home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Kenapa Ada Orang yang Merasa Mual Saat Gosok Gigi?

Kenapa Ada Orang yang Merasa Mual Saat Gosok Gigi?

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan menggosok gigi. Menggosok gigi merupakan aktivitas sederhana yang rutin dilakukan hampir semua orang untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut secara keseluruhan. American Dental Association pun merekomendasikan menyikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari.

Namun, meski sudah melakukan teknik terbaik, terkadang Anda masih bisa mengalami beberapa efek samping dari menyikat gigi. Aktivitas ini kadang menjadi terganggu apabila saat sedang menyikat gigi diikuti rasa mual dan keinginan untuk muntah. Mual saat gosok gigi – umumnya pada pagi hari – ternyata dialami oleh banyak orang. Meski begitu, hal ini sebetulnya bukan hal yang tidak biasa. Nah, mengapa hal ini terjadi? Baca terus untuk penjelasan lengkapnya.

Mengapa muncul rasa mual saat gosok gigi?

Pada dasarnya setiap orang memiliki refleks muntah yang berbeda-beda. Namun umumnya, refleks muntah ini merupakan reaksi tubuh normal, untuk 6 Jenis Pertolongan Pertama Paling Mendasar yang Wajib Anda Kuasai saat benda asing atau benda berbahaya memasuki saluran pernafasan atas dan paru-paru. Hal ini berbeda saat kita ingin menelan sesuatu yang memang biasanya kita lakukan, misalnya saat makan atau minum maka tidak akan menimbulkan reaksi refleks seperti ini.

Namun refleks muntah ini bisa menjadi berlebihan dikarenakan berbagai macam faktor yang menyebabkan rasa mual saat gosok gigi. Nah, biasanya orang yang memiliki refleks muntah yang tinggi sering menemui kesulitan saat berobat ke dokter gigi, atau bahkan saat menyikat gigi setiap hari. Beberapa faktor penyebab muncul rasa mual saat gosok gigi, yaitu:

1. Menggunakan sikat gigi yang terlalu besar

Penyebab mual saat gosok gigi bisa jadi karena Anda menggunakan sikat gigi yang terlalu besar atau tak sesuai ukurannya sehingga menyodok bagian belakang mulut secara berlebihan. Perlu dipahami, bahwa di bagian belakang mulut ada bagian yang disebut pusat muntah. Bila bagian ini disentuh apa lagi tersodok sesuatu secara tidak wajar, kita jadi mual atau muntah.

2. Hamil

Umumnya orang yang sedang hamil muda akan mengalami morning sickness atau mual pada pagi hari. mual pagi hari saat hamil ini sering terjadi saat tubuh memproduksi lebih banyak hormon selama beberapa bulan pertama setelah pembuahan. Tidak jarang hal inilah yang menyebabkan Anda mual saat gosok gigi.

3. Sakit maag

Penyebab refleks muntah yang dialami saat menyikat gigi lainnya dikaitkan dengan penyakit maag atau gangguan lambung. Ketika asam lambung Anda meningkat, maka bisa menyebabkan Anda mual saat gosok gigi.

4. Trauma sikat gigi

Jika Anda pernah muntah secara tidak sengaja karena menggosok gigi terlalu kencang. Ternyata hal ini bisa membuat Anda sedikit “trauma” untuk menggosok gigi. Hal ini biasanya membuat refleks perut kita menjadi mual dan terasa ingin muntah kembali sesuai apa yang kita pikirkan saat itu ketika kita sedang menyikat gigi.

5. Penggunaan pasta gigi yang tidak tepat

Penggunaan pasta gigi yang tidak tepat juga bisa memicu rasa mual saat gosok gigi. Belum lagi karena adanya pengaruh dari rasa pasta gigi yang sebetulnya tidak sesuai selera, terlalu pedas, dan sebagaianya. Akibatnya, kegiatan sikat gigi pun jadi tidak nyaman. Selain itu, bisa jadi Anda terlalu banyak mengeluarkan pasta gigi sehingga saat gosok gigi busa yang dihasilkan pun semakin banyak sehingga menyebabkan Anda jadi mual.

Cara mengatasi mual saat gosok gigi

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa mual saat gosok gigi:

  • Untuk mengurangi rasa mual, Anda bisa meminum air hangat pada pagi hari sebelum menyikat gigi agar otot-otot di dalam rongga mulut melemas dan membuat tubuh lebih rileks. Selain itu Anda juga bisa berkumur dengan air hangat saat menggosok gigi.
  • Jangan lupa untuk memastikan kebersihan sikat gigi yang Anda gunakan. Merendam sikat gigi pada obat kumur atau mouthwash telah terbukti bisa menurunkan jumlah bakteri yang berkembang pada sikat gigi. Ini dikarenakan pembersih mulut mengandung bahan antiseptik yang dapat membunuh kuman dan bakteri.
  • Ganti sikat gigi Anda dengan kepala sikat yang lebih kecil dengan bulu sikat yang lembut agar tidak menimbulkan gesekan yang terlalu keras pada area yang sensitif.
  • Selain itu, jangan menggosok gigi terlalu kencang agar Anda bisa mengontrol untuk tidak menyentuh pangkal lidah atau langit-lagit mulut bagian atas belakang yang bersifat lebih sensitif dalam memberi refleks rasa ingin muntah ketika menyentuhnya.
  • Jika penyebab mual adalah karena pasta gigi yang digunakan, maka Anda bisa mengganti pasti gigi yang tidak berbusa atau mengandung deterjen.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Can Tooth Brushing Damage Your Health? Effects on Oral And Dental Tissues – https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12875306 diakses pada 6 Juni 2017

Nausea and Vomitting – https://my.clevelandclinic.org/health/articles/nausea-and-vomiting diakses pada 6 Juni 2017

Side Effect When You Clean Teeth – http://www.livestrong.com/article/209399-side-effects-when-you-clean-teeth/ diakses pada 6 Juni 2017

Cusese Morning Nausea – http://www.livestrong.com/article/27799-causes-morning-nausea/ diakses pada 6 Juni 2017

Tootbrushing Mistakes You Make and How to Fix Them – http://www.webmd.com/oral-health/features/brushing-teeth-mistakes#1 diakses pada 6 Juni 2017

Foto Penulis
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 02/07/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus