home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Tips Merawat Rambut Pendek Agar Tetap Cantik Berkilau

4 Tips Merawat Rambut Pendek Agar Tetap Cantik Berkilau

Selain mudah disisir, model rambut pendek banyak digemari karena tak bikin gerah seperti rambut panjang. Namun, rambut pendek sebenarnya juga tak luput dari masalah. Inilah beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk merawat rambut pendek.

Tips mudah merawat rambut pendek

Masalah yang sering dihadapi pemilik rambut pendek antara lain rambut mengembang, mudah kotor, serta patah karena cara menyisir yang keliru. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menghindarinya.

1. Menyisir rambut secukupnya

Menyisir memang membuat rambut Anda menjadi rapi, tapi terlalu sering menyisir justru bisa merusak rambut. Alih-alih merawat rambut pendek, cara ini justru membuat rambut mengembang, kusut, kasar, bahkan patah-patah.

Menyisirlah hanya setiap sehabis keramas. Keringkan dahulu rambut Anda dengan handuk lembut, lalu sisir dengan jari saat rambut masih basah. Setelahnya, menyisirlah dengan sisir saat rambut Anda setengah kering.

2. Menjaga kelembapan rambut

Rambut pendek lebih mudah mengembang, dan rambut yang mengembang rentan menjadi kering. Maka dari itu, Anda perlu memelihara kelembapan rambut untuk melindunginya dari kering dan kerusakan.

Berikut adalah sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kelembapan rambut pendek:

  • Hindari keramas setiap hari, kecuali Anda perlu menggunakan sampo khusus untuk mengatasi masalah rambut tertentu.
  • Jangan terlalu sering mengecat rambut atau melakukan perawatan sejenisnya.
  • Kurangi penggunaan hair dryer, catokan, pengeriting rambut, dan alat sejenisnya yang menggunakan suhu tinggi.
  • Kenakan topi saat cuaca berangin dan penutup rambut saat berenang.
cr: iphotostock

3. Keramas secara rutin

Keramas secara rutin adalah cara yang efektif untuk merawat kebersihan rambut pendek. Akan tetapi, pastikan Anda mengetahui kapan waktu yang tepat untuk keramas agar rambut Anda tidak kehilangan kelembapannya.

Rambut normal hingga kering perlu dibersihkan setiap 1-2 kali seminggu. Sementara rambut berminyak perlu dibersihkan lebih sering, tapi Anda tidak perlu melakukannya setiap hari. Anda bisa melakukannya 2 hari sekali.

Mengutip American Academy of Dermatology, cara keramas yang tepat adalah sebagai berikut:

  • Pastikan rambut Anda benar-benar basah seluruhnya.
  • Gunakan sedikit sampo.
  • Pijat seluruh kulit kepala Anda dengan lembut.
  • Bilas rambut hingga tidak ada sisa busa atau sampo pada air yang menetes dari rambut.
  • Keringkan rambut menggunakan handuk berbahan lembut.

4. Menggunakan kondisioner

Masih banyak orang yang mengabaikan penggunaan kondisioner karena menganggap sampo saja sudah cukup untuk menjaga kesehatan rambut. Padahal, Anda yang ingin merawat rambut pendek justru tak boleh melewatkan cara ini.

Kondisioner mengandung bahan-bahan penting seperti silikon, minyak, serta pelembap khusus yang disebut emolien. Bahan-bahan ini melapisi helai rambut dan mengisi bagian rambut yang rusak sehingga rambut Anda senantiasa terlindungi.

Punya rambut pendek memang lebih praktis, tapi tetap saja memiliki masalahnya sendiri. Itu sebabnya, Anda perlu mengetahui cara yang tepat untuk merawat rambut pendek.

Selain perawatan khusus, sebaiknya mulailah untuk memperbaiki kebiasaan Anda dalam menyisir rambut dan keramas. Jaga kelembapan rambut Anda dan lengkapi perawatannya dengan menggunakan kondisioner. Cara ini akan membuat rambut Anda senantiasa sehat dan indah.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

7 Super-Damaging Hair Combing Mistakes You Don’t Even Know You’re Making. https://www.rd.com/health/beauty/hair-combing-mistakes/ Diakses pada 8 Juli 2019.

Hair Problems. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/hair-problems#3-6 Diakses pada 8 Juli 2019.

How Often You Should Wash Your Hair, According to Science. https://www.sciencealert.com/how-often-you-should-wash-your-hair-according-science Diakses pada 8 Juli 2019.

Taking care of your hair. https://www.aad.org/public/kids/hair/hair-care Diakses pada 8 Juli 2019.

Experts Explain How Conditioner Benefits Your Hair (and Why You Should Always Use It). https://www.allure.com/story/what-does-a-conditioner-do-why-should-you-use-it Diakses pada 8 Juli 2019.

Foto Penulis
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 24/07/2019
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x