backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Mengenal Inemuri, Tidur Siang Saat Kerja ala Orang Jepang

Ditulis oleh dr. Ayu Munawaroh, M.K.K · General Practitioner · None


Tanggal diperbarui 01/02/2023

Mengenal Inemuri, Tidur Siang Saat Kerja ala Orang Jepang

Inemuri adalah kebiasaan tidur orang Jepang yang tidak sesuai dengan tempatnya, misalnya di tempat kerja, tempat umum, transportasi publik, dan lainnya.

Kebiasaan ini telah menjadi budaya unik di Jepang selama lebih dari 1.000 tahun dan dipercaya memiliki banyak manfaat. Benarkah demikian?

Apa itu inemuri?

Inemuri adalah tidur dalam kondisi duduk atau berbaring, umumnya di tempat kerja. Secara harfiah, istilah ini dapat diartikan “hadir dalam tidur”.

Ini berarti meski dalam keadaan tertidur, pikiran mereka tetap terjaga. Hal inilah yang sering kali membedakan inemuri dengan tidur pada umumnya. 

Kebiasaan inemuri, terutama di tempat kerja, sangat diperbolehkan dan bahkan dianjurkan. Selain itu, bagi masyarakat Jepang, kebiasaan ini menunjukkan bukti kerja keras, dedikasi, dan komitmen selama bekerja.

Tingginya etos kerja di Jepang dapat mengurangi waktu tidur masyarakatnya pada malam hari.

Beberapa data penelitian menunjukkan bahwa Jepang memiliki rata-rata durasi jam tidur malam terendah di seluruh dunia, yaitu berkisar 6,5–7,4 jam per hari.

Oleh karena itu, mencuri-curi waktu tidur di sela kegiatan atau pekerjaan merupakan hal yang wajar dan dapat ditoleransi. 

Manfaat inemuri bagi kesehatan

Anemia puasa Ramadan

Tak sekadar menjadi budaya tidur yang unik, inemuri atau tidur siang di tempat kerja juga memiliki beragam manfaat.

Tidur siang singkat dengan durasi kurang lebih 15–30 menit bisa memberikan manfaat sebagai berikut.

1. Badan terasa lebih segar dan bertenaga

Pada siang hari, normalnya suhu tubuh akan menurun dan kadar hormon melatonin naik. Kondisi tersebut sebenarnya merupakan sinyal tubuh bahwa Anda membutuhkan tidur. 

Tubuh akan merespons sinyal tersebut dengan rasa kantuk yang semakin lama akan semakin besar hingga menjelang malam hari. Hal ini disebut dengan homeostatic sleep drive.

Tidur siang singkat dapat mengurangi tekanan rasa kantuk yang kuat pada siang hari atau menstabilkan kondisi homeostatic sleep drive tersebut.

Oleh karena itu, seseorang dapat lebih terjaga dan bertenaga setelah tidur siang.

2. Mengurangi lelah dan stres

Tidur siang singkat di kantor dapat mengurangi rasa lelah karena dapat mengembalikan energi yang hilang. Berbagai penelitian juga menyebutkan bahwa tidur dapat membantu Anda mengurangi stres.

Tidak hanya itu, tidur siang juga dapat memperbaiki suasana hati, menurunkan kecemasan, dan depresi. Hal ini karena tidur siang singkat memicu rasa rileks pada tubuh.

3. Memperkuat memori

Tidur siang singkat dipercaya dapat memperkuat memori atau ingatan. Ini karena saat tidur, otak Anda seperti beristirahat dan saat itulah terbentuk konsolidasi memori.

Ini merupakan proses ketika otak mengolah informasi yang didapat menjadi ingatan jangka panjang.

Sebuah studi menyebutkan, durasi tidur 60–90 menit memiliki manfaat meningkatkan memori dan proses belajar yang sama besarnya dengan tidur malam hari (dalam durasi penuh 7–8 jam).

4. Meningkatkan konsentrasi dan kreativitas

semangat kerja di kafe

Dilansir dari laman Sleep Health Foundation, tidur singkat berdurasi 15–30 menit dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Aktivitas ini dikenal pula dengan istilah power nap.

Tidur siang singkat juga dapat meningkatkan aktivitas pada belahan otak bagian kanan. Bagian otak ini berfungsi mengatur kreativitas dan wawasan. 

Selain itu, tidur siang singkat juga meningkatkan komunikasi antara otak kiri dan otak kanan. Dengan demikian, kinerja kreatif dan analitis otak akan lebih efektif.

5. Meningkatkan performa kerja

Bagi pekerja, tentunya manfaat tidur siang singkat ini dapat berpengaruh pada performa kerja.

Adanya stamina, konsentrasi, suasana hati yang lebih baik, serta kreativitas yang meningkat dapat membuat pekerja lebih produktif. 

Selain itu, bagi orang-orang dengan pekerjaan tertentu seperti sopir dan karyawan sif malam yang kurang tidur, tidur siang singkat seperti inemuri sangat dianjurkan.

Hal ini bertujuan agar performa kerja lebih baik dan mengurangi angka kecelakaan kerja.

National Highway Traffic Safety Administration pun merekomendasikan sopir agar tidur singkat setidaknya 20 menit bila mengantuk di jalan, di samping tidur malam 7–8 jam sehari.

Tips agar inemuri lebih efektif

tidur siang saat puasa

Tidur singkat di kantor memiliki beragam manfaat, baik untuk kesehatan secara umum maupun produktivitas kerja.

Waktu paling efektif untuk melakukan inemuri yakni setelah jam setelah makan siang, sekitar 12 atau 1 siang.

Sesuai ritme sirkadian tubuh, rasa kantuk dan konsentrasi mulai menurun pada siang hari. Oleh karena itu, beberapa tempat kerja juga menyediakan waktu untuk beristirahat pada jam tersebut. 

Namun, bagi sebagian orang, inemuri selama 20–30 menit dapat menjadi tantangan tersendiri. Anda bisa saja sulit untuk memulai tidur sehingga waktu tidur siang singkat Anda berkurang atau bahkan habis. 

Berikut ini tips dan aturan tidur siang di kantor yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan manfaatnya.

1. Cari tempat yang sepi dan aman 

Tidak seperti inemuri di Jepang, tidur siang singkat di kantor bukanlah kebiasaan wajar di Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran bila area kerja Anda bukan tempat yang nyaman untuk tidur.

Sebagian kantor menyediakan tempat khusus bagi karyawan untuk bersantai atau tidur singkat. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki fasilitas kantor tersebut, carilah tempat yang sepi, nyaman, dan aman untuk tidur.

2. Hindari bermain gawai sebelum tidur

Bila Anda sering mengecek gawai, Anda akan semakin aktif dan terjaga. Otak Anda akan terstimulasi sekalipun Anda sekadar melihatnya sebentar.

Selain itu, sinar biru yang dihasilkan gawai Anda dapat menghambat produksi hormon melatonin. Hormon tersebut berfungsi mengontrol siklus tidur-bangun atau disebut irama sirkadian.

Bila produksi hormon melatonin menurun, Anda dapat mengalami insomnia (sulit tidur), rasa lelah sepanjang hari, dan perasaan yang lebih sensitif.

3. Hindari konsumsi kafein

Kafein merupakan bahan psikoaktif atau stimulan yang umum digunakan pada makanan dan minuman di dunia.

Kafein dapat ditemukan pada tanaman, seperti biji kopi, daun teh, atau coklat. Selain itu, kafein juga dapat diproduksi secara sintetis untuk menjadi bahan obat dan minuman berenergi.

Kafein bekerja di otak dengan cara memblok reseptor adenosin, padahal salah satu fungsi adenosin ialah menimbulkan rasa kantuk. Biasanya, efek kafein akan terasa antara 30–60 menit setelah dikonsumsi.

Oleh karena itu, bila Anda ingin memaksimalkan tidur siang singkat di kantor, sebaiknya hindari konsumsi kafein.  

4. Jadikan kebiasaan

Tubuh Anda akan semakin terbiasa untuk cepat memulai tidur bila aktivitas ini menjadi rutinitas sehari-hari.

Memulai tidur pada jam yang sama setiap hari, terlebih di tempat dan kondisi yang sama, dapat membuat tubuh Anda terbiasa. Tubuh akan mengenali kondisi tersebut sebagai sinyal untuk istirahat.

Semoga dengan tips di atas, tidur siang singkat Anda di kantor dapat lebih efektif. Dengan demikian, Anda menjadi lebih berenergi. Performa kerja pun menjadi lebih baik hingga waktu kerja usai.

Catatan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditulis oleh

dr. Ayu Munawaroh, M.K.K

General Practitioner · None


Tanggal diperbarui 01/02/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan