home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Penyebab Jerawat Terasa Gatal dan Tidak Nyaman

5 Penyebab Jerawat Terasa Gatal dan Tidak Nyaman

Pernahkah Anda merasa gatal ketika wajah sedang berjerawat? Keinginan untuk menggaruk yang begitu besar terhalang oleh rasa takut memperparah kondisinya. Lantas, apa yang menjadi penyebab jerawat terasa gatal?

Penyebab jerawat terasa gatal

pustula jerawat bernanah
Sumber: Media Allure

Jerawat gatal yang mengganggu sebenarnya bisa terjadi oleh beberapa faktor. Mulai dari alergi hingga produksi keringat di wajah ternyata berpengaruh terhadap kondisi ini.

Akan tetapi, kondisi kulit yang kering serta adanya gesekan pada kulit merupakan salah satu alasan yang paling sering terjadi mengapa jerawat Anda gatal. Ada pula penyebab lain yang membuat kondisi ini terjadi yang dijabarkan di bawah ini.

1. Alergi

Salah satu penyebab jerawat terasa gatal yakni alergi. Alergi terhadap obat jerawat atau produk kecantikan yang baru Anda pakai yakni jenis alergi yang paling sering terjadi ketika kondisi ini terjadi.

Melansir laman Nation Capital Poison Center, terdapat beberapa kasus alergi obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida yang menyebabkan jerawatnya semakin gatal.

Bagi orang dengan tipe kulit normal, cara ini hanya akan menimbulkan kulit lebih kering dan terlihat lebih memerah. Namun pada kondisi kulit tertentu, penggunaan obat ini bisa menimbulkan reaksi alergi, seperti gatal-gatal pada kulit dan jerawat.

Alasan sebenarnya masih belum diketahui. Meski begitu, ada kemungkinan lain bahwa rasa gatal ini muncul karena adanya interaksi obat lain.

2. Reaksi kulit terhadap obat

menghilangkan jerawat dengan cepat

Selain alergi, penyebab lainnya jerawat terasa gatal yaitu reaksi kulit terhadap obat. Hal ini dikarenakan terdapat obat-obat tertentu yang bisa menimbulkan efek samping dan memicu reaksi alergi.

Pada saat obat pertama kali diserap atau masuk ke dalam tubuh, ada kemungkinan sistem imun salah menanggapi kondisi tersebut. Akibatnya, sistem imun tubuh memproduksi antibodi penangkal penyakit, yaitu imunoglobulin E atau antibodi IgE.

Antibodi IgE ini kemudian mengenali obat sebagai zat asing. Ketika diminum kembali, antibodi tersebut melepaskan histamin agar obat keluar dari tubuh. Histamin yaitu senyawa kimia yang bisa memengaruhi saluran pernapasan, pencernaan, dan kulit.

Maka itu, ketika Anda menggunakan obat jerawat yang berpotensi menimbulkan alergi, kemungkinan besar itu menyebabkan jerawat terasa gatal. Biasanya, jenis obat-obatan yang dapat menimbulkan reaksi seperti ini yaitu antibiotik penisilin.

Apabila Anda tiba-tiba bersin-bersin dan alergi gatal setelah mengonsumsi suatu obat, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

3. Terpapar sinar matahari

tanda kurang sinar matahari
https://www.verywell.com/sunscreen-blocks-vitamin-d-synthesis-4138126

Terlalu sering terpapar sinar matahari juga menjadi salah satu penyebab kondisi ini. Kulit yang gatal akibat terpapar sinar matahari biasanya terjadi karena adanya perubahan yang terjadi pada kulit saat terkena sinar matahari.

Belum ada penelitian yang benar-benar menjelaskan mengapa kondisi ini bisa terjadi. Akan tetapi, reaksi tersebut mungkin bisa muncul karena sistem imun yang salah mengenali senyawa yang diserap oleh kulit dari sinar matahari.

Akibatnya, tubuh mulai mencoba melindungi diri dari senyawa yang dianggap asing tersebut, sehingga dapat menimbulkan reaksi alergi, seperti gatal.

Umumnya, alergi terhadap sinar matahari ini terjadi pada orang yang memiliki kulit yang sangat sensitif dan mempunyai orangtua yang juga menderita hal yang sama.

4. Wajah yang berkeringat

hidung berkeringat

Bagi Anda yang mudah berkeringat mungkin ketika wajahnya sedang berjerawat sering merasa gatal pada daerah tersebut.

Hal tersebut mungkin terjadi karena produksi keringat yang berlebih pada wajah bisa menjadi salah satu penyebab jerawat terasa gatal. Kondisi ini mungkin terjadi karena ketika Anda berkeringat, tubuh juga akan memproduksi minyak yang lebih banyak.

Akibatnya, pori-pori bisa tersumbat dan menyebabkan pertumbuhan bakteri jerawat pada pori-pori. Kemudian, bakteri tersebut akan menyebabkan peradangan yang memperparah jerawat dan mungkin menimbulkan rasa gatal pada kulit Anda.

5. Pertanda jerawat akan sembuh

jerawat di pipi

Walaupun kebanyakan penyebab jerawat gatal pertanda Anda memiliki masalah pada kulit, tidak selamanya hal tersebut berita buruk. Jerawat yang gatal disebut-sebut sebagai salah satu pertanda jerawat Anda akan sembuh.

Pada saat jerawat mulai membaik, kulit yang memerah dan pustular akan diganti dengan kulit baru yang lebih sehat. Selama proses ini berlangsung, kulit tubuh akan mengelupas dan lapisan kulit yang baru akan muncul.

Maka itu, sel-sel kulit yang kering, bersisik, dan mati ternyata bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang menjalani proses penyembuhan yang mungkin menimbulkan rasa gatal.

Penyebab jerawat yang gatal di atas merupakan beberapa dari sekian banyak faktor yang menimbulkan kondisi ini. Perlu diingat, jika Anda merasakan gatal pada jerawat, usahakan untuk tidak menggaruknya karena akan memperparah kondisi kulit Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Bryant, C. (2010). Does Sweating Cause Acne on My Body and Face? How Stuff Works. Retrieved 22 November 2019, from https://health.howstuffworks.com/wellness/men/sweating-odor/does-sweating-cause-acne.htm

Harvard Health Publishing. (2018). Sun Allergy (Photosensitivity). Harvard Medical School. Retrieved 22 November 2019, from https://www.health.harvard.edu/a_to_z/sun-allergy-photosensitivity-a-to-z#:~:targetText=PMLE%20%E2%80%94%20PMLE%20typically%20produces%20an,(a%20general%20sick%20feeling).

Jaliman, D. (2018). Skin Allergies to Drugs. WebMD. Retrieved 22 November 2019, from https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/allergies-medications#1

Rose Ann Gould Soloway. Acne Treatments: Severe Allergic Reaction Warnings. National Capital Poison Center. Retrieved 22 November 2019, from https://www.poison.org/articles/2014-jun/acne-treatments

Synder, A. (2018). Managing Itchy Acne. Healthline. Retrieved 22 November 2019, from https://www.healthline.com/health/itchy-acne

Foto Penulis
Ditulis oleh Nabila Azmi pada 2 minggu lalu
x