home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

7 Cara Mencuci Muka yang Benar untuk Pria, Sudah Benarkah Anda?

7 Cara Mencuci Muka yang Benar untuk Pria, Sudah Benarkah Anda?

Salah satu cara merawat penampilan pria adalah dengan mencuci muka secara rutin. Selain untuk menjaga wajah tetap bersih, cuci muka juga akan membantu kulit wajah tetap terawat dan terhindar dari berbagai gangguan kulit seperti jerawat dan komedo. Tapi jangan salah, masih banyak yang belum mengetahui cara mencuci muka yang benar untuk pria, lho.

Bagaimana teknik yang benar dalam mencuci muka bagi pria? Berapa kali seorang pria harus mencuci mereka dalam sehari? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasannya selengkapnya berikut ini.

Bagaimana cara mencuci muka yang benar untuk pria?

cuci muka pria

Dr. Jeremy Brauer, ahli penyakit kulit atau dermatologis asal New York City seperti dilansir oleh Ask Men mengatakan bahwa mencuci muka termasuk perawatan wajah yang paling murah dan mudah Anda lakukan. Namun, banyak kalangan pria masih menganggap remeh cuci muka yang malah bisa menyebabkan kulit kering, iritas, dan jerawatan.

Apabila pria mencuci wajahnya dengan baik dan benar, maka wajah akan semakin terawat dengan baik. Untuk mendapatkan penampilan kulit wajah yang tampak segar, simak cara mencuci wajah bagi pria dengan teknik yang benar berikut ini.

1. Pilih sabun muka yang tepat

Jangan menggunakan sabun mandi untuk mencuci wajah, karena kandungannya belum tentu aman bagi kulit wajah Anda. Setiap pria memiliki masalah berbeda pada kulit wajah masing-masing, jadi penting untuk memilih sabun muka yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Umumnya, produk sabun muka pria mencantumkan karakteristik yang sesuai dengan kondisi kulit wajah. Anda bisa memilih sabun muka untuk kulit berjerawat, kulit kering dan sensitif, berminyak, atau kombinasi yang cocok untuk kondisi kulit normal.

Namun, apabila ragu dengan pilihan sabun muka yang tepat, lebih baik konsultasi dulu ke dokter spesialis kulit untuk mengetahui produk mana yang sesuai untuk Anda.

2. Cuci bersih tangan

Kebanyakan pria lupa untuk mencuci tangan mereka hingga bersih sebelum membersihkan muka. Mereka hanya sekadar membasahi tangan dengan air, mengoleskan sabun muka, dan mengusapkannya langsung ke kulit wajah.

Padahal, kondisi tangan yang kotor dan langsung Anda gunakan untuk mencuci wajah bisa memindahkan bakteri dan kotoran ke dalam pori-pori wajah. Akibatnya, kulit wajah bisa lebih berisiko mengalami jerawat. Maka, cuci bersih tangan Anda terlebih dahulu dengan sabun sebelum membersihkan muka.

3. Basuh muka dengan air hangat

Jangan langsung membersihkan wajah Anda dengan sabun muka. Basuh muka Anda terlebih dulu dengan air hangat untuk membantu melembapkan dan membuka pori-pori wajah agar kotoran lebih mudah terangkat. Jauhi suhu air yang terlalu panas, karena hal ini malah akan menimbulkan efek kulit yang kehilangan kelembapannya.

4. Oleskan sabun muka ke tangan

Sebelum mengusapkannya ke wajah, oleskan sedikit dan gosok perlahan sabun muka ke permukaan tangan. Hal ini membantu untuk mengaktifkan busa dari sabun dan menyebarkannya secara merata ke seluruh bagian wajah.

Tips Memilih Sabun Pembersih Muka Terbaik Sesuai Jenis Kulit

5. Usapkan sabun ke kulit muka

Usapkan busa ke seluruh bagian wajah secara merata. Gunakan gerakan memutar dan lakukan selama 20 hingga 30 detik. Jika memiliki masalah kulit wajah tertentu seperti jerawat, Anda bisa mengutamakan beberapa bagian wajah tertentu yang rentan akan penumpukan minyak dan keringat, misalnya dahi Anda.

Banyak pria percaya bahwa cara mencuci muka yang benar adalah dengan menggosoknya dengan keras untuk menghilangkan kotoran dan minyak. Padahal, pengelupasan sel-sel kulit mati bisa terjadi secara alami tanpa memerlukan tekanan berlebihan.

Jika memang dirasa perlu, sebaiknya gunakan sabun muka yang memiliki scrub karena bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang sulit hilang. Hasilnya, kulit wajah bisa terlihat lebih cerah dan pori-pori tampak lebih bersih.

6. Bilas busa sampai bersih

Setelah Anda merasa cukup bersih, selanjutnya bilas sisa sabun muka hingga bersih dari wajah dan leher Anda. Sisa sabun muka yang masih tertinggal, mungkin bisa memicu kulit berjerawat. Lakukan beberapa kali hingga benar-benar bersih. Gunakanlah air dingin yang akan membantu mengecilkan pori-pori wajah Anda kembali.

7. Gunakan pelembap muka

Pakar kesehatan kulit juga menyarankan Anda untuk menggunakan produk pelembap wajah (moisturizer) setelah membersihkan wajah, di pagi hari setelah bangun tidur dan juga malam hari tepat sebelum tidur. Penggunaan produk pelembap bertujuan untuk membantu kembali menghidrasi dan melindungi kulit wajah.

Berapa kali memakai sabun muka pria yang ideal?

pria cuci muka sehari

Menurut Caren Campbell, MD, dokter spesialis kulit asal San Francisco seperti dikutip dari Insider menjelaskan bahwa umumnya para ahli merekomendasikan pria mencuci wajah dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari.

Kebanyakan pria mungkin mencuci wajah mereka di pagi hari saat sedang mandi dan sebelum berangkat kerja. Mencuci wajah pagi hari bertujuan untuk membersihkan wajah Anda dari keringat dan minyak yang mungkin menumpuk selama tidur.

Sedangkan pada malam hari, pria mencuci wajahnya sebelum tidur dengan sabun wajah yang memiliki scrub untuk menghilangkan debu dan minyak yang menempel setelah beraktivitas seharian. Jika tidak Anda bersihkan, kotoran bisa menyumbat pori-pori wajah sehingga bisa menyebabkan iritasi dan jerawat.

Apa akibatnya kalau pria terlalu sering mencuci muka?

Jangan terlalu sering mencuci wajah hingga lebih dari dua kali sehari, karena hal ini bisa membuat kulit wajah kering. Ketika mencuci wajah, sabun atau pembersih yang Anda gunakan bukan hanya menghilangkan minyak dan keringat, tapi juga menghilangkan lipid dalam kulit. Hal ini pada akhirnya bisa memicu iritasi kulit apabila penggunaanya terlalu sering.

Anda mungkin juga salah dalam memilih jenis sabun muka yang tepat atau mencuci muka pada waktu yang tidak tepat. Kebiasaan yang salah ini bisa membuat kulit wajah kering, rambut halus wajah (jenggot, kumis, dan brewok) tidak tumbuh, iritasi, jerawatan, dan kulit berminyak.

Tidak semua jenis produk perawatan wajah cocok untuk pria, ada baiknya konsultasi ke dokter spesialis kulit untuk menentukan produk yang tepat sesuai kondisi kulit Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Wertz, B. (2021). A Step-by-Step Guide to Face Washing. AskMen. Retrieved 10 June 2021, from https://www.askmen.com/fashion/grooming/how-to-wash-your-face.html

How to Use a Men’s Face Wash in a Men’s Skincare Routine. MenScience. Retrieved 10 June 2021, from https://blog.menscience.com/how-to-use-a-mens-face-wash-in-a-men/

Laderer, A. (2020). Here’s why you should be washing your face twice a day. Insider. Retrieved 10 June 2021, from https://www.insider.com/how-often-should-you-wash-your-face

Grabianowski, E. How often should men wash their faces?. HowStuffWorks. Retrieved 10 June 2021, from https://health.howstuffworks.com/skin-care/men/cleansing-tips/how-often-should-men-wash-their-faces.htm

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Perdana Diperbarui 22/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan