backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Cara Mudah Membersihkan Kulit Kepala dan Rambut Kotor

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 13/10/2023

7 Cara Mudah Membersihkan Kulit Kepala dan Rambut Kotor

Kulit kepala kotor membuat Anda merasa tidak nyaman? Jangan khawatir, berikut ini cara membersihkan kulit kepala kotor yang bisa Anda coba.

Cara membersihkan kulit kepala dan rambut kotor

Menumpuknya kotoran di kulit kepala dapat terjadi karena berbagai hal, seperti produksi sebum atau minyak yang berlebihan di kulit atau ketombe.

Selain itu, kulit kepala kotor bisa terjadi karena Anda jarang membersihkan rambut, sehingga kotoran atau sisa produk perawatan rambut dapat menumpuk dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Jika tidak segera diatasi, penumpukan minyak atau kotoran pada kulit kepala dapat menyumbat folikel rambut.

Penting untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dengan cara berikut ini.

1. Keramas secara rutin

keramas setelah melahirkan

Salah satu cara membersihkan kulit kepala yang kotor adalah dengan cara keramas secara rutin. Seberapa sering keramas biasanya tidak sama bagi semua orang. 

Namun, biasanya keramas paling tidak dilakukan 2 – 3 kali sehari. Namun, untuk tipe rambut berminyak, Anda mungkin perlu melakukan keramas lebih sering guna mencegah penumpukan minyak di kulit kepala.

2. Pilih jenis sampo sesuai tipe rambut

Agar kesehatan rambut terjaga, Anda perlu memilih jenis shampo yang tepat. Pastikan untuk memilih sampo yang sesuai dengan kondisi rambut. 

Jenis rambut yang berbeda membutuhkan perawatan yang berbeda pula. Jika tipe rambut Anda berminyak, sebaiknya pilih jenis sampo yang mengandung lauris sulfat dan sulfosuccinates

Sementara itu, jika Anda memiliki tipe rambut kering, sebaiknya pilih sampo dengan conditioner. Hal ini karena conditioner biasanya memiliki kandungan emollients yang membantu melembabkan rambut kering. 

3. Basahi rambut dengan air hangat

Cara membersihkan rambut yang kotor selanjutnya adalah dengan membasahi rambut secara merata dengan menggunakan air hangat.

Air hangat dapat membantu untuk membersihkan sebum atau minyak dan kotoran yang menempel di kulit kepala.

Selain itu, mencuci rambut dengan air hangat dapat membantu untuk membuka kutikula rambut, sehingga sampo dapat menyerap dengan baik di kulit kepala. 

Akan tetapi, hindari untuk keramas dengan menggunakan air panas karena dapat membuat kulit kepala menjadi kering. 

4. Fokus bersihkan area kulit kepala

Mengutip situs American Academy of Dermatology, ketika keramas, pastikan untuk fokus mencuci area kulit kepala dibandingkan mencuci seluruh bagian rambut. 

Hal ini karena kotoran biasanya mudah sekali menumpuk pada kulit kepala, sehingga perlu dibersihkan dengan benar agar kotoran hilang. 

Anda juga bisa menggunakan bantuan ujung jari untuk menghilangkan kotoran yang menempel di kulit kepala. 

Perlu Anda ketahui


Hindari membersihkan kulit kepala dengan menggunakan kuku. Hal ini karena kulit kepala cukup sensitif dan mudah terjadi iritasi. Jadi, pastikan untuk menggosok kepala Anda dengan lembut menggunakan ujung jari. 

5. Eksfoliasi kulit kepala

Cara menghilangkan kotoran di rambut adalah dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi kulit kepala adalah perawatan rambut yang dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati atau kotoran yang menumpuk di lapisan terluar kulit.

Hal ini bertujuan untuk menjaga agar kulit kepala tetap bersih dan sehat.

Eksfoliasi kulit kepala ini dapat dilakukan secara fisik atau kimia. Eksfoliasi fisik menggunakan bantuan sisir atau sarung tangan khusus untuk eksfoliasi. 

Eksfoliasi kimia dilakukan dengan menggunakan produk eksfoliasi khusus kulit kepala yang biasanya memiliki kandungan alpha hydroxy acid (AHA).

6. Gunakan kondisioner

sampo

Tidak perlu mengoleskan kondisioner rambut pada bagian kulit kepala karena hal ini dapat membuat kulit kepala menjadi berminyak.

Jadi, aplikasikan kondisioner pada bagian tengah hingga ujung rambut Anda. Setelah itu, diamkan selama 2 – 3 menit dan bilas rambut Anda dengan air.

Hindari mendiamkan kondisioner terlalu lama di rambut. Hal ini dapat menyebabkan kondisioner menempel di rambut Anda dan akan sulit dibersihkan.

7. Bilas hingga rambut benar-benar bersih

Salah satu langkah penting yang perlu diperhatikan adalah pastikan untuk membilas keseluruhan rambut hingga benar-benar bersih.

Pasalnya, sisa sampo atau produk perawatan rambut lainnya yang tertinggal dapat menumpuk di kulit kepala dan menyebabkan kulit kepala berbau tidak sedap.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan kulit kepala yang kotor. Jika kotoran tidak hilang atau justru semakin parah, sebaiknya segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 13/10/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan