8 Manfaat Minyak Rosehip untuk Kecantikan Kulit

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 30 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Banyak jenis minyak yang bisa digunakan untuk kecantikan dan kesehatan kulit seseorang. Salah satunya yang kini semakin banyak dikenal, yaitu minyak rosehip atau rosehip oil. Apa itu minyak rosehip dan apa saja manfaat yang terkandung didalamnya?

Beragam manfaat minyak rosehip untuk kecantikan kulit

Minyak rosehip atau minyak biji rosehip diproses dari biji buah rosehip, yang merupakan tanaman yang sebagian besar ditanam di Chili. Dikutip dari Healthlineminyak rosehip mengandung vitamin yang memberi nutrisi kulit serta asam lemak esensial. Minyak rosehip juga mengandung fenol yang telah terbukti memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antijamur.

Kandungan-kandungan tersebut membuat minyak rosehip bisa berfungsi sebagai antioksidan sehingga bermanfaat untuk mengatasi beragam kondisi kulit. Berikut ragam manfaat minyak rosehip untuk kecantikan dan kesehatan kulit yang perlu Anda ketahui.

1. Melembapkan kulit

Minyak rosehip mengandung banyak asam lemak esensial, termasuk asam linoleat dan asam linolenat, yang dapat membantu menghidrasi dan melembapkan kulit. Oleh karena itu, minyak rosehip bermanfaat untuk mengatasi kulit kering, termasuk pada kulit sensitif yang cenderung gatal.

Mengoleskan minyak rosehip secara rutin setiap habis mandi, dapat menjaga kelembapan kulit dan memperbaiki kondisi kulit Anda yang kering akibat polusi atau zat kimia.

2. Menghapus make up

Sebagai salah satu jenis minyak, minyak rosehip bisa digunakan untuk menghapus make up. Bahkan, karena sifatnya yang melembapkan, menghapus make up dengan minyak rosehip tidak akan membuat kulit kering. Oleh karena itu, menghapus make up dengan minyak rosehip cocok digunakan bagi yang memiliki kulit kering atau sensitif.

3. Mencerahkan kulit

Minyak rosehip mengandung vitamin A atau retinol yang dapat mendorong pergantian kulit. Selain itu, minyak rosehip juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk membantu regenerasi sel sehingga secara efektif dapat membuat kulit lebih bercahaya.

Dengan kandungannya tersebut, minyak rosehip dapat digunakan untuk eksfoliasi kulit, yang membantu mengurangi kulit kusam serta secara otomatis mencerahkan kulit Anda.

4. Mengencangkan kulit dan anti-aging

Selain untuk melembabkan dan mencerahkan, minyak rosehip pun memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit. Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam minyak rosehip membantu kulit memproduksi kolagen. Adapun kolagen sangat dibutuhkan kulit untuk elastisitas atau kekencangan kulit. Sifatnya yang bisa mengencangkan kulit membuat minyak rosehip digunakan banyak orang untuk mengurangi penuaan di kulit atau anti-aging.

Kandungan antioksidan dalam minyak rosehip telah terbukti bermanfaat untuk mengatasi kerusakan pada kulit akibat sinar matahari, seperti bintik hitam akibat paparan sinar matahari.

Meski demikian, untuk mengurangi paparan dari sinar matahari, tetap gunakan tabir surya agar lebih maksimal dalam mencegah kerusakan dari paparan sinar matahari. Diskusikan dengan dokter kulit tentang cara aman menggunakan tabir surya dan minyak rosehip bersamaan untuk perawatan kulit Anda..

5. Menghilangkan bekas luka dan garis halus

Minyak rosehip telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhan luka, mengurangi bekas luka dan menyamarkan garis-garis halus. Menurut sebuah studi pada 2015, minyak rosehip terbukti dapat mengurangi tampilan bekas luka dan memperbaiki perubahan warna kulit yang berhubungan dengan bekas luka.

Hal ini bisa terjadi karena minyak rosehip mengandung vitamin A dan C serta asam lemak yang merupakan bagian dari regenerasi jaringan dan sel kulit.

6. Membantu menghilangkan stretch mark

Serupa dengan bekas luka dan garis halus, minyak rosehip juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan stretch mark akibat kehamilan. Kenneth Howe, seorang dermatologis dari New York mengatakan, dalam sebuah studi ditemukan fakta bahwa wanita yang menggunakan krim mengandung minyak rosehip selama kehamilan cenderung tidak memiliki stretch mark. Adapun yang sudah memiliki stretch mark sebelumnya, cenderung tidak memburuk.

7. Mengurangi iritasi pada kulit eksim

Minyak rosehip kaya akan antioksidan sehingga bermanfaat untuk membantu melawan peradangan. Adapun eksim merupakan kondisi kulit yang ditandai adanya peradangan, seperti iritasi kulit, gatal, dan kulit kering.

Dengan demikian, minyak rosehip dapat membantu mengurangi iritasi pada kulit yang eksim. Selain eksim, peradangan pada kulit lainnya, seperti psoriasis atau dermatitis, pun bisa dikurangi dengan menggunakan minyak rosehip.

8. Merawat kulit yang rentan berjerawat

Minyak rosehip dapat dengan cepat menyerap ke kulit sehingga tidak mungkin menyumbat pori-pori. Selain itu, minyak ini juga mengandung retinoid yang dapat membantu mengurangi munculnya jerawat. Oleh karena itu, minyak rosehip juga bermanfaat dan cocok digunakan untuk yang memiliki kulit mudah berjerawat.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Beda Body Butter, Body Cream, dan Body Yogurt dengan Lotion Biasa

Perawatan kulit banyak jenisnya. Ada body butter, lotion, cream dengan fungsi yang sama-sama melembapkan kulit. Lalu, apa perbedaan di antara ketiganya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Bagaimana Cara Membuat Masker Beras untuk Kulit Cerah Memesona?

Beras sangat kaya akan vitamin B yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit, terutama wajah. Berikut cara membuat masker beras yang dapat Anda coba.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Tabir Surya untuk Kulit, Seberapa Penting Menggunakannya?

Cahaya matahari memicu penuaan dini, kulit kusam, hingga kanker kulit. Maka itu, dibutuhkan rangkaian skincare tabir surya. Seberapa penting produk ini?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit

Jenis dan Fungsi Serum untuk Kulit Anda

Sebetulnya, apa fungsi serum? Bagaimana cara pemakaiannya? Dan jenis kulit wajah seperti apa yang perlu menggunakan serum?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit



Direkomendasikan untuk Anda

ekstrak bengkoang

Benarkah Lulur Ekstrak Bengkoang Bisa Memutihkan Kulit?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 8 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
cepat tua

Cek Menu Harian Anda: 9 Makanan Ini Membuat Anda Tampak Cepat Tua

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sabun susu kambing lebih baik

Sabun Susu Kambing Lebih Baik dari Sabun Mandi Biasa, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 27 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
gambar laki-laki garuk-garuk iritasi pada kulit

Mengenal Iritasi Kulit dari Ciri-Ciri, Penyebab, Hingga Penanganannya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 26 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit