Jerawat Membandel di Punggung? Mungkin Ini Sebabnya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Jerawat biasanya muncul di wajah. Namun, bisa juga tumbuh di area kulit tertentu, seperti area punggung. Meski kadang tidak menimbulkan rasa sakit, jerawat ini tentu bisa membuat membuat kulit punggung Anda tidak mulus. Sebelum mencari tahu cara mengatasinya, Anda harus tahu lebih dulu apa yang jadi penyebab munculnya jerawat di punggung. Apa saja, ya?

Penyebab jerawat di punggung

Jerawat adalah masalah kulit yang umumnya dikeluhkan remaja dan orang dewasa. Munculnya jerawat dapat membuat tampilan kulit Anda tidak mulus, termasuk jika muncul di punggung.

Bila ingin mengatasi jerawat, Anda tentu perlu memahami penyebabnya lebih dulu. Tujuannya agar Anda bisa melakukan tindak pencegahan agar jerawat tak terus bermunculan.

Berikut ada beberapa penyebab munculnya jerawat di punggung yang perlu Anda ketahui.

1. Tersumbatnya minyak di bawah kulit

Banyak yang berpendapat bahwa jerawat muncul karena kondisi kulit yang kotor. Meski tidak salah, anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Jerawat bukan hanya disebabkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, melainkan juga karena kondisi kulit yang berminyak.

Kulit yang berminyak menghasilkan lebih banyak sebum (minyak). Sebum ditambah dengan sel kulit mati yang berganti setiap hari bisa terperangkap di pori-pori. Kulit yang tersumbat inilah yang dapat menyebabkan peradangan karena adanya bakteri P. acnes dan akhirnya menimbulkan jerawat.

2. Adanya panas, tekanan, dan gesekan

Penyebab jerawat di punggung selanjutnya adalah adanya tekanan, gesekan, dan panas. Kondisi ini disebut juga dengan istilah acne mechanica.

Setiap hari Anda menggunakan pakaian dalam, pakaian luar, tas, dan benda lainnya yang menekan, juga menggesek kulit punggung. Keringat dan hawa panas yang Anda rasakan setelah beraktivitas bisa meningkatkan risiko kulit yang tertekan sehingga menjadi iritasi dan menimbulkan jerawat.

3. Keratosis pilaris

Dikutip dari laman Mayo Clinic, keratosis pilaris adalah kondisi kulit yang menyebabkan kulit kering dan terdapat benjolan kecil seperti jerawat yang biasanya tidak terasa gatal atau sakit. Kondisi ini tidak dapat disembuhkan sehingga akan terus ada seumur hidup.

Kondisi yang menjadi penyebab jerawat di punggung ini terjadi karena keratin (protein yg menyusun kulit) menumpuk dan menghalangi folikel kulit.

Faktor risiko dan cara mengatasi jerawat di punggung

Munculnya jerawat di punggung dapat terjadi pada siapa pun. Namun, kondisi ini biasanya menyerang orang dengan kondisi berikut ini.

  • Sering menggunakan pakaian ketat sehingga memungkinkan adanya gesekan di kulit.
  • Tidak membersihkan tubuh setelah berolahraga atau ketika tubuh mengeluarkan banyak keringat.
  • Orang yang mengalami perubahan hormon karena menstruasi, hamil, stres, dan menggunakan obat-obatan yang memengaruhi hormon
  • Wanita yang memiliki kadar hormon androgen lebih tinggi dibanding wanita umumnya

Meski risikonya besar terjadi pada orang-orang tersebut, selama mereka tahu penyebab munculnya jerawat di punggung, mereka masih bisa mencegah dan meringankan kondisinya.

Beberapa tips pencegahannya antara lain memilih pakaian yang lebih longgar, mandi setelah berolahraga, dan melakukan konsultasi ke dokter kulit.

Dokter akan memberikan obat untuk meredakan jerawat di punggung, seperti sabun yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide. Ikuti pula saran dokter terkait cara merawat kulit punggung yang berjerawat.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: November 6, 2019 | Terakhir Diedit: November 27, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca