Kenapa Gangguan Cemas Seringkali Berkaitan dengan Gangguan Tidur?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tidur dan cemas, kedua masalah ini memang seringkali saling berkaitan. Kecemasan menyebabkan masalah tidur dan kurang tidur dapat menyebabkan kecemasan. Jika Anda merasa mengalami kedua masalah ini mana dulu yang harus diperbaiki?

Gangguan cemas menyebabkan terganggunya kualitas tidur

gangguan cemas dan masalah tidur saling berkaitan

Kecemasan sering dikaitkan dengan masalah tidur. Pikiran ketakutan dan kekhawatiran yang berlebihan membuat Anda lebih sulit tidur dan dapat membuat Anda terjaga hampir sepanjang malam. 

Sementara itu kurang tidur diketahui memiliki pengaruh negatif bagi kesehatan secara luas termasuk kesehatan jiwa. Karena itu memahami antara kecemasan dan masalah tidur bisa menjadi hal mendasar bagi kesehatan fisik dan emosional. 

Cemas adalah perasaan khawatir dan gelisah, ini adalah kondisi yang wajar dialami seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Mengalami kecemasan merupakan respons dari rasa takut, stres, atau situasi menegangkan. Misalnya saat wawancara kerja, mengikuti ujian, bahkan menunggu anak atau pasangan pulang ke rumah bisa membuat rasa cemas timbul.

Cemas berbeda dengan gangguan kecemasan. Gangguan kecemasan terjadi ketika kecemasan ini muncul secara berlebihan. Kondisi ketika kekhawatiran yang dirasa sebenarnya tidak sebanding dengan situasi yang ada dan telah mengganggu kehidupan sehari-hari, itulah gangguan kecemasan. 

Orang yang dilanda kecemasan sering merenungkan kekhawatiran mereka di tempat tidur dan membuat mereka tidak bisa terlelap dengan nyenyak. Ia bisa terbangun tengah malam karena rasa cemas yang menghantui. Hal ini dapat merusak kuantitas dan kualitas tidur. 

Gangguan tidur serius, termasuk insomnia, telah lama dikenal sebagai gejala umum dari gangguan kecemasan. Tapi masalah tidur bukan hanya bagian dari gejala cemas. Dalam banyak kasus, kurang tidur juga dapat menjadi pemicu atau memperburuk gangguan kecemasan.

Memperbaiki pola tidur pada orang yang mengalami kecemasan

memperbaiki masalah tidur pada orang dengan gangguan cemas

Perlu diingat, tidak semua orang dengan gangguan cemas mengalami masalah tidur. Ada pula yang mengalami gangguan cemas namun tidak mengalami gejala gangguan tidur. Begitu juga bagi mereka yang mengalami masalah tidur, tidak selalu karena cemas. Banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami masalah tidur, kecemasan dan gangguan cemas hanya salah satu di antaranya. 

Masalah tidur banyak terjadi karena pola tidurnya bermasalah. Misalnya seseorang baru bisa tertidur menjelang dini hari karena kesehariannya memang sering dipaksakan untuk menonton drama atau berselancar di media sosial, bukan karena mengalami kecemasan.

Cara paling dasar dalam menangani masalah tidur adalah dengan memperbaiki pola tidur orang tersebut.  Konsistensi jam tidur dan bangun dikembalikan sesuai dengan ritme alami yang dibutuhkan tubuh.

Memperbaiki pola tidur, sangat penting bagi kesehatan fisik maupun mental seseorang. Dalam banyak penelitian disebutkan, tidur kurang dari 5 jam sehari berisiko mengalami gangguan fisik berat terkait jantung dan organ tubuh lain. 

Dalam kasus orang dengan gangguan kecemasan yang mengalami masalah tidur, maka pengobatannya akan dilakukan sejalan. Dokter akan meresepkan obat dan melakukan pengobatan psikoterapi. Perlu diingat, obat-obatan untuk memperbaiki masalah tidur tidak boleh dikonsumsi tanpa resep dokter ahli. 

Dokter spesialis kejiwaan umumnya menangani pasien dengan gangguan cemas dan masalah tidur yang berat, jadi pengobatan sangat penting untuk terlebih dahulu memperbaiki pola tidur malam yang baik. 

Saat pola tidur sudah bagus, maka terapi obat akan dipertahankan selama beberapa pekan dengan dosis yang perlahan dikurangi. Dengan begitu ritme tidurnya akan kembali secara alami.

Pada kasus yang sering saya tangani, gangguan tidur seringkali seperti pintu masuk seseorang mengalami masalah kesehatan jiwa. Tidur berkualitas juga menjadi salah satu hal paling penting untuk menjaga imunitas atau kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.  

Jika Anda mengalami masalah serupa ini, segera konsultasikan dan perbaiki masalah tidur Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Was this article helpful for you ?

Artikel dari ahli dr. Andri, SpKJ, FAPM

Kenapa Gangguan Cemas Seringkali Berkaitan dengan Gangguan Tidur?

Cemas dan masalah tidur adalah dua yang kerap kali saling berkaitan. Cemas menyebabkan masalah tidur dan kurang tidur dapat menyebabkan gangguan kecemasan.

Ditulis oleh: dr. Andri, SpKJ, FAPM
gangguan tidur berat badan

Yang juga perlu Anda baca

Mengubah Jam Tidur Ternyata Berpengaruh Pada Kesehatan

Apa yang terjadi pada tubuh saat jam tidur kita mundur 3 jam, atau waktu tidur berkurang 2 jam, atau jika kita mendadak menambahkan tidur siang 2 jam?

Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Pola Tidur Sehat, Gangguan Tidur 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Sebagian dari Anda mungkin lebih suka tidur dalam keadaan terang. Namun riset menunjukkan matikan lampu saat tidur itu lebih baik. Kenapa?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Pola Tidur Sehat, Tips Tidur 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Serba Serbi Obat Tidur yang Perlu Anda Ketahui (Plus Penyebab Kenapa Susah Tidur)

Anda susah tidur? Mungkin Anda bisa menggunakan obat tidur apotek atau obat tidur alami. Namun sebelumnya, ketahui juga apa saja efek obat tidur pada tubuh.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Pola Tidur Sehat, Gangguan Tidur 23 November 2020 . Waktu baca 14 menit

Bolehkah Menggunakan CTM Sebagai Obat Tidur?

Efek samping CTM yang dapat menyebabkan kantuk membuat banyak orang memanfaatkan CTM sebagai obat tidur. Namun, apakah aman digunakan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 20 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

serangan panik atau panic attack

Mengenal Perbedaan Panic Attack dan Anxiety Attack

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
ingin muntah saat cemas hingga batuk

Mual Sampai Ingin Muntah Saat Cemas dan Panik? Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mitos tentang tidur

Mengenal 4 Tahapan Tidur: Dari “Tidur Ayam” Hingga Tidur Pulas

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
penyebab tidur mangap

Ini Alasannya Kenapa Banyak Orang Tidur Mangap

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit