Mengulik Khasiat Madu Manuka, Obat Alami yang Ampuh Atasi Jerawat

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk menghilangkan jerawat membandel, mulai dari obat-obatan dokter sampai bahan alami. Salah satu obat jerawat alami yang cukup membantu adalah madu manuka, madu super asal Selandia Baru yang tengah populer masyarakat karena sejuta manfaatnya. Lantas, seperti manfaat madu manuka dalam mengobati jerawat dan bagaimana cara penggunaannya? Yuk, cari tahu lebih lanjut lewat ulasan berikut ini.

Manfaat madu manuka dalam mengobati jerawat

Madu manuka mengandung senyawa antimikroba, gula (terutama glukosa dan fruktosa), asam amino, sejumlah vitamin dan mineral. Kombinasi seluruh bahan alami ini ampuh mengangkat mengangkat sel-sel kulit mati dan menyeimbangkan pH kulit. Maka tak heran bila setelah pemakaian rutin, kulit wajah Anda menjadi lebih cerah dan bersih.

Manfaat madu manuka lainnya adalah mengurangi peradangan lokal akibat jerawat. Madu ini dibuat dengan menggunakan pH rendah sehingga membuat kandungan di dalamnya bekerja lebih efektif dalam melawan jerawat dan menjaga kecantikan kulit.

Manfaat madu manuka ini kian diperkuat dengan kandungan dua senyawa antimikroba, yaitu hidrogen peroksida dan metilglioksal, yang efektif membunuh berbagai bakteri, termasuk bakteri telah kebal dengan beberapa antibiotik.

Dilansir dari laman Women’s Health, menurut Arash Akhavan, M.D., seorang dokter kulit dan pendiri Dermatology and Laser Group, kadar gula yang tinggi pada madu manuka bersifat melembapkan area sekitar jerawat. Jadi, jerawat membandel di wajah Anda akan cepat teratasi.

Tak sampai di situ, madu asal Selandia Baru ini bahkan dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti psoriasis dan ketombe. Tekstur madu ini pun sangat lunak sehingga akan sangat mudah dan lembut saat diaplikasikan di wajah. Menakjubkan, bukan?

Cara penggunaan madu manuka sebagai obat jerawat alami

Untuk merasakan manfaatnya, madu manuka dapat Anda racik menjadi pembersih wajah atau masker wajah. Akan tetapi, bersihkan dulu wajah Anda dari semua jenis makeup sebelum mengaplikasikannya.

Pembersih wajah

Campurkan beberapa tetes madu dengan air secukupnya, lalu oleskan di wajah sedikit demi sedikit. Pijat seluruh wajah Anda dengan gerakan melingkar menggunakan ujung jari selama beberapa menit. Segera bilas dengan air dingin dan keringkan.

Masker wajah

Untuk membuat masker wajah berbahan dasar madu manuka, Anda memerlukan tambahan sejumput oat dan air perasan lemon secukupnya. Campurkan seluruh bahan tersebut, lalu oleskan secara merata ke wajah Anda. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin untuk kembali menutup pori-pori yang terbuka.

Anda juga bisa membuat masker dari bahan madu manuka saja tapi waktu penggunaannya jadi sedikit lebih lama, yaitu sekitar 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Baik ditambahkan dengan bahan lain atau murni madu saja, keduanya sama-sama bermanfaat untuk meredakan jerawat membandel.

Hati-hati reaksi alergi akibat madu manuka

Meskipun Anda tidak menelannya, madu yang satu ini juga dapat menimbulkan alergi, terutama bila Anda alergi terhadap lebah atau serbuk sari. Jika Anda salah satunya, coba lakukan tes spot terlebih dahulu sebelum menggunakannya langsung ke area wajah.

Oleskan sedikit madu manuka pada dagu atau leher Anda dan tunggu selama beberapa menit. Segera bilas dengan air dan perhatikan tanda-tanda alergi yang mungkin muncul. Bila hal ini tidak menyebabkan gatal, kulit kemerahan atau membengkak, Anda baru boleh mengoleskannya pada area kulit yang lain.

Baca Juga:

Sumber