Apa itu deviasi septum nasal?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu deviasi septum nasal?

Deviasi septum nasal adalah kondisi yang terjadi saat septum nasal (dinding yang membagi rongga hidung menjadi dua) Anda sangat bergeser dari garis tengah. Septum nasal yang ideal adalah persis di tengah, memisahkan bagian kiri dan kanan hidung menjadi dua saluran dengan ukuran yang sama. Septum yang bergeser atau bengkok (deviasi) ini dapat menyebabkan kesulitan bernapas melalui hidung.

Gejala biasanya terasa lebih buruk pada satu sisi hidung, dan terkadang bahkan terjadi di sisi yang berlawanan dari pembengkokan. Dalam sejumlah kasus, septum yang bengkok dapat mengganggu pengeringan sinus, mengakibatkan infeksi sinus yang berulang.

Diperkirakan 80 persen dari semua septum nasal berada tidak tepat di tengah, namun kondisi ini biasanya tidak disadari.

Seberapa umumkah deviasi septum nasal?

Deviasi septum nasal merupakan kondisi yang cukup umum. Menurut American Academy of Otolaryngology – Head and Neck–organisasi dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) di Amerika, 80% septum nasal mengalami deviasi dengan derajat tertentu.

Namun, ini dapat diatasi dengan mengurangi faktor risiko Anda. Diskusikanlah dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala deviasi septum nasal?

Kebanyakan kelainan bentuk septum tidak menimbulkan gejala, dan Anda bahkan mungkin tidak menyadari bahwa Anda memiliki septum yang menyimpang. Namun, sebagian kelainan bentuk septum dapat menimbulkan tanda-tanda dan gejala berikut:

  • Penyumbatan salah satu atau kedua lubang hidung

Penyumbatan ini dapat membuat sulit untuk bernapas melalui satu atau kedua lubang hidung. Ini mungkin akan lebih terlihat ketika Anda mengalami pilek (infeksi saluran pernapasan atas) atau alergi yang dapat menyebabkan saluran hidung Anda membengkak dan menyempit.

  • Mimisan

Permukaan septum nasal Anda bisa menjadi kering, meningkatkan risiko mimisan.

  • Nyeri wajah

Meskipun ada perdebatan mengenai kemungkinan nyeri wajah karena penyebab hidung, septum yang sangat menyimpang yang berdampak pada dinding dalam hidung, ketika ada di sisi yang sama dengan nyeri wajah, terkadang dianggap sebagai penyebab yang dimungkinkan.

  • Napas berisik selama tidur

Ini dapat terjadi pada bayi dan anak-anak usia dini yang menderita deviasi septum atau pembengkakan jaringan intranasal.

  • Kesadaran atas siklus nasal

Adalah hal normal bagi hidung untuk bergantian tersumbat di satu sisi, kemudian berubah menjadi tersumbat di sisi lainnya. Ini disebut siklus nasal. Siklus nasal adalah fenomena yang normal, tetapi menjadi sadar terhadap siklus nasal adalah hal yang tidak lazim dan dapat menjadi indikasi bahwa ada penyumbatan hidung dalam jumlah besar.

  • Preferensi untuk tidur di satu sisi tertentu

Sebagian orang mungkin memilih untuk tidur di satu sisi tertentu untuk mengoptimalkan pernapasan melalui hidung di malam hari. Ini dapat diakibatkan oleh deviasi septum yang menyempitkan satu rongga hidung.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Diagnosis dan pengobatan dini dapat mencegah memburuknya deviasi septum nasal dan mencegah keadaan darurat medis lainnya, jadi konsultasikan pada dokter sesegera mungkin untuk mencegah kondisi serius ini.

Jika Anda mengalami satupun tanda atau gejala yang disebutkan di atas, atau memiliki pertanyaan apapun, konsultasikanlah pada dokter. Tubuh setiap orang bereaksi dengan cara berbeda. Selalu lebih baik untuk mendiskusikan apa yang terbaik untuk keadaan Anda dengan dokter.

Penyebab

Apa penyebab deviasi septum nasal?

Deviasi septum dapat disebabkan oleh:

  • Kondisi yang ada sejak lahir

Dalam sejumlah kasus, deviasi septum terjadi selama perkembangan janin dan terlihat pada saat kelahiran.

  • Cedera pada hidung

Deviasi septum juga bisa merupakan akibat dari cedera yang menyebabkan septum nasal untuk bergeser dari posisinya. Pada bayi, cedera tersebut dapat terjadi selama proses kelahiran. Pada anak-anak dan orang dewasa, berbagai macam kecelakaan dapat menyebabkan cedera hidung dan deviasi septum—dari tersandung di tangga hingga bertabrakan dengan orang lain di pinggir jalan. Trauma pada hidung paling umum terjadi selama kontak olahraga, permainan aktif atau tindak kekerasan di rumah, atau kecelakaan mobil.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk deviasi septum nasal?

Faktor risiko kondisi ini dapat meliputi:

  • bermain olahraga dengan kontak fisik
  • tidak menggunakan sabuk pengaman selama mengendarai mobil

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana deviasi septum nasal didiagnosis?

Selama kunjungan Anda, dokter pertama akan menanyakan mengenai setiap gejala yang Anda alami. Untuk memeriksa bagian dalam hidung Anda, dokter akan menggunakan cahaya terang dan terkadang alat yang bernama nasal speculum yang dirancang untuk membuka lebar lubang hidung Anda. Terkadang dokter akan memeriksa lebih dalam pada hidung Anda dengan scope panjang berbentuk selang sebelum dan setelah menggunakan spray dekongestan. Kemudian, berdasarkan pemeriksaan ini, ia dapat mendiagnosis deviasi septum dan menentkan tingkat keseriusan kondisi Anda.

Jika dokter Anda bukanlah seorang otolaryngologist (spesialis telinga, hidung dan tenggorokan (THT)) dan pengobatan dianggap perlu, Anda dapat dirujuk ke spesialis untuk konsultasi dan pengobatan lebih lanjut.

Apa saja pengobatan untuk deviasi septum nasal?

Operasi bisa menjadi pengobatan yang dianjurkan jika deviasi septum menyebabkan mimisan yang mengganggu atau infeksi sinus yang berulang. Tes tambahan mungkin diperlukan dalam sejumlah keadaan.

Septoplasty adalah prosedur pembedahan yang dilakukan sepenuhnya melalui lubang hidung secara teratur, tanpa terjadinya memar atau tanda-tanda eksternal. Operasi ini dapat dikombinasikan dengan rhinoplasty, dimana penampilan luar hidung berubah dan pembengkakan/memar wajah tampak jelas. Septoplasty juga dapat dikombinasikan dengan operasi sinus.

Waktu yang diperlukan ubtuk operasi rata-ratanya sekitar satu hingga satu setengah jam, tergantung pada deviasinya. Ini dapat dilakukan dengan anestesi lokal atau general, dan biasanya dilakukan secara rawat jalan. Selama operasi, bagian septum yang sangat menyimpang dapat diangkat seluruhnya, atau dapat disesuaikan dan dimasukkan kembali ke dalam hidung.

Jika deviasi septum nasal adalah satu-satunya penyebab sinusitis kronis Anda,  berkurangnya gangguan parah  ini akan tercapai.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi deviasi septum nasal?

Perubahan gaya hidup dan pengobatan di rumah berikut dapat membantu Anda mengatasi deviasi septum nasal:

Anda dapat mencegah cedera pada hidung yang dapat menyebabkan deviasi septum dengan langkah-langkah ini:

  • Gunakan helm atau masker ketika bermain olahraga dengan kontak tubuh, seperti football dan volleyball.
  • Gunakan sabuk pengaman ketika mengendarai mobil.

Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter untuk memahami solusi terbaik untuk Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: Maret 12, 2016 | Terakhir Diedit: Juli 9, 2017

Sumber