Cara Pakai Cetirizine Drop untuk Gatal Alergi

Oleh

Ketika Anda atau anak diserang gatal-gatal karena alergi, Anda mungkin langsung mencari obat gatal cetirizine. Cetirizine adalah nama generik untuk jenis obat antialergi. Bentuknya ada bermacam-macam, mulai dari tablet, sirup, dan tetes (drop). Jika Anda diresepkan bentuk tetes oleh dokter, jangan sampai salah penggunaan. Baca dulu informasi soal cara pakai cetirizine drop di bawah ini.

Cetirizine obat apa?

Kalau dokter menyarankan atau meresepkan Anda dengan cetirizine drop, besar kemungkinan penyebab gatal-gatal Anda adalah reaksi alergi. Gatal-gatal yang disebabkan oleh alergi biasanya membuat kulit jadi tampak kemerahan, membengkak dan biduran. Pada kasus alergi tertentu, mata dan hidung juga bisa terasa gatal dan berair.

Beberapa contoh obat cetirizine drop yang tersedia di apotek adalah Rinocet, Ryvel, dan Zyrtec. Satu botol kecil biasanya mengandung 10mg/mL cetirizine drop.  

Cara pakai cetirizine drop

Cetirizine drop harus dilarutkan dengan air. Teteskan cetirizine drop sesuai dosis yang dianjurkan pada satu sendok makan air putih. Untuk menghindari kontraindikasi, hindari mencampurkan cetirizine drop dengan susu, teh, kopi, dan minuman beralkohol. Anda juga bisa melarutkannya dalam makanan, namun efeknya bagi tubuh akan jadi lebih lama kira-kira satu jam.

Anda bisa minum larutan cetirizine drop sebelum atau sesudah makanan. Bila dikonsumsi sesuai dosis, obat ini biasanya tidak menyebabkan mengantuk berlebihan. Namun, Anda yang sedang mengemudikan kendaraan bermotor atau mengoperasikan alat berat sebaiknya berhati-hati setelah minum cetirizine drop.

Dosis cetirizine drop

Ikuti anjuran dari dokter Anda tentang dosis dan cara pakai cetirizine drop. Dosis yang diberikan oleh dokter sudah dipertimbangkan berdasarkan kondisi fisik, keseriusan reaksi alergi, dan berbagai pertimbangan medis lainnya.

Sebelum mengonsumsi obat ini, perhatikan dulu keterangan yang tercantum pada brosur atau label kemasan cetirizine drop. Biasanya dalam kemasan cetirizine drop terdapat informasi seputar dosis umum dan cara pakai cetirizine drop.

Bagi orang dewasa atau anak di atas 12 tahun, dosisnya adalah 20 tetes sehari, diminum satu kali. Untuk anak berusia 6-12 tahun, berikan 10 tetes cetirizine drop dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari. Pada anak berusia 2-6 tahun, berikan 5 tetes dua kali sehari, pada pagi dan malam hari.

Bayi dan anak berusia di bawah 2 tahun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi cetirizine drop. Konsultasikan langsung dengan dokter atau apoteker kalau Anda punya kondisi khusus atau pertanyaan seputar dosis dan cara pakai cetirizine drop.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca