Apa itu dry socket?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu dry socket?

Dry socket adalah kondisi yang menyebabkan rasa sakit yang kadang terjadi setelah pencabutan gigi. Kondisi ini terjadi saat gumpalan darah yang terbentuk pada soket terlepas, sehingga tulang dan saraf terbuka. Apabila hal ini terjadi, beri tahu dokter gigi Anda.

Dry socket adalah komplikasi yang paling umum ditemukan setelah pencabutan gigi, seperti pencabutan gigi bungsu. Jika Anda mengalami dry socket, rasa nyeri biasanya muncul 3-4 hari setelah gigi dicabut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala dry socket?

Jika Anda melihat area di mana gigi dicabut, Anda mungkin akan melihat celah yang terlihat kering. Bukan gumpalan darah, namun hanya ada tulang yang berwarna putih. Nyeri biasanya mulai sekitar 2 hari setelah gigi dicabut. Seiringnya waktu, rasa sakit akan bertambah dan dapat menyebar ke telinga.

Tanda-tanda dan gejala dari dry socket dapat meliputi:

  • Rasa nyeri yang parah dalam beberapa hari setelah pencabutan gigi
  • Kehilangan sebagian atau seluruh gumpalan darah pada area pencabutan gigi, dimana Anda menyadari adanya soket yang terlihat kosong atau kering
  • Terlihat adanya tulang pada soket
  • Nyeri yang menyebar dari soket ke telinga, mata, pelipis atau leher di sisi yang sama pada area pencabutan gigi
  • Napas bau dari mulut
  • Rasa tidak sedap pada mulut
  • Pembengkakan kelenjar limfa pada rahang atau leher
  • Demam ringan

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana cara mengobati dry socket?

Dry socket jarang menyebabkan infeksi atau komplikasi serius. Namun mengendalikan rasa sakit adalah prioritas yang utama. Anda dapat membantu mempercepat penyembuhan dan mengurangi gejala selama perawatan dry socket dengan mengikuti petunjuk dokter gigi untuk perawatan sendiri setelah pencabutan gigi. Kemungkinan Anda akan dianjurkan untuk:

  • Meletakkan kompres dingin di wajah pada 48 jam pertama setelah pencabutan dan kompres hangat setelahnya, untuk membantu mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan
  • Menggunakan obat anti nyeri (analgetik) sesuai petunjuk
  • Menghindari merokok atau penggunaan produk tembakau
  • Minum banyak cairan untuk tetap terhidrasi dan mencegah mual yang terkait dengan beberapa penawar rasa sakit tertentu
  • Kumur dengan air garam hangat beberapa kali sehari
  • Sikat gigi dengan lembut di sekitar area dry socket

Atur jadwal pertemuan dengan dokter gigi atau ahli bedah mulut untuk penggantian perban dan perawatan lainnya. Apabila rasa sakit kembali atau memburuk sebelum pertemuan selanjutnya, hubungi dokter gigi Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter gigi?

Hingga tahap tertentu, rasa sakit dan tidak nyaman wajar terjadi setelah pencabutan gigi. Namun, Anda akan dapat mengatasi rasa sakit dengan penawar rasa sakit yang diberikan oleh dokter gigi atau ahli bedah mulut, dan rasa sakit semustinya akan berkurang seiringnya waktu. Jika Anda mengalami rasa sakit yang baru atau memburuk beberapa hari setelah pencabutan gigi, hubungi dokter gigi atau ahli bedah mulut segera.

Pencegahan

Bagaimana cara mencegah dry socket?

Anda akan menerima petunjuk tentang apa yang perlu Anda ketahui selama proses pemulihan setelah pencabutan gigi dan bagaimana merawat luka. Petunjuk-petunjuk ini dapat mengatasi masalah berikut, yang dapat membantu mencegah dry socket, seperti:

  • Aktivitas. Setelah operasi, beristirahatlah sepanjang hari. Lanjutkan aktivitas sehari-hari keesokan harinya, namun hindari aktivitas dan olahraga berat selama seminggu yang dapat mengakibatkan lepasnya gumpalan darah dari soket.
  • Minuman. Minum banyak air setelah operasi. Jangan mengonsumsi minuman beralkohol, berkafein dan berkarbonat dalam 24 jam pertama. Jangan minum dengan sedotan selama setidaknya seminggu karena menghisap dapat melepas gumpalan darah pada soket.
  • Makanan. Konsumsi hanya makanan lembut, seperti yogurt atau applesauce pada hari pertama. Mulai konsumsi makanan semi lembut saat Anda sudah dapat mentolerirnya. Hindari makanan keras, kenyal, panas dan pedas yang dapat tersangkut pada soket atau mengiritasi luka.
  • Membersihkan mulut. Setelah operasi, Anda dapat berkumur dan menyikat gigi dengan lembut, namun hindari area pencabutan. Setelah 24 jam pertama, kumur perlahan dengan air garam hangat setiap 2 jam sekali saat terbangun dan setelah makan selama 1 minggu setelah operasi. Campurkan ½ sendok teh (2.5 ml) garam meja pada 8 ounces (237 ml) air.
  • Merokok. Jika Anda merokok, hentikan setidaknya selama 48 jam setelah operasi. Jika Anda mengunyah tembakau, hentikan selama setidaknya 1 minggu. Penggunaan produk tembakau setelah operasi mulut dapat menghambat penyembuhan dan meningkatkan risiko komplikasi.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: Maret 12, 2016 | Terakhir Diedit: Juli 14, 2017

Sumber