun, beberapa orang mungkin mengalami psoriasis pada kulit kepala mereka. Kondisi ini dapat menimbulkan dampak yang menurunkan kualitas hidup penderitanya. Untungnya pengobatan psoriasis cukup bervariasi, mulai dari obat topikal seperti salep hingga sampo dengan kandungan khusus. Lantas, jenis salep dan sampo seperti apa yang efektif untuk mengatasi psoriasis di kulit kepala?

Tips memilih sampo untuk psoriasis berdasarkan kandungannya

sampo psoriasis kulit kepala

Psoriasis tidak bisa disembuhkan, namun Anda bisa mengendalikan gejalanya dengan berbagai pengobatan. Salah satunya dengan memakai sampo untuk psoriasis yang khusus terjadi di kulit kepala. Namun Anda juga harus memperhatikan kandungannya. 

Umumnya, ada tiga bahan aktif yang umum terkandung pada sampo untuk psoriasis, antara lain:

1. Asam salisilat

Sampo untuk psoriasis yang mengandung asam salisilat dapat membantu mengobati psoriasis di kulit kepala.

Menurut American Academy of Dermatology, asam salisilat bekerja melunakkan plak kulit mati sehingga mudah lepas dari kulit kepala. Penggunaan sampo asam salisilat secara rutin dapat menghaluskan bagian kulit kepala yang menebal dan bersisik.

Sampo dengan asam salisilat biasanya akan diresepkan dokter untuk pasien dengan sisik kulit akibat psoriasis yang parah dan menyebar hampir ke seluruh bagian kulit kepala. Penggunaan sampo ini akan lebih efektif untuk menghilangkan gejala psoriasis jika dikombinasikan dengan dengan salep steroid.

Cara penggunaan sampo asam salisilat ini sama dengan menggunakan sampo biasa, tapi gunakan setidaknya dua kali seminggu atau ikuti saran dari dokter Anda. Jangan terlalu sering dan terlalu lama memakai sampo jenis ini karena berisiko mengiritasi kulit, menyebabkan mual, dan masalah lainnya.

Oleh karena itu, selalu konsultasikan dengan dokter Anda jika ingin menggunakan sampo asam salisilat untuk mengobati psoriasis. Hindari sampo ini masuk ke mulut, mata, atau hidung Anda. Serta jangan menggunakannya jika Anda memiliki luka basah di kulit kepala.

Beberapa sampo asam salisilat juga mengandung belerang, yang bisa menghentikan pertumbuhan jamur. Jika Anda juga memiliki infeksi jamur di kulit kepala Anda, sampo jenis ini mungkin tepat untuk Anda. Anda mungkin perlu menggunakannya sekali atau dua kali seminggu setelah infeksi hilang untuk menjaga kulit kepala tetap sehat.

2. Tar batubara

Sampo mengandung tar batubara atau coal tar telah digunakan untuk mengobati psoriasis selama lebih dari 100 tahun.

Sampo ini berisi senyawa yang membantu mengurangi perkembangan sel-sel kulit yang berlebihan. Dengan demikian, sampo coal tar dapat mengurangi gejala psoriasis yang berupa penebalan di kulit kepala serta rasa gatal dan nyeri. Kandungan coal tar bahkan juga dapat mengurangi sebum atau minyak pada permukaan kulit. 

Untuk menggunakan sampo jenis ini, pijat ke kulit kepala Anda dan biarkan selama 5 sampai 10 menit, lalu bilas sampai bersih.

Beberapa orang mungkin tidak menyukai aroma dari sampo tar batubara. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan sampo dan kondisioner biasa setelah mencuci rambut dengan sampo tar batubara, agar rambut Anda harum dan tetap berkilau.

Namun kandungan coal tar harus dikombinasikan dengan formula lain, seperti asam salisilat atau agen keratolitik agen lainnya untuk bisa mengatasi psoriasis sampai tuntas. Dengan pemakaian rutin, sampo ini dapat mengangkat sisik kulit yang menempel secara bertahap.

Tak perlu meminta resep dokter, sampo ini bisa diperoleh dengan mudah di apotek dan supermarket.

Sampo dengan tar batubara dapat membuat kulit kepala Anda lebih peka terhadap sinar matahari. Oleh karena itu lindungi kepala Anda dengan topi atau tetap di tempat teduh jika Anda berada di luar. Karena tar dapat bertahan di kulit Anda selama 24 jam atau lebih. Perawatan dengan tar batubara bisa menyisakan noda di pakaian atau kulit Anda.

4. Steroid

Sampo untuk psoriasis yang mengandung steroid hanya bisa didapat lewat resep dokter. Sampo dengan steroid biasanya hanya digunakan beberapa minggu untuk kondisi psoriasis yang radang dan kemerahan. Setelah itu, dokter Anda mungkin akan menyarankan Anda beralih ke sampo tar batubara.

Sampo dengan steroid digunakan dengan menuangkan sampo pada rambut tanpa dibasahi terlebih dulu. Biarkan rambut Anda tetap kering saat menggunakannya. Kemudian diamkan selama 15 menit, dan basahi rambut Anda lalu bilas.

Pastikan untuk menjauhkannya dari wajah dan telinga Anda, karena kulit pada area itu lebih tipis. Penting juga untuk mencuci tangan dengan bersih setelah menggunakan sampo ini.

5. Kombinasi agen keratolitik

Sampo dengan formula kombinasi dari berbagai keratolitik agen seperti asam salisilat, minyak kelapa, dan sulfur juga dapat dipakai untuk menghaluskan sisik dan kerak pada kulit kepala penderita psoriasis.

Sama bermanfaatnya seperti asam salisilat, minyak kelapa, dan sulfur bisa membantu mengurangi sisik kulit, melembabkan kulit kepala yang kering, sekaligus melindungi kulit dari risiko iritasi.

Untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, aplikasikan pelembab nonkosmetik pada kulit kepala sebelum pemakaian sampo. Anda bisa memijat halus kulit kepala yang terdampak dengan pelembab di malam hari, kemudian membersihkan kulit kepala dengan sampo ini di pagi harinya.

Aturan keramas dengan sampo untuk psoriasis

mitos keramas dan sampo

Hasil efektif dari penggunaan sampo mulai terlihat setelah 1 hingga 2 minggu pemakaian rutin jika dikombinasikan bersamaan dengan pengobatan untuk psoriasis lainnya.

Selama pemakaian, cobalah untuk tidak langsung mebilasnya dengan air. Diamkan selama 5-10 menit sehingga kandungannya menyerap secara menyeluruh ke dalam kulit kepala.

Jika salah satu jenis sampo tidak cukup efektif untuk meredakan gejala, maka sebaiknya segera beralih menggunakan jenis sampo lainnya. Konsultasikan kembali pada dokter spesialis kulit mengenai produk sampo yang tepat untuk Anda.

Sampo psoriasis umumnya mudah ditemukan di berbagai apotek dan supermarket. Hendaknya Anda mengikuti aturan penggunaan sampo tersebut dengan benar.

Agar hasil lebih optimal, dokter dapat menyarankan pemakaian sampo untuk dikombinasikan dengan salep psoriasis yang dioles pada kulit kepala.

Pilihan salep yang ampuh mengatasi psoriasis di kulit kepala

Salep psoriasis kulit kepala

Sebagai obat yang dioleskan dan meresap secara langsung pada kulit, salep lebih efektif menghaluskan bagian kulit yang menebal dan kering akibat psoriasis.

Jenis salep yang digunakan untuk psoriasis kulit kepala bervariasi. Mulai dari yang mengandung steroid hingga salep non-steroid yang minim risiko efek samping.

1. Salep steroid

Salep kortikosteroid berfungsi untuk meredakan pembengkakan, ruam merah, rasa gatal, dan kulit kepala yang bersisik secara bertahap.

Akan tetapi berhati-hatilah dengan risiko efek samping kortikosteroid seperti penipisan kulit, perubahan warna kulit yang menggelap, dan strecth mark. Efek samping akan akan muncul ketika salep digunakan secara jangka panjang untuk mengatasi psoriasis kulit kepala.

Untuk menghindarinya, ikuti aturan penggunaan salep yang dianjurkan oleh dokter. Biasanya dokter tidak akan menyarankan masa penggunaan lebih dari 4 minggu.

Selain itu, jangan menghentikan pemakaian salep psoriasi yang rutin secara tiba-tiba sebab bisa menimbulkan kondisi peradangan kulit yang fatal.

2. Salep vitamin D analog

Jika khawatir dengan efek samping salep steroid, terdapat jenis salep non-steroid yang juga bisa digunakan untuk mengatasi psoriasis.

Vitamin D analog merupakan bentuk sintetis dari vitamin D. Salep psoriasis ini berguna untuk mengendalikan pertumbuhan sel kulit kepala yang terlalu cepat untuk kembali secara normal. Selain dalam bentuk salep, vitamin D analog juga bisa ditemukan dalam bentuk gel, krim, dan losion.

Dokter mungkin akan menyarankan penggunaan salep psoriasis ini sebanyak dua kali dalam sehari. Namun, tetap terdapat risiko iritasi kulit dari penggunaan salep vitamin D analog.

Agar pengobatan lebih efektif, penggunaan obat ini biasanya dikombinasikan dengan salep steroid atau. Jenis salep dengan vitamin D analog bisa yang biasanya diresepkan dokter adalah:

  • Calcipotriene (Calcitrene, Dovonex, Sorilux)
  • Calcitriol (Rocaltrol and Vectical)
  • Tacalcitol (Bonalfa and Curatoderm)

3. Salep coal tar

Salep dengan kandungan utama coal tar bisa dibeli langsung di apotek atau supermarket tanpa resep dokter. Salep yang mengandung coal tar bisa menghambat pertumbuhan sel-sel kulit baru akibat psoriasis kulit kepala sekaligus mengembalikan kesehatan kulit seperti sedia kala.

Salep ini juga mampu meringankan rasa gatal dan perih yang muncul akibat peradangan kulit. Semakin tinggi kosentrasi coal tar dalam obat maka semakin cepat obat ini mengatasi gejala.

Meski begitu, belum banyak penelitian yang memastikan efektivitas penggunaan salep ini dalam menyembuhkan psoriasis.

Berhati-hatilah menggunakan salep psoriasis yang mengandung coal tar. Obat ini bisa meninggalkan noda pada pakaian dan memiliki bau yang tajam.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Gejala Psoriasis, Baik Secara Umum Maupun Sesuai Jenisnya

Penyakit psoriasis membuat Anda berisiko mengalami serangan jantung dan hipertensi. Kenali ciri-ciri dan gejala psoriasis berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Penyakit Kulit, Psoriasis 24 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Penyebab Psoriasis dan Faktor-Faktor Risiko yang Perlu Dihindari

Pemicu kambuhnya psoriasis bisa dikendalikan dengan menghindari faktor-faktor risiko. Namun, apa sebenarnya penyebab penyakit psoriasis?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Penyakit Kulit, Psoriasis 24 September 2020 . Waktu baca 8 menit

Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kulit yang cukup umum terjadi. Apa penyebab, ciri-ciri, dan obat yang sering digunakan untuk mengobati psoriasis?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Penyakit Kulit, Psoriasis 24 September 2020 . Waktu baca 12 menit

Komplikasi Penyakit Mata yang Biasa Terjadi pada Pasien Psoriasis

Penyakit psoriasis tak hanya menyerang kulit, tapi bisa juga memberi dampak pada kesehatan mata pasien. Apa saja masalah mata yang dialami?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Alergi & Penyakit Autoimun, Health Centers 19 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pencegahan psoriasis

Pencegahan Kambuhnya Psoriasis Melalui Perubahan Gaya Hidup

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 26 September 2020 . Waktu baca 6 menit
pantangan penderita psoriasis

Daftar Pantangan Makanan yang Patut Diperhatikan oleh Penderita Psoriasis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 6 menit
obat psoriasis alami

Sederet Bahan Herbal yang Berpotensi Sebagai Obat untuk Psoriasis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 9 menit
Obat dan pengobatan psoriasis

Segala Pengobatan Psoriasis, dari Obat Minum Hingga Terapi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 11 menit