home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Cara Mengembalikan Kesehatan Kulit Wajah

5 Cara Mengembalikan Kesehatan Kulit Wajah

Aktivitas harian membuat kulit mudah terpapar polusi, radiasi sinar matahari, udara kering, asap rokok, dan zat berbahaya lainnya. Belum lagi kalau sedang stres dan tidak punya waktu merawat kulit. Bagaimana cara mengembalikan kesehatan kulit wajah?

Tips mengembalikan kesehatan kulit wajah

Tenang, mengembalikan kesehatan kulit wajah bisa dilakukan dengan berbagai cara mudah. Tak perlu perawatan mahal di klinik kecantikan, perubahan kecil sehari-hari juga bisa mengembalikan kondisi kulit wajah supaya sehat dan terawat lagi.

Mulailah dengan lima cara di bawah ini.

1. Cuci muka dengan pembersih yang lembut dan bebas sabun

Mencuci muka merupakan cara paling mudah dan penting untuk mengembalikan kesehatan kulit wajah.

Rutin membersihkan wajah untuk mengangkat kotoran yang menempel akibat paparan polusi, sinar matahari, dan keringat dapat membantu memperbaiki tekstur dan struktur kulit, serta mencegah penuaan dini.

Pilihlah jenis pembersih wajah yang formulanya ringan dan kadar keasaman (pH) seimbang yang cocok untuk semua tipe kulit. Kandungan banyak tambahan seperti sabun dan pewangi dalam pembersih wajah justru menyebabkan kulit sensitif dan iritasi.

Perlu dicatat, sebaiknya mencuci muka tidak lebih dari dua kali sehari. Ini berlaku terutama jika Anda memiliki kulit yang kering.

2. Lindungi kulit dengan pelembap dan tabir surya

Sebelum beraktivitas, pastikan Anda sudah melindungi kulit dengan produk pelembap wajah dan tabir surya.

Selalu gunakan pelembap agar kulit senantiasa lembut, sehat, dan terhindar dari dehidrasi dan penuaan dini. Terlebih jika Anda menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan yang kering atau ber-AC.

Kulit yang terlalu sering terpapar radiasi sinar ultraviolet A (UVA) dan B (UVB) dari matahari pun berpotensi mengalami kerusakan. Tandanya antara lain kulit kusam, muncul flek hitam, hingga jadi keriput.

Paparan sinar UV dari matahari yang berlebihan juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Oleh karena itu, jaga kulit Anda dengan rutin menggunakan tabir surya SPF 30 atau lebih, paling tidak 15 menit sebelum keluar ruangan.

3. Minum banyak air putih

Sudah menjadi rahasia umum bahwa rutin minum air putih merupakan salah satu kunci utama dalam mengembalikan kelembapan kulit. Kelembapan kulit adalah salah satu tanda yang menggambarkan kesehatan kulit wajah Anda.

Dengan meminum setidaknya 8 gelas air putih sehari, tubuh akan lebih banyak mengeluarkan zat-zat beracun yang berpotensi membahayakan kesehatan tubuh Anda, termasuk kesehatan kulit.

Minum air yang cukup juga membantu Anda terhindar dari dehidrasi sehingga kelembapan kulit akan tetap terjaga.

4. Perbaiki pola makan dan pola tidur

Apa yang masuk ke dalam tubuh Anda akan terpancar dari penampilan fisik Anda, terutama kulit wajah. Maka dari itu, pastikan Anda mengonsumsi banyak buah-buahan, sayur-mayur, biji-bijian, dan sumber protein.

Selain itu, mengurangi lemak jahat dan minuman manis mungkin dapat membantu kulit Anda terlihat lebih sehat dan terawat.

Tidak hanya asupan gizi, pola tidur berpengaruh pada kulit wajah sehingga berkaitan dengan proses mengembalikan kesehatan kulit wajah Anda.

Mengutip Sleep.org, tidur yang cukup dapat memperbaiki sistem imun dan kadar hormon stres di dalam tubuh, sehingga masalah-masalah kulit seperti jerawat, peradangan, atau eksim pun berkurang.

5. Cek ke dokter kalau sudah sangat bermasalah

Apabila Anda sudah mencoba semua cara yang telah disebutkan di atas dan kondisi kulit Anda tidak menunjukkan perubahan, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit terdekat.

Dokter mungkin akan merekomendasikan beberapa jenis pengobatan yang sesuai dengan ciri-ciri penyakit kulit dan membantu mengembalikan kesehatan kulit wajah Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Drakaki, E., Dessinioti, C., & Antoniou, C. (2014). Air pollution and the skin. Frontiers In Environmental Science, 2. doi:10.3389/fenvs.2014.00011

Skin care: 5 tips for healthy skin. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/skin-care/art-20048237. Accessed July 1, 2019.

Skin Cleansing 101: Why Washing Your Face is Important. https://www.westlakedermatology.com/blog/skin-cleansing-101-why-washing-your-face-is-important/. Accessed July 1, 2019.

Sunscreen FAQs. https://www.aad.org/media/stats/prevention-and-care/sunscreen-faqs. Accessed July 1, 2019.

How to create an anti-aging skin care plan. https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/anti-aging-skin-care/creating-anti-aging-plan. Accessed July 1, 2019.

The Benefits of Drinking Water for Your Skin. https://www.uwhealth.org/madison-plastic-surgery/the-benefits-of-drinking-water-for-your-skin/26334. Accessed July 1, 2019.

How Sleep Improves Your Skin. https://www.sleep.org/articles/how-sleep-improves-your-skin/. Accessed July 1, 2019.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui 23/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x