5 Kiat Cerdas Merawat Kulit Wajah yang Kering Akibat Pakai Obat Tretinoin

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26/03/2020 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Meski ampuh, obat jerawat yang mengandung tretinoin atau Retin-A terkenal dapat membuat kulit wajah kering hingga memerah dan mengelupas. Efek samping ini bahkan bisa berlangsung selama beberapa minggu setelah mulai berobat, sehingga mungkin Anda risih dibuatnya. Lantas, adakah cara mengatasi kulit wajah kering akibat obat tretinoin?

Bagaimana cara mengatasi kulit wajah kering karena pakai obat jerawat?

Kalau kulit wajah Anda mengering setelah pakai obat jerawat tretinoin, jangan dulu buru-buru membuangnya. Bukan berarti Anda tidak cocok dengan obat tersebut. Efek samping ini sebenarnya reaksi kulit yang normal. Tandanya obat tretinoin tersebut sedang bekerja untuk memperbaiki kondisi kulit Anda.

Mengeringnya kulit wajah ini juga tidak akan berlangsung selamanya. Anda akan mendapat kulit sehat impian dalam beberapa minggu ke depan. Kuncinya hanya butuh kesabaran dan ketelatenan ekstra dalam mengatasi kulit wajah kering ini.

Nah, beberapa tips yang bisa Anda terapkan seperti:

1. Jaga kulit tetap lembap

baking soda untuk mencuci muka

Langkah pertama, bersihkan wajah dengan sabun cuci muka yang lembut dan bisa menjaga kelembaban kulit. Sebaiknya hindari sabun cuci muka yang ditujukan untuk kulit berminyak, karena akan semakin menguras kadar air dan kelembaban dalam kulit wajah Anda.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Ava Shamban, MD, selaku dokter spesialis kulit di Inggris, bahwa kulit yang lembab berguna sebagai “tameng” atau penghalang yang baik sebelum menerima perawatan apapun. Anda juga tidak dianjurkan menggunakan produk perawatan jerawat yang dijual bebas, kecuali atas saran dokter.

Kemudian tunggu sekitar 10-15 menit sampai kulit Anda benar-benar kering sebelum melangkah ke tahap berikutnya.

2. Pakai krim pelembab

krim steroid untuk perawatan wajah

Jangan lupa aplikasikan pelembab ke seluruh wajah Anda sebelum benar-benar menggunakan obat tretinoin. Pelembab berfungsi sebagai penyangga atau pembatas agar tretinoin tidak langsung menyentuh kulit, sehingga bisa membantu mengurangi kemungkinan terjadinya iritasi dan kulit kering.

Tekstur kulit juga akan terasa jauh lebih baik bila Anda rutin memakai pelembab di awal rangkaian skincare harian. Idealnya, biarkan beberapa menit sampai pelembab meresap dengan sempurna ke dalam kulit. Lanjutkan dengan menaplikasikan retin-A atau tretinoid di atasnya.

3. Gunakan tretinoin sesuai aturan

krim malam

Sekarang, saatnya masuk ke tahap pemakaian obat tretinoin. Anda dianjurkan untuk menggunakan obat ini secukupnya dan tidak berlebihan. Alih-alih mempercepat proses penyembuhan dan perbaikan kulit, kulit wajah justru akan lebih mudah mengalami kemerahan, terkelupas, dan kering karena dipakai melebihi aturan.

Sedikit tretinoin saja, kira-kira seukuran kacang tanah, sudah mampu menjangkau seluruh bagian wajah Anda. Tentunya, hal ini akan membantu Anda untuk lebih menghemat penggunaannya.

4. Bersihkan dengan kain lembut

Sumber: Savvy Travelers

Setelaten dan serajin apapun Anda menerapkan perawatan untuk mengatasi kulit wajah kering akibat obat tretinoin, kadang pengelupasan dan iritasi kulit memang sulit dihindari. Terutama di minggu pertama penggunaannya.

Jika ini terjadi dan cukup mengganggu, cobalah membersihkan kulit wajah yang mengelupas tersebut. Caranya dengan dipijat perlahan menggunakan kain lap berbahan lembut yang telah dibasahi air sebelumnya.

Hati-hati, jangan sampai menggosok wajah terlalu keras karena bisa semakin memperburuk kondisi kulit yang kering. Selain itu, untuk sementara waktu hindari penggunaan scrub yang justru dapat memperparah kulit Anda.

5. Atur frekuensi pemakaiannya

bentuk wajah

Tidak perlu tergesa-gesa untuk segera memperoleh hasil akhir dalam waktu singkat. Sebaiknya beri kulit Anda waktu untuk beradaptasi dengan obat tretinoin dulu. Misalnya dengan memakai tretinoin dalam waktu 3-4 jam atau tergantung tingkat sensitivitas wajah Anda. Setelah itu, cuci muka dan bersihkan wajah sampai obat retinoid hilang sepenuhnya.

Selain meminimalkan kerusakan kulit, cara ini setidaknya juga akan memberi kesempatan pada kulit wajah agar terbiasa dengan tretinoin. Jika dirasa sudah cukup aman dan tidak ada masalah, Anda dapat meningkatkan waktu pemakaiannya.

Lakukan hal ini secara teratur sampai akhirnya kulit benar-benar terbiasa dengan penggunaan tretinoin. Dalam beberapa minggu ke depan, kulit wajah yang kering, mengelupas, dan memerah secara berangsur-angsur akan membaik.

Kunjungi dokter bila kondisi kulit semakin parah

Jika perawatan kulit yang telah Anda lakukan sedemikian rupa tidak kunjung memberikan hasil yang positif. Bahkan kulit wajah justru jadi semakin kering dan iritasi parah, jangan tunda untuk mengonsultasikannya dengan dokter kulit Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Saja Produk Skincare yang Anda Butuhkan Saat Puasa?

Kulit wajah harus dirawat setiap hari termasuk di bulan Ramadan. Agar kulit tidak kering dan bermasalah, ini produk skincare di bulan puasa untuk Anda!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020 . 4 menit baca

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Glass skin adalah tren kecantikan kulit bening bercahaya berasal dari Korea Selatan. Bagaimana langkah perawatan kulit untuk mendapatkannya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 03/05/2020 . 4 menit baca

Penyebab Jerawat di Leher Plus Cara Ampuh Menghilangkannya

Jerawat bisa muncul di bagian tubuh mana pun termasuk di leher. Jika Anda bingung mengapa jerawat bisa muncul di leher, berikut informasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Jerawat, Health Centers 29/02/2020 . 4 menit baca

Kenali Penyebab Jerawat di Dahi dan Cara Ampuh Mengatasinya

Jerawat di dahi atau jidat mungkin membuat tidak percaya diri. Yuk segera cari tahu penyebab, cara mengatasi, plus cara mencegahnya muncul di kemudian hari.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Penyakit Kulit, Jerawat, Health Centers 26/02/2020 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

memilih kosmetik untuk kulit sensitif

Tips Memilih Kosmetik yang Aman bagi Kulit Sensitif

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 04/06/2020 . 5 menit baca
gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . 5 menit baca
air garam untuk jerawat

Manfaat Air Garam untuk Atasi Masalah Jerawat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 11/05/2020 . 4 menit baca
perbedaan hydrating dan moisturizing

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020 . 4 menit baca