home

Artikel Bersponsor

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Penuhi Asupan Serat

Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Penuhi Asupan Serat

Menjaga daya tahan tubuh merupakan hal penting yang perlu diperhatikan dan dilakukan oleh manusia. Bukan tanpa alasan, daya tahan tubuh yang prima mampu membuat Anda terhindar dari berbagai macam penyakit. Ada banyak cara mempertahankan serta meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya memenuhi kebutuhan asupan makanan tinggi serat untuk sembelit, karena tubuh kita butuh bermacam-macam serat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu sistem pertahanan tubuh?

latihan kekuatan untuk lansia

Sebelum membahas cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan memenuhi kebutuhan serat harian, pahami terlebih dahulu apa itu sistem pertahanan tubuh.

Sistem pertahanan tubuh merupakan upaya yang dilakukan tubuh untuk melawan berbagai zat asing yang berpotensi menyebabkan penyakit.

Dikutip dari situs National Center for Biotechnology Information, sistem pertahanan tubuh terdiri dari berbagai organ, sel, dan protein.

Berikut berbagai peran utama sistem pertahanan tubuh:

  • Melawan kuman penyebab penyakit, seperti bakteri, virus, parasit atau jamur, dan menyingkirkannya dari dalam tubuh.
  • Mengenali dan menetralisir zat berbahaya dari lingkungan.
  • Melawan perubahan penyebab penyakit dalam tubuh, seperti sel kanker.

Ketika sistem pertahanan tubuh bekerja dengan baik, Anda mungkin tidak akan menyadari kehadirannya sama sekali.

Namun, ketika sistem tersebut terganggu, Anda mungkin akan merasa lebih lemah dalam menghadapi gangguan zat asing dari luar tubuh. Akibatnya, Anda lebih mudah sakit.

Cara menjaga sistem pertahanan tubuh

tubuh sehat

Situs Harvard Medical School menyebutkan bahwa cara utama yang bisa Anda lakukan untuk menjaga sistem pertahanan tubuh adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Setiap bagian dalam tubuh, termasuk sistem pertahanannya, dapat berfungsi dengan baik jika Anda melakukan strategi hidup sehat berikut ini.

  • Berhenti merokok.
  • Rutin berolahraga.
  • Mempertahankan berat badan ideal.
  • Jika Anda minum alkohol, minumlah dengan batasan-batasan tertentu.
  • Perbaiki waktu tidur Anda.
  • Lakukan pencegahan infeksi, seperti rutin mencuci tangan dan memasak daging hingga matang.
  • Kurangi stres.
  • Lakukan vaksinasi sesuai dengan anjuran pemerintah.
  • Menjaga asupan nutrisi

Menjaga asupan nutrisi dapat menjaga sistem pertahanan tubuh, mengapa demikian?

Salah satu nutrisi yang penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh adalah serat. Selain itu, serat juga penting untuk mempertahankan pencernaan yang sehat.

Peran serat dalam menjaga kesehatan pencernaan dan sistem pertahanan tubuh

Serat merupakan bagian dari makanan nabati yang tidak dapat dicerna oleh tubuh.

Terdapat dua jenis serat yang sama baik dan pentingnya untuk kesehatan pencernaan Anda, yaitu serat larut dan tidak larut.

Serat tidak dapat dicerna oleh tubuh, sehingga ketika dikonsumsi, serat akan melewati usus halus dan besar hingga dikeluarkan dalam bentuk feses.

Selain mampu menjaga kesehatan pencernaan, makanan tinggi serat juga bisa dikonsumsi untuk mencegah sembelit atau konstipasi.

hormon yang membuat sistem pencernaan bahagia

Ini karena serat bisa membuat volume feses lebih banyak dan teksturnya lebih lembut, sehingga lebih mudah melewati usus. Alhasil, kotoran di dalam usus dapat terbuang dengan lebih mudah.

Tak hanya berguna untuk atasi sembelit, makanan tinggi serat juga mampu menjaga sistem pertahanan tubuh.

Ini karena usus sebagai salah satu sistem pencernaan tubuh. Usus merupakan tempat tinggal para bakteri baik yang bertugas mencegah terjadinya infeksi atau serangan zat asing dari luar tubuh.

Ketika sistem pencernaan baik, sistem pertahanan tubuh otomatis juga terjaga.

Menurut John Hopkins Medicine, sistem pencernaan yang sehat membuat Anda terhindar dari berbagai peradangan dan penurunan sistem kekebalan tubuh.

Makanan tinggi serat untuk atasi sembelit dan jaga kesehatan pencernaan

Tergantung dari usia dan jenis kelamin, orang dewasa perlu memenuhi kebutuhan serat sebanyak 25 hingga 31 gram per hari.

Ada banyak makanan tinggi serat yang dapat Anda andalkan untuk atasi sembelit, sekaligus menjaga kesehatan pencernaan.

makanan kaya serat untuk pencernaan

Penting untuk mengonsumsi serat dari berbagai sumber, karena makan satu jenis kudapan terlalu banyak justru dapat membuat pola makan Anda tidak seimbang.

Makanan yang banyak mengandung serat untuk menghindari sembelit adalah sebagai berikut.

1. Sereal

Pilih sereal sarapan berserat tinggi sebagai makanan tinggi serat untuk sembelit. Anda juga bisa mengonsumsi oatmeal yang dimasak seperti bubur untuk mendapatkan manfaat serupa.

2. Roti gandum

Roti gandum juga bisa dipilih untuk mengatasi sembelit yang mengganggu aktivitas Anda. Selain roti gandum, pasta gandum utuh atau beras merah dapat menjadi pilihan Anda.

3. Sayuran

Tambahkan sayuran di setiap hidangan yang Anda santap setiap hari. Anda bisa mengonsumsi berbagai sayuran berbeda-beda setiap harinya.

Berikut contoh sayuran yang bisa Anda konsumsi sebagai makanan tinggi serat untuk atasi sembelit dan membantu menjaga kesehatan pencernaan:

  • Wortel
  • Brokoli
  • Kacang polong
  • Sawi hijau

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga menjadi salah satu makanan tinggi serat untuk mengatasi dan mencegah sembelit.

Oleh karena itu, tambahkan kacang-kacangan dalam hidangan yang Anda konsumsi setiap hari.

5. Buah-buahan

Jangan lupa untuk menambahkan buah-buahan dalam pola makan Anda setiap hari.

Pastikan buah-buahan yang Anda konsumsi adalah buah segar atau kering, atau sari asli buah dalam kemasan.

Berikut ini adalah buah-buahan yang mengandung serat lebih tinggi dari jenis buah lainnya. Buah-buahan ini mengandung 3-4 gram serat.

  • Apel
  • Jeruk
  • Pir
  • Jeruk keprok
  • Secangkir blueberry
  • Secangkir stroberi

Selain buah-buahan segar, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan serat harian secara aman dan praktis dengan mengonsumsi Vegeta Scrubber yang mengandung sari jeruk asli seperti minuman es jeruk.

Vegeta Scrubber terdiri dari berbagai macam serat dan prebiotik yang dapat membantu memperlancar pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mengurangi gejala penyakit berat.

Selain itu, Vegeta Scrubber juga mengandung bahan-bahan alami, sehingga tidak menyebabkan efek samping apa pun, dan aman dikonsumsi setiap hari.

Minuman ini juga aman untuk dikonsumsi berbagai umur, dari umur 20 sampai 45 tahun baik untuk pria maupun wanita.

Dapatkan promo menarik Vegeta Scrubber hanya di Enesis Official Shop di Shopee.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Increasing Fiber Intake. (2021). Retrieved 15 November 2021, from https://www.ucsfhealth.org/education/increasing-fiber-intake

Should I be eating more fiber? – Harvard Health. (2019). Retrieved 15 November 2021, from https://www.health.harvard.edu/blog/should-i-be-eating-more-fiber-2019022115927

Your Digestive System: 5 Ways to Support Gut Health. (2021). Retrieved 15 November 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/your-digestive-system-5-ways-to-support-gut-health

How to boost your immune system – Harvard Health. (2014). Retrieved 15 November 2021, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-boost-your-immune-system

work?, H. (2020). How does the immune system work?. Institute For Quality And Efficiency In Health Care (Iqwig). Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK279364/

How to get more fibre into your diet. (2018). Retrieved 15 November 2021, from https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/how-to-get-more-fibre-into-your-diet/

Information, H., Diseases, D., Eating, &., Eating, &., & Health, N. (2021). Eating, Diet, & Nutrition for Constipation | NIDDK. Retrieved 15 November 2021, from https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/constipation/eating-diet-nutrition

Nutrition and Immunity. (2020). Retrieved 15 November 2021, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/nutrition-and-immunity/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fajarina Nurin Diperbarui 2 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto