home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Cara Meluruskan Rambut yang Mengembang dan Susah Diatur

Cara Meluruskan Rambut yang Mengembang dan Susah Diatur

Semua orang tentunya ingin memiliki rambut sehat dan indah. Sayangnya, rambut kerap membandel dan susah diatur, apalagi saat bangun tidur. Untungnya, ada berbagai cara meluruskan rambut yang mengembang agar Anda bebas dari bad hair day.

Cara meluruskan rambut yang mengembang

bahan alami rambut rontok

Rambut yang mengembang dan terlihat kusut sebenarnya disebabkan oleh keadaan rambut yang terlalu kering.

Sayangnya, masalah ini tidak bisa diselesaikan dengan berdiam di tempat yang lembap, sebab rambut akan menyerap kelembapan dari udara dan menyebabkan kutikula (lapisan pelindung) rambut membengkak.

Hal tersebut membuat kutikula membentuk sisik yang tumpang tindih sehingga membuat rambut rusak dan terlihat kusut.

Namun, Anda jangan khawatir, sebab banyak cara yang bisa dilakukan untuk meluruskan atau melembutkan rambut yang mengembang dan berantakan.

1. Menggunakan kondisioner

Menggunakan kondisioner setelah pakai sampo merupakan salah satu langkah perawatan rambut yang tidak boleh terlewatkan bila Anda memiliki rambut yang kering.

Kondisioner rambut merupakan produk yang diciptakan untuk membuat rambut lebih mudah diatur. Tujuan utamanya yaitu mengurangi gesekan pada helai rambut saat menyikat atau menyisir.

Tak hanya membuat rambut lebih halus, bila digunakan secara tepat, kondisioner juga bisa mengurangi jumlah ujung rambut yang bercabang serta memperkuat folikel rambut supaya tidak mudah rontok.

Selain kondisioner yang harus dibilas setelah keramas, Anda juga bisa menggunakan leave-in conditioner yang cukup dibiarkan pada rambut sepanjang hari.

2. Tidak keramas terlalu sering

Memang, keramas bisa membersihkan kotoran yang menyangkut pada rambut, terutama setelah Anda bepergian dan terpapar dengan polusi.

Sayangnya, keramas juga akan menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan untuk menjaga kelembutan rambut. Dengan kata lain, terlalu sering keramas juga bisa membuat rambut mengembang dan kering.

Sebenarnya, frekuensi keramas yang tepat bergantung pada kondisi dan jenis rambut masing-masing. Namun, biasanya yang dianjurkan untuk rambut kering yaitu setiap dua atau tiga hari sekali.

3. Menyisir rambut saat kering atau lembap

Langsung menyisir rambut dalam keadaan basah setelah keramas akan membuat rambut menjadi lebih lemah, rapuh, serta mudah patah.

Menyikat rambut saat basah membuat untaian rambut menjadi lebih tegang, sehingga saat mengering rambut akan menjadi rusak, kusut, dan mengembang. Oleh karena itu, tunggulah beberapa saat sebelum mulai menyisir rambut.

Bila rambut Anda lurus, biarkan rambut sampai sedikit kering lalu sisir dengan lembut menggunakan sisir bergigi lebar. Sementara untuk rambut ikal, sisirlah rambut dalam keadaan lembap dengan sisir bergigi lebar.

4. Menggunakan cuka apel

Cara lain untuk meluruskan rambut yang mengembang adalah dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel berfungsi untuk menyeimbangkan tingkat keasaman rambut (pH). Normalnya, pH rambut berkisar 4,5 – 5,5.

Bila pH rambut terlalu tinggi, maka kutikula bisa terbuka dan akan membuat rambut Anda mengembang. Oleh karena itu, rambut membutuhkan asam, misalnya dari bahan cuka apel.

Selain itu, cuka apel juga bermanfaat untuk kesehatan rambut karena sifat antibakteri dan antijamurnya yang berpotensi mencegah Anda dari masalah ketombe.

Untuk hasil terbaik, aplikasikan pada rambut sebanyak dua kali seminggu secara rutin dengan menggunakannya sebagai kondisioner rambut.

5. Menggunakan masker rambut

Anda juga bisa menggunakan masker khusus untuk rambut. Cara ini terbilang efektif untuk meluruskan sekaligus menutrisi rambut yang kering dan mengembang.

Tak harus selalu membeli, Anda juga bisa membuat masker rambut sendiri dari bahan makanan sehari-hari seperti buah alpukat atau putih telur.

Kandungan vitamin A dan vitamin E dalam buah alpukat bisa bantu meluruskan rambut Anda. Sedangkan putih telur bisa membuat rambut Anda terlihat lebih berkilau.

Buatlah bahan-bahan tersebut menjadi seperti pasta, lalu aplikasikan pada rambut dan diamkan selama 15 menit. Anda juga bisa menambahkan minyak rambut alami seperti minyak kelapa atau argan oil dalam campuran masker rambut.

Yang harus dihindari saat rambut mengembang

Tak hanya melakukan langkah-langkah di atas, ada beberapa hal yang harus dihindari jika Anda ingin mengatasi rambut yang mengembang.

Pertama, kurangi pemakaian pengering yang panas seperti hair dryer atau alat catokan. Bila memang diperlukan, atur tingkat kepanasan menjadi yang paling rendah.

Kedua, hindari juga melakukan terlalu banyak prosedur yang bisa mengubah struktur rambut pada satu waktu seperti pelurusan, perming, atau mewarnai rambut.

Sebaiknya, lakukan berbagai prosedur tersebut secara bertahap dengan memberi jarak waktu sekitar 8 sampai 10 minggu.

Terakhir, bila cara-cara serta langkah pencegahan telah dilakukan tetapi tidak membuahkan hasil, jangan ragu untuk pergi ke dokter untuk rambut guna mengatasi masalah Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to Stop Damaging Your Hair. (n.d.). American Association of Dermatology. Retrieved 18 March 2021, from https://www.aad.org/public/diseases/hair-loss/insider/stop-damage

6 Benefits of Shampoo and Conditioner. (2020). Minnesota School of Cosmetology. Retrieved 18 March 2021, from https://www.msccollege.edu/blogs/hair/6-benefits-of-shampoo-and-conditioner/

Yagnik, D., Serafin, V. & J. Shah, A. (2018). Antimicrobial activity of apple cider vinegar against Escherichia coli, Staphylococcus aureus and Candida albicans; downregulating cytokine and microbial protein expression. Sci Rep 8, 1732. Retrieved 18 March 2021.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui 19/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro