home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Pilihan Minyak Esensial Terbaik untuk Mengatasi Impotensi

6 Pilihan Minyak Esensial Terbaik untuk Mengatasi Impotensi

Disfungsi ereksi atau impotensi adalah salah satu masalah seksual yang paling sering dialami pria. Jika Anda termasuk salah satu pria yang sedang berjuang mencari cara untuk mengatasi impotensi, ada baiknya untuk baca terus artikel ini sampai habis. Banyak orang yang percaya bahwa menggunakan minyak esensial dapat membangkitkan penis yang loyo. Lantas, apa saja pilihan minyak esensial untuk impotensi?

Beragam pilihan minyak esensial untuk impotensi

1. Minyak mawar

Masalah psikologis, seperti stres, depresi, gangguan tidur, dan kecemasan merupakan penyebab paling umum dari impotensi. Nah, minyak esensial dari ekstrak bunga mawar berkhasiat untuk mengurangi stres dan kegelisahan, berkat sifatnya yang menenangkan.

Hasil temuan dari sebuah studi yang diterbitkan dalam Iranian Red Crescent Medical Journal menyebutkan bahwa minyak esensial mawar baik untuk meredakan gejala-gejala stres. Pasalnya, menghirup minyak esensial mawar mampu mengirimkan sinyal pada otak supaya lebih rileks dan tenang.

Minyak mawar juga memiliki sifat afrodisiak yang dapat membantu meningkatkan gairah seksual, yang pada akhirnya dapat meningkatkan libido dan produksi sperma.

2. Minyak lavender

Sudah banyak penelitian yang dilakukan para ahli di seluruh dunia untuk menguji efek minyak esensial lavender terhadap penurunan stres.

Penelitian yang dilakukan di Jepang membuktikan bahwa orang-orang yang menghirup aroma minyak esensial lavender selama dua puluh menit menunjukkan penurunan tingkat stres. Ini karena lavender memiliki efek menenangkan saraf dan pikiran.

Sebuah penelitian lain melaporkan bahwa minyak aromaterapi lavender melancarkan aliran darah menuju penis sehingga bisa membuatnya ereksi lebih cepat dan lebih lama. Selain itu, minyak lavender juga dapat meningkatkan gairah seksual pria.

3. Rosemary

Rosemary bekerja memicu tekanan darah dan kontraksi otot-otot penis untuk menciptakan ereksi. Sebuah penelitian melaporkan bahwa kombinasi minyak esensial rosemary dan lavender mampu mengurangi kerusakan fungsi reproduksi akibat stres oksidatif pada tikus jantan. Stres oksidatif adalah efek negatif dari radikal bebas dalam tubuh, yang dipercaya menjadi faktor risiko penyebab impotensi. Pasalnya, minyak rosemary bersifat antioksidan.

Efek antioksidan ini juga dilaporkan berdampak positif pada peningkatan libido dan kualitas sperma.

4. Kayu Manis

Ekstrak kayu manis adalah pilihan minyak untuk impotensi yang juga sama baiknya untuk meningkatkan fungsi seksual pria. Pasalnya, minyak ini dapat merangsang kadar hormon testosteron, yang dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Penelitian lain yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa konsumsi minyak kayu manis secara teratur efektif melindungi sistem reproduksi laki-laki.

5. Basil

Basil telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Penelitian yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa ekstrak basil secara signifikan meningkatkan kelincahan gerak, usia, dan jumlah sperma. Minyak ini juga bisa mengurangi stres oksidatif. Penelitian lain melaporkan bahwa ekstrak basil dapat melindungi kesehatan testis.

6. Pala dan cengkeh

Sebuah penelitian dari tahun 2003 menemukan bahwa minyak ekstrak pala dan cengkeh dapat meningkatkan aktivitas seksual pada tikus jantan. Pala dan cengkeh bekerja merangsang saraf di otak yang meningkatkan gairah seksual. Pala itu sendiri telah terbukti dapat meningkatkan aliran darah ke penis, yang dapat mengatasi impotensi.

Cara menggunakan minyak untuk impotensi

Ada beberapa cara menggunakan minyak untuk impotensi antara lain:

  • Teteskan 3-5 tetes minyak esensial pilihan Anda ke dalam sebuah baskom berisi air dingin atau hangat. Kompreskan waslap yang telah direndam ke bagian bawah punggung serta perut Anda.
  • Encerkan 3-5 tetes minyak esensial pilihan Anda dengan minyak zaitun. Gunakan untuk memijat bagian bawah punggung dan perut Anda.
  • Minyak esesnsial dapat dijadikan sebagai pewangi ruangan semprot.
  • Tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke seprei dan sarung bantal Anda.
  • Teteskan minyak esensial pilihan Anda ke dalam bak mandi, mandi dan berendamlah di bak air hangat.

Sebelum Anda langsung mengoleskan minyak esensial pada kulit, selalu encerkan minyak esensial dengan minyak pembawa, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Hal ini dilakukan untuk mencegah iritasi kulit.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Best Essential Oils for Erectile Dysfunction https://www.healthline.com/health/erectile-dysfunction/essential-oils-for-erectile-dysfunction#8-oils diakses 2 Januari 2018.

What you should know about essential oils for erectile dysfunction https://www.medicalnewstoday.com/articles/320258.php diakses 2 Januari 2018.

Hirsch AR, et al. (2014). Human male sexual response to olfactory stimuli.
aanos.org/human-male-sexual-response-to-olfactory-stimuli/

Foto Penulis
Ditulis oleh Andisa Shabrina Diperbarui 03/01/2018
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x