5 Bahan Alami untuk Mengobati Jerawat Punggung

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22/05/2020
Bagikan sekarang

Jerawat memang bisa muncul di mana saja, di wajah dan bagian tubuh lainnya. Jerawat yang tumbuh di punggung tak kalah menyebalkan dengan jerawat yang tumbuh di wajah. Apalagi terkadang jerawat punggung tersebut menimbulkan rasa sakit.

Berbagai hal bisa menjadi faktor munculnya jerawat di punggung, salah satunya adalah kurang menjaga kebersihan badan. Sering kali karena letaknya di punggung, Anda menjadi kebingungan untuk mengobatinya. Selain itu, posisinya yang tak terlihat membuat Anda tidak terlalu memedulikannya. Terkadang jerawat punggung juga membuat Anda merasa tidak percaya diri, apalagi saat Anda memakai baju dengan belahan punggung terbuka. Jangan khawatir, sebab ada pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati jerawat punggung.

BACA JUGA: Mencegah dan Mengatasi Jerawat Di Punggung

Apa saja bahan-bahan alami untuk mengobati jerawat punggung?

Anda ingin jerawat punggung cepat sembuh, sebaiknya Anda rutin melakukan perawatan ini. Berikut ini yang bisa Anda cari:

1. Madu

Anda pasti sering mendengar bukan bahwa madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Anda bisa meminum madu langsung atau mengaplikasikannya dari luar. Madu baik digunakan pada kulit karena sifat antibakterinya, sehingga dapat mengurangi gejala jerawat dan mencegah peradangan. Penelitian yang dipublikasikan tahun 2011 pada Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, madu yang telah lolos uji medis memiliki potensial untuk digunakan sebagai pengobatan luar tehadap infeksi yang kebal dengan antibiotik. Selain membuat kulit Anda kembali bersih, madu juga dapat mencegah jerawat timbul kembali.

Berikut ini cara mengaplikasikannya:

  • Oleskan sedikit madu mentah atau madu manuka pada area punggung yang berjerawat. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi sampai 2 atau 3 kali dalam sehari
  • Siapkan 1 sendok makan madu dan ½ sendok teh bubuk kayu manis. Oleskan pada bagian punggung Anda yang berjerawat. Diamkan dan tunggu sampai 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Untuk cara yang ini, lakukan sekali saja dalam sehari

BACA JUGA: Meski Berkhasiat, Waspada Juga Bahaya Mengonsumsi Madu Mentah

2. Kunyit

Selain madu, sifat antibakteri juga ditemukan pada kunyit. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada Chemical and Pharmaceutical Bulletin tahun 2013, ditemukan zat curcumin pada kunyit dapat menghambat aktivitas P. acnes bacteria. Kunyit juga dapat menyeimbangkan pH kulit Anda. Cara mengaplikasikannya:

  • Kombinasikan 1 sampai 2 sendok teh bubuk kunyit dan minyak wijen. Oleskan campuran pada area yang berjerawat. Tunggu sampai satu jam sebelum membilasnya. Lakukan perawatan ini sekitar 1 sampai 2 kali sehari (hanya untuk digunakan dalam beberapa hari).
  • Selain dioleskan, Anda juga bisa meminumnya dicampur dengan susu rendah lemak untuk melawan peradangan. Caranya, campurkan ½ sendok teh bubuk kunyit dengan segelas susu hangat.

3. Lidah buaya (aloe vera)

Anda pasti sudah sering mendengar atau melihat lidah buaya menjadi salah satu formula pada produk perawatan kulit, terutama kulit senisitif. Selain baik untuk kulit wajah dan rambut, lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat punggung, mengurangi peradangan, dan meringankan rasa terbakar akibat matahari. Sama seperti bahan lainnya, lidah buaya juga memiliki sifat anti bakteri, sebab kandungan polyphenol (jenis antioksidan) di dalamnya. Gel lidah buaya juga dapat membantu kulit menghilangkan noda hitam bekas jerawat.  Cara mengaplikasikannya:

  • Kupas lidah buaya hingga terlihat gel putihnya. Aplikasikan gel tersebut langsung pada area yang berjerawat dua kali sehari selama satu minggu
  • Cara lainnya, campurkan 1 sendok makan gel lidah buaya, ½ sendok teh madu mentah supaya lebih maksimal manfaat yang didapatkan, dan bubuk kunyit. Aplikasikan pada punggung yang berjerawat. Diamkan sekitar 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air. Cukup lakukan sehari sekali saja

BACA JUGA: Usia 30-an, Masih Jerawatan? Ini Penyebabnya

4. Lemon

Lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat, yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Antioksidan di dalam lemon juga baik untuk mendetoksifikasi kulit, sehingga jerawat tidak akan sering muncul. Selain dengan meminum ramuan lemon, Anda juga bisa mengaplikasikannya langsung pada punggung Anda. Tentu manfaatnya akan semakin terasa ketika Anda melakukannya keduanya. Lemon juga mengandung asam L-askorbat , zat ini dapat menyingkirkan jerawat dengan cepat. Asam pada lemon ini juga dapat membuat sel-sel kulit mati terangkat.

Perlu dipertimbangkan, bagi kulit yang sangat sentisitif, sebaiknya jangan mengoleskan lemon di kulit. Cara mengaplikasikannya:

  • Potong satu lemon menjadi dua bagian. Gosokkan pada area yang berjerawat dengan gerakan memutar. Tunggu sampai 10 menit, lalu bilas dengan air dingin atau biasa. Gunakan perawatan ini sekali atau dua kali sehari
  • Alternatif lainnya, Anda bisa campurkan sari lemon yang telah diperas dengan air mawar. Oleskan pada punggung yang berjerawat, biarkan selama 25 menit, lalu bilas. Sebaiknya dilakukan setiap dua kali sehari

5. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut catechin. Antioksidan ini memiliki sifat antibakteri yang dapat melawan bakteri yang menyebabkan jerawat. Selain itu, teh hijau juga dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan yang diakibatkan oleh jerawat. Cara mengaplikasikannya:

  • Campurkan ¼ cangkir teh hijau (yang biasa diseduh) dengan air. Aplikasikan dengan cara menepuk-nepukkan kapas ke punggung. Seperti biasa, Anda bisa lakukan aktivitas lain selama 10 menit, lalu bersihkan dengan air. Untuk hasil yang baik lakukan perawatan ini dua kali sehari
  • Anda juga bisa meminum teh hijau 3 sampai 4 cangkir sehari, untuk membantu menyehatkan kulit Anda dari dalam.

BACA JUGA: 5 Cara Kilat Menghilangkan Jerawat Dalam Semalam

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bolehkah Kita Donor Darah Saat Puasa? Apa Saja Risikonya?

Donor darah sebaiknya dilakukan teratur. Tapi bagaimana jika jadwal donor darah Anda selanjutnya jatuh di bulan Ramadan? Bolehkah donor darah saat puasa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 02/05/2020

Ini Alasannya Jerawat Muncul Meski di Rumah Saja

Saat Anda di rumah saja, mungkin Anda bingung mengapa Anda menjadi jerawatan. Hal ini memang bisa terjadi. Lalu mengapa jerawat muncul meski hanya di rumah?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila

4 Penyebab Sakit Kepala Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Sakit kepala saat puasa tentu sangat mengganggu. Nah, kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Ini dia jawabannya!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hari Raya, Ramadan 27/04/2020

7 Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut adalah masalah yang umum terjadi selama puasa. Tenang saja, Anda bisa menghilangkan bau mulut saat puasa dengan cara alami berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Hari Raya, Ramadan 24/04/2020

Direkomendasikan untuk Anda

jerawat gara-gara kacamata

Cara Mencegah Masalah Jerawat Gara-gara Pemakaian Kacamata

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020
sakit perut setelah buka puasa

Kenapa Saya Sakit Perut Setelah Buka Puasa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 07/05/2020
maag saat puasa obat Omeprazole

4 Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/05/2020
tekanan darah tinggi saat puasa

5 Tips Lancar Puasa Bagi Anda yang Punya Tekanan Darah Tinggi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 04/05/2020