home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Hal-Hal yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Menjalani Sunat Dewasa

Hal-Hal yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Menjalani Sunat Dewasa

Di Indonesia, laki-laki umum melakukan sunat dengan alasan kepercayaan atau kesehatan. Sunat dewasa adalah pilihan pembedahan untuk pria yang tidak melakukan sunat di masa kanak-kanak. Apa saja manfaat dan risikonya? Lalu prosedur apa saja yang harus Anda lakukan? Untuk mengetahui lebih lengkap, simak informasinya berikut ini.

Apa saja manfaat kesehatan sunat?

Sunat adalah prosedur operasi pelepasan kulit yang menutupi ujung kepala penis atau biasa disebut sebagai kulup. Prosedur pada sunat dewasa kurang lebih sama halnya seperti pada sunat untuk anak-anak.

Dikutip melalui laman layanan kesehatan masyarakat Britania Raya, National Health Service, ada beragam manfaat sunat bagi pria dewasa antara lain seperti di bawah ini.

  • Sunat untuk alasan medis. Sunat pada pria dewasa paling sering dilakukan ketika mengalami fimosis, yakni kondisi kulup penis terlalu ketat sehingga tidak bisa ditarik kembali ke atas kepala penis. Secara medis, prosedur ini juga untuk menghindari risiko gangguan lain, seperti parafimosis dan balanitis.
  • Sunat untuk alasan agama dan budaya. Sunat adalah praktik umum di komunitas yang memiliki agama dan kepercayaan Islam dan Yahudi. Prosedur ini juga menjadi kebudayaan bagi sejumlah komunitas masyarakat di Afrika. Sunat karena alasan agama dan budaya umumnya dilakukan pada bayi dan anak-anak.
  • Sunat untuk pencegahan HIV. Sejumlah penelitian menunjukkan bukti bahwa sunat mengurangi risiko pria heteroseksual terkena HIV. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pun juga menyarankan sunat pada pria untuk mencegah HIV, selain dengan melakukan hubungan seks aman.

Adakah risiko jika Anda melakukan sunat dewasa?

Prosedur sunat dewasa biasanya tidak menimbulkan komplikasi serius. Pembengkakan, perdarahan, dan infeksi adalah beberapa efek samping paling umum terkait sunat.

Risiko seperti perdarahan atau infeksi mungkin dapat terjadi sekitar 1 dari 50 orang. Namun Anda tenang saja, pasalnya dokter Anda bisa meresepkan obat untuk mengurangi gejala yang dirasakan pasca-sunat.

Selain beberapa hal tersebut, kemungkinan risiko sunat dewasa lainnya mencakup:

  • Pengurangan sensitivitas pada kepala penis secara permanen, terutama saat berhubungan seks.
  • Penis nyeri di sekitar bekas luka.
  • Bekas jahitan sunat lama menghilang.
  • Kebutuhan operasi lain untuk mengangkat kulit yang tersisa di sekitar kepala penis.

Sunat dewasa termasuk prosedur yang aman, meskipun selalu ada risikonya. Penis, prostat, bagian saluran kemih lain, pembuluh darah, atau saraf mungkin akan terluka selama sunat. Hal ini dapat menyebabkan masalah ketika Anda buang air kecil atau berhubungan seks.

Anda juga mungkin mengalami pembengkakan, nyeri panggul, atau mati rasa di penis. Selain itu, Anda yang mengalami ereksi penis sebelum sunat benar-benar pulih, sehingga bisa menyebabkan jahitan robek dan sayatan bedah terbuka kembali.

Risiko untuk sunat dewasa tergolong rendah, namun tetap lebih tinggi dibandingkan dengan sunat anak-anak. Konsultasikanlah ke dokter Anda sebelum menjalani prosedur ini.

Persiapan dan prosedur sunat dewasa

Seminggu sebelum melakukan prosedur, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan persiapan sebelum melakukan sunat dewasa. Dokter biasanya akan menanyakan riwayat kesehatan, alergi obat-obatan, atau mengidap penyakit tertentu atau tidak.

Anda juga bisa menanyakan pantangan apa saja yang harus dilakukan sebelum prosedur, misalnya berhenti melakukan hubungan seksual. Selain itu, mintalah saran mengenai aturan makan dan minum sebelum hari-H.

Kemudian pada hari Anda melakukan sunat dewasa, persiapkan segala kebutuhan yang harus dibawa. Dikarenakan prosedur ini tidak membutuhkan perawatan di rumah sakit, sebaiknya persiapkan seperlunya saja.

Hindari menyetir sendiri ke rumah sakit. Anda bisa meminta anggota keluarga atau teman untuk mengantar Anda berangkat dan pulang setelah melakukan prosedur.

Sebelum prosedur sunat dimulai, Anda atau keluarga dekat akan diminta menandatangani formulir persetujuan. Pastikan seluruh pertanyaan Anda terjawab sebelum menandatanganinya.

Dokter akan melakukan sejumlah tahapan prosedur sunat pada pria dewasa sebagai berikut ini.

  • Dokter akan memberikan obat bius atau anestesi. Anda bisa mendapatkan anestesi umum yang membuat tidak sadar selama prosedur, anestesi lokal yang membuat penis dan sekitarnya mati rasa, atau anestesi spinal yang membuat mati rasa separuh badan ke bawah.
  • Terlebih dulu penis akan dipasangkan alat penjepit khusus atau cincin plastik. Dokter akan mengangkat kulup penis kemudian memotongnya.
  • Penis kemudian akan dioleskan dengan salep, seperti antibiotik topikal atau petroleum jelly untuk menghentikan perdarahan dan infeksi. Dokter lalu akan membungkus penis dengan kain kasa yang longgar.

Selain dengan teknik pembedahan biasa, Anda juga bisa melakukan sunat laser untuk perdarahan dan pemulihan yang lebih cepat. Prosedur ini dilakukan dengan panas (kauterisasi) dan jahitan pada tepi kulit yang tersisa.

Pemulihan setelah prosedur sunat dewasa

prosedur sunat dewasa

Anda mungkin akan berbaring di tempat tidur dan istirahat untuk sementara waktu setelah melakukan sunat. Hal ini dikarenakan prosedur sunat dewasa yang mungkin melelahkan. Penyedia layanan kesehatan akan melakukan pengecekan untuk memastikan tidak ada masalah pada Anda.

Perban digunakan untuk menjaga daerah jahitan tetap bersih dan kering. Dokter akan melepaskan perban segera setelah prosedur untuk memeriksa jahitan Anda. Tanyakan pada dokter mengenai cara untuk merawat luka Anda.

Dokter akan memberikan saran pemulihan di rumah, termasuk ketika berkendara, kembali bekerja, dan melakukan hubungan seks setelah Anda kembali ke rumah. Biasanya waktu pemulihan setelah sunat memerlukan sekitar 10 hari hingga penis Anda sembuh sepenuhnya.

Selama tiga atau empat hari setelah operasi, pakailah pakaian dan celana yang longgar untuk menghindari iritasi pada penis Anda selama pemulihan. Anda mungkin akan mengalami beberapa ketidaknyamanan dan bengkak pada area kepala penis.

Jika Anda memiliki peningkatan suhu, kemerahan, perdarahan, dan nyeri persisten saat buang air kecil, sebaiknya segera hubungi dan konsultasikan dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Circumcision (male) – Mayo Clinic. Mayoclinic.org. (2020). Retrieved 24 February 2021, from https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/circumcision/about/pac-20393550

Circumcision in men. nhs.uk. (2018). Retrieved 24 February 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/circumcision-in-men/.

Chris Iliades, M., & Pat F. Bass III, M. (2016). Adult Circumcision | Everyday Health. EverydayHealth.com. Retrieved 24 February 2021, from https://www.everydayhealth.com/sexual-health/adult-circumcision-basics.aspx.

Adult Male Circumcision – What You Need to Know. Drugs.com. (2020). Retrieved 24 February 2021, from https://www.drugs.com/cg/adult-male-circumcision.html

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Adinda Rudystina Diperbarui 23/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
x