Apa itu komedo terbuka (blackhead)?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu komedo terbuka (blackhead)?

Komedo terbuka atau blackhead adalah benjolan-benjolan kecil pada kulit, yang merupakan pori-pori tersumbat (folikel rambut) yang disebut komedo terbuka. Komedo terjadi apabila Anda memiliki pori-pori terbuka yang tersumbat dengan minyak berlebih, sel kulit mati, dan bakteri. Komedo mungkin tampak seperti pori-pori tertutup dengan kotoran, namun itu adalah kombinasi minyak dan bakteri yang berubah menjadi hitam saat terpapar dengan udara. Komedo terbuka atau blackheads berbeda dengan komedo tertutup, atau yang dikenal dengan whiteheads. Komedo terbuka adalah gejala umum dari jerawat dan biasanya muncul pada wajah. Kadang juga komedo muncul pada punggung, leher, lengan atau pundak.

Seberapa umumkah komedo terbuka (blackhead)?

Komedo sangat umum ditemui, mempengaruhi siapa saja yang memiliki masalah jerawat. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria pada usia berapapun, namun paling banyak terjadi pada remaja. Komedo mudah ditangani dengan pengobatan jerawat.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala komedo terbuka (blackhead)?

Komedo mudah dikenali. Biasanya komedo terlihat kecil dan sedikit menonjol dan berwarna gelap pada kulit. Kombinasi minyak, sel kulit mati, dan bakteri beroksidasi dengan udara, menyebabkan pori-pori tersumbat yang terbuka berwarna hitam. Komedo biasanya tidak terasa sakit atau meradang seperti jerawat. Komedo biasanya dikaitkan dengan gejala jerawat lainnya seperti whiteheads dan jerawat.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter bila Anda mengalami gejala-gejala berikut ini:

  • Apabila pengobatan rumahan tidak mampu menghilangkan komedo
  • Jika komedo bertahan atau memburuk
  • Apabila terdapat gejala jerawat lainnya yang membuat tidak nyaman.

Penyebab

Apa penyebab Komedo Terbuka (Blackhead)?

Ada beberapa alasan mengapa komedo terbentuk. Komedo bisa terjadi akibat lingkungan atau dari ketidakseimbangan hormon pada tubuh Anda. Anda dapat memiliki komedo jika:

  • Kelenjar minyak menghasilkan kadar minyak (sebum) yang berlebih
  • Sebum yang berlebih menyatu dengan sel kulit mati dan menyumbat folikel rambut
  • Komedo terbuka mengekspos sumbatan minyak tersebut dengan udara
  • Tubuh Anda memproduksi terlalu banyak minyak
  • Anda sedang mengonsumsi obat-obatan seperti corticosteroids, pil KB, lithium, atau androgen
  • Anda sedang mengalami perubahan hormon yang menyebabkan peningkatan pada produksi minyak seperti pubertas atau menstruasi
  • Anda memiliki banyak bakteri pada kulit, terutama bakteri p. acnes (propionibacterium acnes).

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk komedo terbuka (blackhead)?

Ada banyak faktor risiko untuk komedo, yaitu:

  • Perubahan hormon yang menyebabkan peningkatan produksi minyak pada remaja, selama menstruasi atau saat mengonsumsi pil KB
  • Obat-obatan tertentu, seperti corticosteroids, lithium, atau androgen
  • Kosmetik, pembersih, dan pakaian yang menutupi pori-pori
  • Keringat berlebih atau kelembapan tinggi
  • Faktor pola makan, penyakit, atau obat-obatan yang mendorong pergantian sel kulit

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana mendiagnosis komedo terbuka (blackhead)?

Dokter Anda akan melihat jenis kulit yang Anda miliki. Kemudian, ia akan menanyakan apakah Anda sedang menggunakan pengobatan seperti corticosteroids. Diagnosis dapat juga menilai tingkat komedo sebagai jerawat ringan, sedang, atau parah. Hal ini dapat membantu menentukan kecenderungan efek psikososial dan pengobatan jika diperlukan.

Bagaimana cara mengobati komedo terbuka (blackhead)?

Komedo memiliki banyak pilihan penanganan. Ada beberapa produk yang dapat Anda beli tanpa resep yang mungkin mengandung asam salisilat dan benzoyl peroxide, yang dapat digunakan sebagai krim, salep atau sabun batang. Jika pengobatan tanpa resep tidak bekerja, dokter dapat meresepkan Anda obat-obatan yang lebih keras. Obat-obatan ini dapat mengandung jenis-jenis vitamin A seperti tretinoin, tazarotene, dan adapalene. Pengobatan ini dapat mencegah penyumbatan pada folikel rambut dan mempercepat pergantian sel kulit.

Dermatolog, atau dokter spesialis kondisi kulit dapat menggunakan alat khusus yaitu round loop extractor untuk mengangkat komedo. Pada beberapa kasus, dokter juga dapat menggunakan alat khusus yang memiliki permukaan kasar untuk mengikis lapisan luar kulit Anda. Mengamplas kulit dapat mengangkat sumbatan yang menyebabkan komedo.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi komedo terbuka (blackhead)?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi komedo:

  • Cuci muka secara rutin. Anda disarankan mencuci muka 2 kali sehari dengan pembersih, setelah bangun dan sebelum tidur untuk mengangkat timbunan minyak yang dapat menyebabkan komedo. Mencuci muka lebih dari 2 kali sehari dapat mengiritasi kulit dan memperburuk jerawat. Gunakan pembersih yang lembut yang tidak membuat kulit merah atau teriritasi. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan wajah setelah makan makanan yang berminyak seperti pizza atau gorengan.
  • Keramas secara rutin. Jika rambut Anda berminyak, minyak rambut dapat berkontribusi pada tersumbatnya pori-pori.
  • Gunakan produk bebas minyak. Produk yang mengandung minyak dapat membuat komedo baru. Anda perlu menggunakan riasan wajah, lotion, dan tabir surya bebas minyak agar kondisi tidak semakin buruk.
  • Cobalah produk exfoliating. Scrub dan masker exfoliating dapat membantu mengurangi sel kulit mati dan komedo dari wajah. Pilihlah produk yang tidak mengiritasi.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Juli 26, 2019 | Terakhir Diedit: Juli 26, 2019

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca