backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

5 Manfaat Bioplacenton untuk Wajah dan Cara Pakainya

Ditinjau secara medis oleh dr. Dinda Saraswati Murniastuti, Sp.DV · Spesialis Kulit dan Kelamin · Mydervia Dermatology


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 20/06/2024

5 Manfaat Bioplacenton untuk Wajah dan Cara Pakainya

Bioplacenton merupakan salep yang diperuntukkan untuk mengobati luka bakar atau luka infeksi. Obat ini juga diketahui dapat bermanfaat untuk wajah. Namun, benarkah bioplacenton aman untuk wajah? 

Apakah Bioplacenton aman untuk wajah?

Penggunaan obat Bioplacenton untuk wajah aman asalkan digunakan sesuai aturan yang tertera pada kemasan, atau sesuai dengan kebutuhan.

Bioplacenton mengandung dua bahan utama, yaitu 10% ekstrak plasenta dan 0,5 % neomycin yang bekerja dengan mengurangi infeksi bakteri pada luka dan memicu pembentukan sel jaringan kulit baru.

Selain mempercepat penyembuhan luka, Bioplacenton juga dipercaya dapat bermanfaat untuk wajah termasuk mencerahkan kulit hingga mencegah penuaan. 

Namun, potensi manfaat Bioplacenton untuk wajah ini masih belum dapat dibuktikan secara ilmiah, sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang hal ini.

Penggunaan obat mengandung neomycin berlebihan dan dalam jangka panjang juga dapat meningkatkan risiko masalah ginjal dan gangguan pendengaran.

Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat ini untuk wajah.  

Manfaat Bioplacenton untuk wajah

Meski belum dapat dibuktikan secara ilmiah, kandungan bahan yang terdapat pada Bioplacenton dinilai dapat bermanfaat untuk kulit wajah.

Berikut ini manfaat bioplacenton untuk wajah.

1. Mengatasi infeksi kulit

muka merah setelah facial

Salah satu jenis infeksi kulit yang umumnya menyerang area wajah adalah impetigo. Penyakit kulit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus. 

Kondisi ini ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di area wajah, termasuk hidung dan mulut. Bioplacenton diketahui dapat membantu mengatasi impetigo.

Potensi manfaat Bioplacenton untuk wajah ini berasal dari kandungan neomycin yang bekerja dengan menghambat sintesis protein bakteri dan membantu mengatasi infeksi kulit.

2. Mencerahkan kulit wajah

Bioplacenton juga diketahui bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah. Hal ini berkat kandungan ekstrak plasenta. 

Menurut studi dalam jurnal Experimental Dermatology,  ekstrak plasenta dapat membantu menurunkan produksi melanin dalam tubuh, yakni pigmen yang memberikan warna gelap pada kulit.

Dengan begitu, kulit akan tampak lebih cerah. Manfaat ini membuat ekstrak plasenta banyak digunakan dalam berbagai produk skincare pencerah kulit di Jepang. 

3. Melembabkan kulit

Kulit kering dapat terjadi karena berbagai hal, seperti berada di bawah paparan sinar matahari dalam waktu lama, sering menggosok kulit, atau perubahan cuaca.

Nah, salah satu manfaat Bioplacenton untuk kulit wajah adalah membantu mengatasi masalah kulit kering berkat kandungan ekstrak plasenta. 

Ekstrak plasenta dalam obat Bioplacenton diketahui mampu meningkatkan hidrasi kulit, sehingga kulit wajah akan tampak lebih lembab dan kenyal. 

Efek samping Bioplacenton

Penggunaan Bioplacenton bagi beberapa orang bisa menyebabkan efek samping seperti iritasi, sensasi terbakar, kemerahan, ruam, alergi gatal, hingga sulit mendengar. Segera konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami gejala tersebut setelah menggunakan obat ini,

4. Mengurangi tanda penuaan kulit

Selain dapat melembapkan kulit wajah, kandungan ekstrak plasenta pada Bioplacenton dapat berpotensi mengurangi tanda penuaan kulit di wajah seperti keriput atau garis halus. 

Manfaat ekstrak plasenta untuk wajah ini disebutkan dalam studi yang diterbitkan oleh Journal Cosmetic, Dermatological Science, and Application.

Dalam studi tersebut disebutkan bahwa ekstrak plasenta membantu mengurangi keriput serta meningkatkan kelembapan kulit, sehingga kulit wajah tampak lebih kencang dan awet muda. 

5. Menghilangkan bekas jerawat

Manfaat Bioplacenton lainnya untuk wajah adalah membantu menghilangkan bekas jerawat membandel. 

Hal ini karena kandungan ekstrak plasenta pada Bioplacenton dapat meregenerasi sel kulit dan memicu pertumbuhan sel jaringan kulit yang baru, sehingga bekas jerawat bisa tampak memudar. 

Selain itu, ekstrak plasenta dapat menjaga kelembaban kulit wajah, sehingga bekas jerawat tidak terlalu terlihat jelas. 

Cara pakai Bioplacenton untuk wajah

perawatan wajah

Bioplacenton termasuk golongan obat keras, sehingga untuk mendapatkannya Anda memerlukan resep dari dokter. 

Selain itu, obat ini harus digunakan sesuai dengan aturan atau dosis yang tepat untuk menghindari risiko efek samping. Berikut ini cara memakai Bioplacenton untuk wajah.

  • Cuci tangan Anda hingga bersih sebelum mengoleskan obat ini pada wajah. 
  • Bersihkan dan keringkan juga area kulit yang ingin dioleskan.
  • Gunakan obat ini secukupnya, tidak lebih dari seukuran ujung jari di kulit wajah.
  • Oleskan dengan lembut dan hati-hati, pijat lembut kulit Anda hingga salep meresap ke kulit.
  • Gunakan obat ini sebanyak 4 – 6 kali sehari. Hindari mengoleskannya terlalu sering atau dalam jumlah yang banyak. 
  • Hindari menggunakan obat ini di mata atau area di sekitar mata.

Bioplacenton merupakan obat yang secara khusus digunakan untuk mengobati luka bakar pada kulit. Manfaat penggunaan obat ini untuk wajah masih belum dapat dibuktikan secara ilmiah. 

Jika Anda ingin menggunakan obat ini untuk wajah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit untuk mencegah risiko efek samping. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Dinda Saraswati Murniastuti, Sp.DV

Spesialis Kulit dan Kelamin · Mydervia Dermatology


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 20/06/2024

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan