home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Manfaat Tak Terduga Minyak Alpukat untuk Kulit

5 Manfaat Tak Terduga Minyak Alpukat untuk Kulit

Buah alpukat tak hanya enak dimakan sebagai santapan yang menyehatkan. Minyaknya juga sangat berguna untuk kesehatan kulit. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan manfaat minyak alpukat untuk kulit berikut ini.

Manfaat minyak alpukat untuk kesehatan kulit

risiko kebanyakan buah alpukat

Minyak alpukat memiliki sederet manfaat tak terduga untuk kesehatan kulit di bawah ini.

1. Mempercepat penyembuhan luka

Sebuah penelitian dari jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine pada tikus membuktikan asam lemak esensial dan asam oleat dalam minyak alpukat mempercepat sintesis kolagen untuk membantu menutup luka terbuka.

Selain itu, asam lemak dalam minyak alpukat memiliki khasiat untuk mengurangi peradangan selama proses penyembuhan. Dengan begitu, luka sembuh lebih cepat untuk dapat pulih seperti semula.

2. Mengurangi peradangan psoriasis dan eksim

Kandungan antioksidan dan vitamin E dalam minyak alpukat membantu meredakan gejala psoriasis dan eksim. Minyak alpukat memiliki manfaat untuk mengatasi kekeringan, iritasi, dan sisik pada kedua penyakit kulit tersebut.

Meski memiliki manfaat, tentu saja tidak semua orang cocok menggunakan minyak alpukat. Sebelum menggunakannya ke bagian kulit yang bermasalah, lakukan tes alergi terlebih dahulu.

Cukup oleskan minyak alpukat ke siku dalam Anda dan diamkan selama kurang lebih 24 jam. Amati efeknya. Jika tidak ada efek negatif yang muncul, tandanya minyak ini cukup aman untuk meredakan psoriasis atau eksim yang Anda miliki.

3. Merawat kesehatan kulit kepala

Tak hanya minyak kelapa, minyak alpukat juga bisa digunakan untuk merawat kesehatan kulit kepala.

Minyak alpukat memiliki manfaat untuk mengurangi ketombe dan masalah lain yang disebabkan oleh kulit kepala yang kering dan bersisik.

Minyak alpukat bisa dioleskan dari akar hingga ke ujung rambut. Tutup rambut dengan handuk hangat agar minyaknya menyerap maksimal. Diamkan dengan selama beberapa saat sebelum dibilas.

4. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Minyak alpukat mengandung sterolin atau steroid alami yang diduga kuat dapat meningkatkan produksi kolagen. Berkat sterolin, minyak alpukat dipercaya membantu mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan di kulit seperti bercak cokelat di wajah.

Selain sterolin, minyak alpukat mengandung lesitin yang cukup tinggi. Lesitin merupakan komponen yang membantu mengantarkan nutrisi langsung ke aliran darah dan lapisan kulit yang lebih dalam.

Dengan begitu, berbagai nutrisi yang diantarkan ini bisa lebih terasa manfaatnya ke kulit.

5. Mengurangi dan mencegah jerawat

Kegunaan minyak alpukat lain bisa dirasakan untuk Anda yang sedang atau rentan berjerawat. Minyak ini termasuk salah satu bahan alami yang bisa menjaga kulit tetap terhidrasi tanpa meninggalkan kesan berminyak.

Untuk mengurangi risko kemunculan muka berjerawat, gunakan minyak alpukat di wajah sambil didiamkan beberapa saat. Kemudian, bilaslah dengan air hangat untuk menghilangkan kesan berminyak di wajah.

Selain itu, minyak alpukat juga mengandung senyawa antiradang yang bagus untuk membantu menghilangkan jerawat. Senyawa ini membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada jerawat yang Anda miliki.

Gunakan minyak alpukat sesuai petunjuk pada kemasan untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

de Oliveira, A. P., Franco, E., Rodrigues Barreto, R., Cordeiro, D. P., de Melo, R. G., de Aquino, C. M., … Maia, M. B. (2013). Effect of semisolid formulation of persea americana mill (avocado) oil on wound healing in rats. Evidence-based complementary and alternative medicine : eCAM, 2013, 472382. doi:10.1155/2013/472382 avalaible at https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3614059/ accessed in May 27th 2019

Is Avocado Oil Good for the Skin? https://www.livestrong.com/article/256792-why-is-avocado-oil-good-for-the-skin/ accessed in May 27th 2019

Eight Benefits of Avocado Oils for the Skin https://www.medicalnewstoday.com/articles/321543.php accessed in May 27th 2019

Korać, R. R., & Khambholja, K. M. (2011). Potential of herbs in skin protection from ultraviolet radiation. Pharmacognosy reviews, 5(10), 164–173. doi:10.4103/0973-7847.91114 available at https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3263051/ accessed in May 27th 2019

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x